Belum Vaksin Covid-19? Begini Cara Dapatkan Vaksin Gratis

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 18 Agustus 2021 21:51
Belum Vaksin Covid-19? Begini Cara Dapatkan Vaksin Gratis
Kamu bisa mendaftar vaksin di Sentra Vaksin yang didirikan Yayasan Ronald McDonald House Charities loh!

Dream - Pemerintah sedang menggalakkan program vaksin untuk mencapai herd immunity dengan target 70% populasi di Indonesia tervaksinasi. Saat ini, terdapat beberapa merk vaksin yang didistribusikan di Indonesia seperti Sinovac, Sinopharm dan AstraZeneca. 

Jika Sahabat Dream belum berkesempatan mendapatkan vaksin Covid-19. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk vaksin di Sentra Vaksin yang didirikan Yayasan Ronald McDonald House Charities bersama McDonald’s Indonesia dan PT Sinar Sosro.

Sentra Vaksin© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Sentra Vaksinasi dan Mini Sentra Vaksinasi ini juga bekerjasama dengan Kemenkes dan Dinas Kesehatan untuk menyediakan layanan vaksinasi salah satunya ialah Sentra Vaksinasi Sosro, Cakung Jakarta Timur.

Selain itu juga ada Mini Sentra Vaksin di berbagai wilayah Kecamatan DKI Jakarta. Seperti Kec. Cengkareng, Kec. Johar Baru & Kec. Tanah Abang dan akan menjangkau area-area yang belum memiliki lokasi vaksinasi.

“ Sentra Vaksinasi Sosro terbuka untuk masyarakat umum, baik yang berdomisili Jakarta maupun luar Jakarta, dan buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 13.30,” jelas Devyana Tarigan, Vice General Manager Marcomm & PR PT Sinar Sosro pada konferensi virtual 18 Agustus 2021.

1 dari 2 halaman

Cara Mendaftar di Sentra Vaksin

Masyarakat dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu via online melalui link berikut:

Lalu para pendaftar akan mendapat konfirmasi hari dan tanggal yang telah dipilih. Selanjutnya, pendaftar datang ke lokasi vaksin sesuai dengan jadwal yang telah tertera pada undangan. Dan perlu digarisbawahi bahwa vaksin ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

Devyana Tarigan© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ada beberapa persiapan sebelum vaksin yang pertama pastikan dalam kondisi sehat dan sudah sarapan,” Rini T. Wardani, Organizational Leader Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC).

Rini menambahkan jika pendaftar memiliki kormobid, pastikan membawa surat keterangan izin vaksin dari dokter.

“ Di setiap sentra vaksin juga akan ada screening, biasanya kalau ada diabetes atau kormobid lain pertanyaan pasti akan lebih detail,” tambah Rini.

2 dari 2 halaman

Mendukung Pemerintah Melaksanakan Vaksinasi

Didirikannya sentra vaksin ini menjadi bentuk dukungan kepada Pemerintah terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Sutji Lantyka© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ McDonald's Indonesia pastinya mendukung penuh kegiatan Yayasan RMHC untuk pelaksanaan vaksin anak dan dewasa, dari awal hingga saat ini dengan tujuan membantu pemerintah dalam mencapai herd immunity,” jelas Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia pada kesempatan yang sama.

Saat ini, kolaborasi Sentra Vaksin telah memberikan vaksin kepada lebih dari 50.000 orang, mulai dari usia remaja 12-17 tahun, lansia, tenaga didik, pekerja ekraf, hingga warga rawan dan rentan.

Rini© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ke depannya, kami ingin bisa mendirikan lebih banyak lagi Sentra Vaksin, tidak terbatas hanya di area DKI Jakarta dan Tangerang, membantu di daerah mana pun yang membutuhkan bantuan,” jelas Rini T. Wardani.

Beri Komentar