Kulit Kaki Sehat nan Mulus dalam Sekejap, Ikuti 7 Langkahnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 7 Januari 2020 09:12
Kulit Kaki Sehat nan Mulus dalam Sekejap, Ikuti 7 Langkahnya
Ini dia rahasianya!

Dream - Kulit kering tidak hanya menimpa wajah, tapi juga kaki. Bahkan, kulit kaki bisa pecah-pecah akibat terlalu kering saat cuaca dingin seperti sekarang.

Sahabat Dream tentu tak mau kulit kaki menjaga kering, bahkan hingga kasar dan bersisik, bukan? Oleh karena itu, ikuti beberapa tips berikut untuk menjaga kulit kakimu agar tetap lembap saat cuaca dingin.

Scrubbing

Untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat kakimu tetap halus, lakukan scrubbing secara rutin. Sahabat Dream bisa melakukannya seminggu sekali agar kulit tetap sehat dan lembut.

 shutterstock© shutterstock.com

Memakai Batu Apung

Batu apung seringkali digunakan untuk merawat tumit atau area sekitar kaki. Terutama, ketika cuaca dingin. Pakailah batu aping pada tumit dan area lainnya, lalu bersihkan dengan air. Lakukan kembali 2 kali seminggu.

1 dari 6 halaman

Menjaga Kelembapan Kulit Kaki

Kulit kaki yang kering dapat memicu berbagai masalah. Oleh karena itu, menjaganya agar tetap lembap menjadi sangat penting. Jadi, gunakan pelembap setiap hari agar kulit kaki tetap lembap, lembut dan sehat.

 shutterstock© shutterstock.com

Memakai Kaus Kaki

Kaus kaki sangat berguna saat cuaca dingin. Ini sangat berguna saat ingin tidur atau melakukan berbagai aktivitas. Pakailah kaus kaki berbahan katun dan hindari bahan sintetis agar tetap nyaman.

2 dari 6 halaman

Memilih Alas Kaki yang Tepat

Jangan memakai alas kaki yang terlalu sempit hanya untuk membuatnya tetap hangat. Pilihlah alas kaki yang membuat pergelangan hingga jari-jarimu tetap nyaman bergerak.

Sahabat Dream juga bisa memakai alas kaki yang terbuka di bagian depan jika ingin lebih sejuk.

Memijat Kaki

Dengan dipijat, peredaran darah di kakimu akan lebih lancar dan tekstur kulit meningkat, sehingga menjadi lebih halus. Jadi, pijat kaki dengan minyak kelapa selama 10-15 menit.

 shutterstock© shutterstock.com

3 dari 6 halaman

Melakukan Pedicure

Ketika melakukan pedicure, kakimu akan dipijat dan dimanjakan sehingga kulitnya lebih tenang serta sehat. Walaupun agak mahal, tapi perawatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kaki.

 7 Hal Penting Sebelum Kamu Manicure & Pedicure© MEN

Sahabat Dream bisa memilih harga yang lebih murah agar bisa membersihkan debu, sel kulit mati dan kulit kering agar lebih lembut serta bernutrisi.

Jangan lupa melakukanny secara rutin, ya! (mut)

 

4 dari 6 halaman

3 Tipe Sepatu Cantik yang Sebaiknya Tidak Digunakan

Dream - Menggunakan sepatu dengan desain cantik memang bisa membuat penampilan jadi lebih keren. Sayangnya, beberapa model sepatu kaum hawa memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan.

Terutama kondisi kesehatan otot dan tulang. Cari tahu jenis sepatu apa saja yang sebaiknya dihindari atau dikurangi penggunannya.

Sepatu runcing depan atau pointed shoes

  Pointed shoes© Shutterstock

Sepatu jenis ini memang membuat tampilan kaki jadi lebih feminim, seksi, dan menonjolkan kesan formal. Dengan model yang runcing di bagian depan, jari-jari akan tertekan. Sehingga menyebabkan nyeri pada saraf kaki dan lecet.

Bukan hanya perih di bagian kaki, bisa muncul rasa nyeri hingga betis sampai sakit kepala hebat. Pasalnya, saraf tertekan dan darah tak mengalir dengan lancar.

5 dari 6 halaman

Sepatu Hak Tinggi

Selalu masuk dalam daftar sepatu wajib punya, tapi sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Menggunakan sepatu ini seperti jinjit selama berjam-jam.

  Begini Cara Memilih High Heels yang Tepat dan Aman© MEN

 

Tumit bekerja lebih berat menopang tubuh. Risiko pegal, nyeri hingga terkilir sangat tinggi saat mengenakannya. Belum lagi kerusakan saraf serta nyeri punggung. Jika ingin menggunakannya, pastikan tidak lebih dari 1 jam.

6 dari 6 halaman

Sepatu platform

Sebenarnya sepatu ini mirip dengan sepatu tumit tinggi tapi dengan penyangga lebih besar dan stabil. Bentuknya yang meninggi di bagian tumit membuat kita tidak mengikuti mekanisme berjalan.

  Platform shoes© Shutterstock

 

Efeknya, nyeri saraf kaki, nyeri punggung hingga migrain. Belum lagi risiko terkilir. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan sepatu ini.
 
Sumber: Brightside

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair