Anak Mogok Sekolah, Jangan Naik Pitam

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 7 Desember 2016 05:32
Anak Mogok Sekolah, Jangan Naik Pitam
Coba cari tahu penyebab mogoknya si buah hati ke sekolah.

Dream - Anak-anak seringkali sulit ditebak. Pada suatu hari ia akan sangat senang berangkat ke sekolah, tapi hari berikutnya tiba-tiba tak mau pergi sekolah. Para ibu, sebaiknya jangan langsung marah.

Ada beberapa pemicu anak mogok sekolah yang cukup sering terjadi, antara lain karena mengalami kesulitan bergaul dengan teman, sulit menangkap pelajaran, atau merasa tak nyaman dengan aturan sekolah.

Menghadapi buah hati tak sama dengan menghadapi orang dewasa. Berikut beberapa hal yang dapat Sahabat Dream lakukan untuk mencari tahu penyebab mogoknya si buah hati ke sekolah.

Jangan langsung hukum anak
Hukuman hanya akan membuat anak takut dan semakin sulit untuk berkomunikasi dengan Anda. Ketika anak menolak sekolah, tanyakan alasan padanya secara lembut. Jika ia menangis, tunggulah sampai dia tenang.

Bujuk untuk mengantarkannya
Ketika ia menyatakan tak mau berangkat sekolah, katakan bahwa Anda siap mengantarnya. Namun jika ia tetap menolak, sebaiknya tetap tenang dan menunggu hingga anak mau bicara.

Minta ayah untuk membantu membujuknya
Barangkali ayah bisa diajak membantu untuk membujuknya. Apalagi jika selama ini si kecil dekat dengan ayah.

Korek informasi dari guru
Jika buah hati tak juga bicara tentang sebab mogok sekolahnya dan ia merasa takut kalau akan berangkat sekolah, lebih baik mengantarnya selama beberapa waktu.

Manfaatkan momen mengantar ini dengan menemui gurunya dan bicarakan tentang sikap anak akhir-akhir ini yang mogok sekolah. Dengan berkomunikasi dengan guru, siapa tahu Anda akan menemukan jawaban.

Dekatkan anak dengan teman-teman sekelasnya
Mungkin si kecil sedikit “ bermasalah” dengan teman-temannya. Entah tidak diterima dengan baik atau ada anak yang nakal padanya. Sediakan waktu untuk datang ke sekolah bersama anak Anda dan bawa cemilan yang cukup untuk teman-temannya.

Berikan pada anak Anda saat istirahat dan biarkan ia membagikan kepada teman-temannya. Cara ini terbukti ampuh untuk membuka persahabatan.

(Ism, Sumber: AHa Parenting) 

Baca Juga: Memberikan Vitamin pada Si Kecil, Perlukah? Bekali Kemampuan Ini Sebelum Anak Masuk TK Dipukuli Anak, Ini Sikap yang Harus Dilakukan Bunda Lakukan Cara Ini Agar Usus Anak Lebih Sehat Trik Dekorasi Kamar Mandi Seru untuk Si Kecil Kunci Agar Buah Hati Jadi Pribadi Penuh Empati

Beri Komentar