Status Pengangguran, Mempelai Wanita `Maksa` Gelar Pernikahan Rp2 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 14 Juli 2019 14:01
Status Pengangguran, Mempelai Wanita `Maksa` Gelar Pernikahan Rp2 M
Dananya dari mana, ya?

Dream – Setiap orang memiliki standar sendiri soal pernikahan. Ada yang menginginkan upacara yang kecil dan intim. Namun, ada juga yang ingin menggelar pernikahan nan mewah.

Apapun model pernikahan yang diimpikan, semua berpaling pada kemampuan keuangan setiap pasangan. Mereka yang merasa punya uang pas-pasan, tentu hanya akan menggelar pernikahan sederhana.

Dikutip dari Mirror, Minggu 14 Juli 2019, seorang wanita menggelar pernikahannya dengan biaya yang wah. Ironisnya, dia hanya berpartisipasi sedikit dan sisanya dibayar oleh orang lain.

Wanita ini bernama Emily. Saat menikah, biayanya mencapai 131 ribu poundsterling atau sekitar Rp2,31 miliar.

Disebutkan bahwa Emily baru saja kehilangan pekerjaan dan tak mampu membayar semua kemewahan yang diinginkan. Tapi, ini tak menghentikannya untuk memiliki hari istimewa dengan biaya senilai miliaran rupiah.

1 dari 5 halaman

Mayoritas `Ditutup` Orang Tua

Kepada Refinery29, wanita berusia 29 tahun ini hanya berkontribusi kecil pada pernikahannya tersebut. Dia mengaku terbantu karena menganggur.

Emily kehilangan pekerjaan ketika dia dan pasangannya sedang merencanakan pernikahan.

“ Saya ingin berkontribusi lebih banyak. Tapi, tidak ada uang dan orang tua saya sangat murah hati,” kata Emily.

Dia mengatakan suaminya membayar harga cincin pertunangan dan perjalanan ke Kanada, tuksedo, dan barang-barang yang berkaitan dengan pengiring pria.

 Valuta Asing Dolar AS

Sementara itu, ibu mertua menjadi tuan rumah makan malam latihan pernikahan. Ayah mertuanya memberikan uang 5 ribu poundsterling (Rp88,2 juta) untuk bulan madu.

“ Segala yang lain dibayar oleh orang tua saya,” kata dia.

Emily mengatakan urusan pernikahan mulai dari persiapan pernikahan, foto tunangan, sampai resepsi berasal dari orang tuanya.

2 dari 5 halaman

Merasa Bersalah

Emily mengaku merasa bersalah karena jumlah biaya pernikahannya sangat besar. Apalagi, wanita berusia 29 tahun ini menganggur.

“ Itu selalu dipahami bahwa orang tua saya akan membayar. Tapi, saya masih sering merasa bersalah tentang berapa biaya semuanya,” kata dia.

Namun, lanjut Emily, dia dan suaminya sepakat ingin menggelar pernikahan yang besar dan menyenangkan walaupun mahal.

“ Karena tidak bekerja, saya harus melupakan banyak hal saat ini. Mereka memungkinkan saya untuk menikmati pernikahan dan tak khawatir dengan biayanya,” kata dia.

3 dari 5 halaman

Dihujat Warganet

Penuturan Emily ini menuai kecaman dari warganet. Mereka kesal dengan kondisi Emily yang menganggur, tapi nekat menggelar pernikahan yang mewah.

“ Saya pikir (biaya pernikahan) di atas 10 ribu (poundsterling) adalah hal gila, terutama kalau kamu tidak mampu atau menganggur,” kata warganet.

“ Semua tentang angka itu membuat saya ingin kawin lari,” kata warganet yang lain.

Warganet lainnya menyebut akan membeli rumah dengan uang sebanyak biaya pernikahan Emily. 

4 dari 5 halaman

Pengantin Ogah Rugi, Tamu Resepsi Diminta Bayar Rp1 Juta

Dream – Sepasang pengantin dikecam karena menetapkan besaran hadiah angpau untuk tamu yang akan menghadiri pernikahannya. Pengantin wanita diketahui meminta teman-teman dan keluarganya untuk membayar uang 100 poundsterling atau Rp176 juta di hari besarnya itu.

Dikutip dari Daily Star, Selasa 9 Juli 2019, seorang tamu pernikahan yang datang ke acara itu, mengomel di Facebook dan mempermalukan pengantin. Dikatakan bahwa dia dipaksa untuk menghadiri resepsinya.

Tamu itu datang bersama suami dan diminta membayar total senilai 200 poundsterling (Rp3,53 juta).

Seolah belum kurang cobaan yang dihadapi, tamu itu kehabisan hindangan padahal sudah membayar uang.

“ Hidangan utama yang mereka klaim adalah salmon, benar-benar mencurigakan dan dingin saat disentuh. Jadi, saya memutuskan untuk melewatkannya,” tulis dia.

Satu-satunya “ penyelamat” adalah bar. Sayangnya, yang bersangkutan sedang minum obat. Jadi, dia tidak bisa minum.

Sang penulis mengaku akan menolak undangan pernikahan jika tahu harus membayar. Dia juga akan lebih teliti dalam menerima undangan. “ Saya tidak mau terjatuh lagi,” tulis dia.

“ Kecuali kalau kamu Beyonce. Tolong jangan minta orang menghadiri pernikahan yang acak-acakan, terutama kalau langit-langitnya bocor dan beberapa wallpaper jatuh,” tulis dia.

5 dari 5 halaman

Jadi Viral

Unggahan dia menjadi viral serta meninggalkan ratusan komentar dan mengumpulkan ribuan likes.

Warganet ikut kesal dengan unggahan itu. Dikatakan bahwa mereka juga tidak akan menghadiri pernikahan yang berbayar.

“ Jangan mengadakan pernikahan yang tak mampu kamu lakukan,” tulis seorang warganet. “ Ini banyak,” tulis warganet yang lain. “ Tolong katakan padaku mereka kehilangan teman karena ini?” tulis yang lainnya. 

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida