10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 18 Oktober 2019 14:41
10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?
Belakangan ini nama royal jelly kembali mencuat dan populer di permukaan.

Dream – Royal jelly merupakan sekresi yang diproduksi oleh lebah madu. Sebenarnya, royal jelly ini digunakan lebah madu untuk memberi makan sang lebah ratu beserta anak-anak mereka.

Bagi yang belum tahu, royal jelly yaitu zat agar-agar uang berwarna putih krem serta memiliki asupan gizi sangat tinggi. Selain sebagai makanan bernilai gizi tinggi bagi larva lebah, royal jelly juga sangat bermanfaat bagi manusia.

Beberapa tahun belakangan, nama royal jelly kembali mencuat dan populer di masyarakat. Biasanya, royal jelly digunakan sebagai salah satu bahan pembuat suplemen makanan.

Tidak hanya itu saja, royal jelly juga kerap digunakan sebagai pengobatan alami dalam mengatasi berbagai penyakit mulai dari ringan hingga kronis.

Kendati memiliki nama seperti makanan bangsawan, alih-alih berharga mahal, royal jelly justru dikatagorikan tidak mahal sama sekali.

Makanan ini juga banyak tersedia di sebagian besar gerai obat dan sangat aman untuk dikonsumsi. Lantas apa saja manfaat dari royal jelly ini? Yuk intip informasi menariknya berikut ini: 

1 dari 5 halaman

1. Manfaat Royal Jelly untuk Mencegah Kanker

 10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Dikenal kaya akan antioksidan, royal jelly memiliki kemampuan dalam mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh kalian.

Sebuah penelitian mengungkapkan, royal jelly mampu menghentikan perkembangan bisphenol A. Bagi yang belum tahu, bisphenol A merupakan sebuah estrogen lingkungan yang dapat memicu seseorang terkena kanker payudara.

2.    Manfaat Royal Jelly untuk Mengatasi Infertilitas


Selain antioksidan, royal jelly juga memiliki kandungan royalactin di dalamnya. Royalactin diketahui sangat bermanfaat dalam pengobatan masalah infertilitas pada pria.

Infertilitas atau kemandulan merupakan kegagalan seseorang untuk bisa memiliki anak. Meskipun terdapat ketidakjelasan terhadap peran spesifik protein ini, namun royal jelly telah terbukti mampu meningkatkan kesuburan serta motilitas sperma pada pria.

2 dari 5 halaman

3. Manfaat Royal Jelly untuk Mengontrol Tekanan Darah

 10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Royal jelly diketahui memiliki kandungan protein hidrolisat cukup tinggi di dalamnya. Protein hidrolisat diketahui sangat efektif dalam mempengaruhi tingkat tekanan darah seseorang.

Perpaduan antara protein dan kalium tersebut nantinya akan membantu kalian mengurangi stress pada pembuluh darah serta jantung. Sebab, kandungan potassium yang terdapat di dalamnya akan bertindak sebagai vasodilator.

Bonusnya, kalian akan memiliki risiko yang rendah terkena masalah kardiovaskular.

4.    Manfaat Royal Jelly untuk Mengatasi Diabetes

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahi dampak royal jelly pada seseorang yang menderita diabetes.

Dari hasil penelitian tersebut menemukan, meskipun tidak menimbulkan efek secara langsung namun royal jelly berdampak positif terhadap kadar glukosa.

Dampak positif tersebut akan semakin dirasakan bagi kalian yang tengah menderita penyakit diabetes tipe 2.

3 dari 5 halaman

5. Manfaat Royal Jelly untuk Mengatasi Osteoporosis

 10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Royal jelly terbukti mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang kalian. Tidak hanya itu, royal jelly juga akan membatasi terjadinya keropos tulang yang disebabkan oleh osteoporosis.

Hal itu disampaikan oleh tim penelitian Department of Orthopedics and Traumatology, Fakultas Kedokteran di Universitas Erciyes, Turki.


6.    Manfaat Royal Jelly untuk Mengelola Gejala Menopause dan Pasca Menopause


Perpaduan antara royal jelly dengan minyak primrose, gingseng dan damiana telah terbukti memberikan dampak positif bagi tubuh. Perpaduan bahan-bahan tersebut mampu meredakan gejala menopause pada wanita lanjut usia.

Selain itu, dengan mengonsumsinya akan meningkatkan perasaan serta kondisi mental wanita yang mengalami menopause secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

7. Manfaat Royal Jelly untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

 10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Adanya kandungan histamine dalam royal jelly mmapu meningkatkan fungsi tubuh. Hal tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian.

Secara otomatis pula, tubuh kalian akan terhindar dari serangan bakteri serta racun penyebab penyakit. Selain itu, Histamin juga akan menekan timbulnya allergen serta mampu meringankan gelaja suatu penyakit tertentu.


8.    Manfaat Royal Jelly untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme


Tahukah kalian? Yang paling istimewa dari royal jelly yaitu mengandung 8 macam asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh. Menariknya lagi, kedelapan asam amino tersebut tidak dapat diproduksi langsung oleh manusia.

Ke delapan asam amino ini sangat bermamfaat bagi perkembangan protein di dalam tubuh. Pada akhirnya, asam amino tersebut akan menjaga fungsi metabolisme tetap berjalan dengan baik. Hasilnya, akan ada peningkatan fungsi tubuh kalian secara signifikan.

5 dari 5 halaman

9. Manfaat Royal Jelly untuk Menurunkan Berat Badan

 10 Manfaat Royal Jelly, Mencegah Penuaan Dini?

Royal jelly diketahui juga memiliki kandungan lesitin di dalamnya. Dimana kandungan tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol serta membantu meningkatkan fungsi hati.

Tidak hanya itu saja, lesitin juga akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat dibanding sebelumnya. Keseluruhan manfaat tersebut merupakan faktor penting dalam mencegah terjadinya kenaikan berat badan seseorang.

Bonusnya, kalian bisa menurunkan berat badan secara sehat dengan mengonsumsi royal jelly secara rutin.


10.    Manfaat Royal Jelly untuk Mencegah Penuaan Dini


Kandungan antioksidan yang sangat tinggi, secara efektif membantu menghilangkan radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami masalah penuaan dini.

Tidak hanya itu, radikal bebas juga akan membuat kulit kalian menjadi keriput, muncul noda, flek hitam dan masih banyak lainnya. Dengan mengonsumsinya, kulit kalian terutama wajah akan terlihat semakin berkilau, sehat dan terhindar dari degenerasi makula.
 
 
(ism, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara