Ini yang Terjadi jika Seorang Meninggal di Atas Pesawat

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 3 Maret 2015 10:45
Ini yang Terjadi jika Seorang Meninggal di Atas Pesawat
Apakah jenazah penumpang dibiarkan duduk atau ditaruh di toilet agar tidak mengganggu penumpang lain?

Dream - Dalam dunia penerbangan, jarang sekali seorang penumpang meninggal dunia di atas pesawat.

Namun karena kematian tak bisa dihindari, hal itu bisa saja terjadi. Lalu bagaimana awak pesawat ketika menemui kejadian seperti itu? Apakah jenazah penumpang dibiarkan duduk atau ditaruh di toilet agar tidak mengganggu penumpang lain?

Dalam latihan yang dijalani awak pesawat, penumpang yang meninggal 'sebisa mungkin dipisahkan dari penumpang lainnya'.

Kepada MailOnline dikutip Dream.co.id, Selasa 3 Maret 2015, seorang juru bicara British Airways mengatakan telah melatih awak pesawat untuk memperlakukan penumpang yang meninggal di atas pesawat secara terhormat dan bermartabat.

" Biasanya kami akan berusaha memindahkan orang itu sejauh mungkin dari penumpang lainnya."

Setelah itu, kru British Airways akan fokus dalam usaha menenangkan keluarga atau teman penumpang yang meninggal tersebut yang ikut dalam satu pesawat.

Namun, banyak pesawat penerbangan jarak jauh telah dilengkapi dengan kantong mayat. Bahkan ada yang memiliki fasilitas semacam 'lemari pendingin' yang dibuat khusus untuk menyimpan jenazah.

Jika tidak ada fasilitas seperti kantung mayat atau lemari jenazah, awak pesawat telah dilatih untuk mencari kursi yang terletak jauh dari penumpang lainnya.

Mereka kemudian menutupi jenazah itu dengan selimut sampai ke leher dan memasangkan sabuk pengaman pada jenazah tersebut.

Beri Komentar