15 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 2 Desember 2021 17:47
15 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan yang Penting Diketahui
Ramuan herbal dari daun kumis kucing memiliki kandungan anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, hepatoprotektif, diuretik, antihipertensi, dan efek hipoglikemik.

Dream - Tumbuhan kumis kucing atau Orthosiphon stamineus adalah tanaman herbal yang sejak lama sudah dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Tanaman kumis kucing tersebar luas di seluruh wilayah tropis, ditemukan paling banyak di Asia Tenggara.

Di luar negeri, daun kumis kucing diolah menjadi teh dan disebut Java tea. Sementara di Eropa, teh herbal ini dikonsumsi untuk menghilangkan racun di dalam tubuh melalui urin. Orang Asia memanfaatkan daun kumis kucing untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti kantung kemih dan ginjal.

KUmis Kucing diyakini memiliki efek diuretik yang kuat. Khasiat kumis kucing yang lain adalah kandungan detoksifikasinya dapat meredakan otot kaku dan radang sendi, rematik, asam urat, mengobati radang selaput lendir hidung, dan beberapa lainnya.

Penelitian ilmiah menunjukkan ramuan herbal dari daun kumis kucing ini memiliki anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, hepatoprotektif, diuretik, antihipertensi, dan efek hipoglikemik. Senyawa bioaktif seperti flavonoid, diterpen, triterpen, saponin, asam organik sterol, turunan asam caffeic, chromenes, dan asam oleanat dan ursolat diketahui mengandung O. stamineus.

Manfaat daun kumis kucing tentu sangat banyak sekali. Jika kamu bisa mengolahnya dengan baik, kamu akan mendapatkan manfaat daun kumis kucing yang mujarab. Banyaknya manfaat dari tanaman kumis kucing ini membuat orang mulai mengincarnya sebagai obat herbal.

Penasaran apa saja manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Meredakan Reumatik

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat daun kumis kucing yang pertama adalah mampu meredakan reumatik atau heumatoid arthritis (RA). Kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi dalam daun kumis kucing mampu menurunkan reaksi autoimun pada RA.

2. Mengobati Asam Urat

Kemudian manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah mampu mengobati asam urat. Selain mengatasi reumatik, senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi pada kumis kucing juga bisa membantu mengatasi asam urat. Hal ini karena kedua senyawa aktif tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko asam urat.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang ketiga adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Daun kumis kucing mengandung sinensetin yang berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat diuretik inilah yang membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin.

2 dari 5 halaman

4. Menyehatkan Jantung

Ekstak daun kumis kucing diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida (lemak darah). Gabungan dari keduanya ini sangat sempurna bagi manfaat daun kumis kucing yaitu untuk penurunan kadar lemak darah. Akhirnya mengonsumsi kumis kucing dapat mencegah penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner atau serangan jantung.

5. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Manfaat daun kumis kucing yang tak kalah penting adalah untuk mengobati infeksi kandung kemih atau overactive bladder (OAB). Tanaman herbal yang satu ini bekerja secara efektif membersihkan traktat dan memudahkan sistem kerja kandung kemih.

6. Mengobati Batuk

Batuk merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. Namun batuk yang terlalu seringd an tak kunjung sembuh sangat mengganggu aktivitas. Dalam hal ini, manfaat daun kumis kucing adalah untuk mengobati batuk tersebut. Kandungan antioksidan pada daun kumis kucing dianggap efektif untuk meredakan batuk. Caranya mudah. Rebus 15-20 gram daun kucing, kemudian minum secara teratur hingga batuk sembuh.

3 dari 5 halaman

7. Mengatasi Batu Empedu

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan adalah untuk mengobati batu empedu. Batu empedu merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami orang. Untuk mengobatinya kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi kumis kucing.

Agar semakin berkhasiat, kamu bisa memadukan antara ekstrak daun kumis kucing dengan beberapa tanaman lain, seperti barleria spp dan sonchus spp. PRamuan tersebut dapat berfungsi efektif meringankan berbagai macam penyakit, salah satunya batu empedu dan diabetes.

8. Mengatasi Keputihan

Manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan kewanitaan adalah mampu mengatasi keputihan. Kumis kucing mengandung sifat antibakteri dan antimikroba. Bacterial vaginosis adalah infeksi bakteri yang cukup umum yang jadi penyebab keputihan.

Mengonsumsi ramuan herbal dari daun kumis kucing bisa mengobati keputihan yang kamu alami. Caranya cukup mudah yaitu ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Semua bahan itu direbus hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan itu 2 kali sehari secara rutin.

9. Obat Diet Alami

Banyak orang bekerja keras untuk menurunkan berat badan bagi yang kelebihan bobot. Mulai dari berolahraga, mengurangi makan, hingga penggunaan obat-obatan. Padahal kamu bisa mendapatkan obat diet alami dari daun kumis kucing. Manfaat daun kumis kucing dianggap bisa membantu meningkatkan aliran urine, yang bisa membantu seseorang menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kumis kucing mengandung khasiat antidiabetes karena kemampuannya dalam mengendalikan metabolisme karbohidrat dan gula, lemak dan gula, serta asam amino dan gula menjadi lebih seimbang. Manfaat daun kumis kucing yang satu ini bisa membantu kamu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

11. Mengatasi Masalah Menstruasi

Masalah menstruasi selalu mengahntui para wanita yang memasuki masa haid. Sebagian besar wanita memiliki masalah menstruasi, seperti nyeri yang berlebihan dan beberapa masalah lainnya. Kamu bisa mencoba mengonsumsi obat herbal dari ekstrak daun kumis kucing. Rutin mengonsumsi ekstrak kumis kucing diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin sehingga bisa mengurangi nyeri menstruasi dan pendarahan berlebih saat menstruasi.

12. Detoks Tubuh

Gaya hidup yang tidak teratur dengan mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat akan membuat tubuh rawan terkena racun. Maka kamu perlu mendetoksifikasi tubuh agar terhindar dari racun yang menyerang. Mengonsumsi daun kumis kucing dipercaya mampu membersihkan racun dari dalam tubuh. Caranya, rebus kumis kucing bersama jahe dan minum air rebusannya.

5 dari 5 halaman

13. Menghancurkan Batu Ginjal

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat daun kumis kucing yang tak kalah penting adalah membantu penderita batu ginjal untuk mendapatkan pengobatan secara alami.

Penelitian yang disampaikan dari laman herbarespecial.com, seorang pria dengan penyakit batu ginjal berhasil melewati penyakitnya hanya dengan rutin mengonsumsi dua cangkir teh kumis.

14. Meredakan Masalah Pernapasan

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan berikutnya adalah membantu meredakan masalah pernapasan. Kumis kucing dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan asma. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ramuan obat dari tumbuhan kumis kucing ini sering dicampurkan dengan herbal kuat lainnya.

15. Menghilangkan Gatal karena Jamur

Manfaat daun kumis kucing yang terakhir adalah membantu meredakan gatal karena jamur. Hal ini lantaran kandungan antioksidan dan antimikroba yang dimilikinya mampu menghilangkan jamur. Caranya, ambil setengah genggam kumis kucing direbus bersama meniran, sambiloto, dua ruas jari temulawak, dan 4 gelas air. Setelah mendidih, saring ampasnya dan konsumsi secara rutin dua kali sehari.

Beri Komentar