Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak Secara Alami dan Cepat (Foto: Shutterstock)

Dream - Mata adalah organ tubuh kita yang fungsinya sangat vital. Fungsinya yang untuk melihat sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Maka akan sangat mengganggu jika mata mengalami masalah atau sakit.

Banyak sekali jenis penyakit mata yang dapat kamu derita. Seperti mata kering, mata merah, kelilipan, dan masih banyak lagi. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mata yang sedang sakit. Berikut adalah beberapa cara mengobati sakit mata pada anak secara alami dan cepat.

Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat

Metode mengobati secara medis dipercaya lebih cepat penyembuhannya. Berikut ini adalah beberapa cara redakan sakit mata dengan obat, tapi harus berkonsultasi lebih dulu dengan dokter mata sebelum menggunakannya.

Air Mata Buatan (Artificial Tears)

Air mata buatan atau artificial tears bisa menjadi cara mengobati sakit mata kering. Obat sakit mata kering yang satu ini fungsinya untuk memberikan elemen air mata tambahan pada mata yang kering. Dengan begitu, mata akan tetap basah dan terjaga kelembabannya.

Mata kering sendiri dipicu oleh sejumlah faktor, seperti berada di tempat yang berangin, mata lelah akibat penggunaan kacamata dan sebagainya, hingga efek samping pasca penderita melakukan operasi mata.

Dekongestan

Cara mengobati sakit mata berikutnya yaitu dengan obat dekongestan. Dekongestan digunakan untuk mengobati sakit mata merah. Penyebab mata merah bisa karena sejumlah faktor, seperti mata terpapar debu atau kotoran, mata lelah akibat menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama, efek samping pasca operasi mata, dan lain sebagainya.

Fungsi dari obat dekongestan adalah untuk meredakan mata merah akibat iritasi tersebut dengan cara memperkecil pembuluh darah, untuk kemudian sklera mata kembali ke warna putih.

Antihistamin

Cara mengobati sakit mata bengkak yaitu dengan obat antihostamin. Bengkak pada mata biasanya disebabkan oleh alergi. Antihistamin memang berfungsi untuk meredakan reaksi alergi di sekujur tubuh, termasuk apabila reaksi alergi terjadi di area mata.

Acetazolamide

Acetazolamide bisa menjadi cara mengobati sakit mata glaukoma. Glaukoma yaitu penyakit mata akibat rusaknya saraf optik yang menjadi penghubung antara mata dan otak. Penyakit ini perlu diwaspadai karena bisa berakibat pada kebutaan. Glaukoma umummya ditkamui dengan gejala seperti mata memerah, penglihatan berkurang, sakit kepala, dan mual.

Penggunaan acetazolamide atau obat-obatan diuretik dimaksudkan untuk meminimalisir tekanan di dalam bola mata. Akan tetapi, proses penyembuhan penyakit ini juga harus disertai dengan operasi mata, dengan tujuan untuk membuka saluran penyerapan cairan di dalam bola mata yang tersumbat.

Penyakit Mata yang Sering Terjadi Pada Anakk

Sakit pada mata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak juga bisa terkena. Berikut ini adalah beberapa penyakit mata yang dapat menyerang anak.

Bintitan

Benjolan kecil yang tumbuh di dalam atau di luar kelopak mata ini juga bisa terjadi pada anak kecil. Bintitan atau timbilan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus di folikel bulu mata, kelenjar sebaceous, dan kelenjar aprokin. Selain itu, kondisi ini bisa juga karena infeksi atau sumbatan kelenjar meibom di kelopak mata.

Bintitan dapat sembuh dan kempes sendiri dalam waktu 1-3 minggu tanpa pengobatan apapun. Air hangat bisa meringankan gejala sakit mata pada anak akibat bintitan. Kompres benjolan bintitan pada anak dengan air hangat 5-10 menit sebanyak 3-4 kali sehari.

Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan peradangan pada konjungtiva, yaitu membran bening yang menutupi bagian putih mata dan permukaan kelopak mata bagian dalam. Penyebabnya antara lain karena virus, bakteri, alergi, terkena bahan-bahan tertentu (klorin, sabun), hingga kemasukan debu atau asap.

Jika anak mengalami sakit mata merah disertai dengan demam dan nyeri di kelopak mata, segera bawa ke dokter mata.

Orbital Cellulitis atau Preseptal Cellulitis

Selulitis preseptal dan orbital merupakan infeksi kelopak mata yang membuat jaringan di sekitar mata tampak merah, nyeri, dan bengkak hingga membuat mata tertutup. Sakit mata ini bisa membuat anak demam, penglihatannya menurun, dan bola mata tidak bisa digerakkan. Oleh karena itu, selulitis termasuk dalam kondisi serius yang memerlukan perawatan medis mendesak.

Blocked Tear Duct

Sakit mata pada anak yang satu ini terjadi ketika saluran air mata tersumbat sebagian atau seluruhnya. Akibatnya, air mata tidak dapat keluar dengan normal hingga menyebabkan mata menjadi berair, terkena iritasi, atau infeksi kronis.

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Cara mengobati sakit mata tidak hanya dengan metode medis. Ada juga dengan metode alami.

Madu

Madu memiliki sifat pembersihan dan antibakteri alami yang melindungi mata dari penyakit. Maka dari itu madu bisaa menjadi cara mengobati sakit mata. Oleskan satu tetes madu ke dalam mata yang sakit. Jika kamu merasa terbakar pada mata saat dioleskan, maka jangan khawatir karena itu normal.

Mentimun

Tidak disangka mentimun bisa menjadi cara mengobati sakit mata. Obat mata dengan mentimun ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Ambil irisan mentimun dan masukkan ke dalam lemari pendingin selama 15 menit. Sekarang letakkan irisan ketimun di atas mata selama setidaknya 10 menit.

Air Triphala

Cara mengobati sakit mata selanjutnya yaitu dengan air triphala. Gunakan air triphala (pengobatan Ayurveda) untuk mencuci mata dua kali sehari. Untuk membuat air triphala, rendam 2 sendok makan triphala dalam air normal selama semalam. Paginya kocok air ini dengan bubuk triphala selama 2 menit lalu saring menggunakan kain bersih. Gunakan obat sakit mata alami tersebut untuk mencuci mata kamu.

Cara Mengobati Sakit Mata Merah

Mata merah biasanya bersifat sementara dan cepat sembuh. Beberapa penyebab mata merah yakni konjungtivitis (pink eye) yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau alergi, dan blefaritis.

Obat sakit mata merah yang tepat tergantung pada penyebab spesifiknya. Untuk meringankan gejala mata merah akibat infeksi virus cara sederhana dengan kompres dingin mata atau pemberian air mata buatan yang dingin biasanya dapat mengatasi gejala dalam waktu 1-2 minggu.

Pengobatan antivirus tetes mata atau oral perlu diberikan pada infeksi herpes pada mata, gejalanya berupa nyeri pada satu sisi mata, gangguan penglihatan, silau pada mata yang terkena dan terdapat lentingan berisi cairan pada kelopak mata yang sakit. Penyakit ini perlu ditangani oleh spesialis mata.

Pada kasus mata merah karena infeksi bakteri dokter dapat meresepkan antibiotik tetes, salep untuk mata atau pun antibiotik oral jika terdapat gejala mata merah yang disebabkan oleh infeksi bakteri, gejalanya biasanya berupa mata merah disertai nanah (belekan) dan biasanya terdapat nyeri atau gatal.

Mata merah disertai gatal yang disebabkan oleh alergi dapat diobati dengan menghindari faktor pencetus (misalnya debu) kompres dingin mata, atau pun obat antihistamin tetes mata.

Cara Mengobati Sakit Mata Bintitan

Ada beberapa metode secara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati mata yang bintitan.

Teh Kantong

Teh kantong hitam disebut-sebut memiliki manfaat mengurangi pembengkakan sekaligus mengandung bahan antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan. Maka dari itu teh kantong bisa menjadi cara mengobati sakit mata bintitan.

Cara menggunakan teh kantong sebagai obat mata bintitan yaitu dengan menyeduhnya terlebih dahulu dalam cangkir dengan air panas. Kemudian tunggu sekitar satu menit. Angkat teh kantong dari cangkir, diamkan hingga tidak terlalu panas. Lalu, tempelkan pada mata sekitar 5-10 menit. Jika kedua mata mengalami bintitan, jangan gunakan kemasan teh kantong yang sama.

Kompres Air Hangat

Tempelkan kompres air hangat dan pijat lokasi bintitan dengan lembut. kamu dapat mengompres bagian mata tersebut selama 10 menit, sekitar empat kali sehari.

Untuk mengompres, gunakan handuk bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Peras hingga air tidak lagi menetes, lalu tempelkan kompres tersebut. Suhu hangat dari air akan membantu mengencerkan nanah di dalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik

5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik

Jika sewaktu-waktu anak mengalami masalah kesehatan, obat tersebut bisa membantu meredakan gejalanya.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Jangan sampai setelah libur panjang, kesehatan mata anak mengalami masalah.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya