Hati-hati Gejala Penyakit Ini Mirip Flu, Ternyata Kanker

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 10 Januari 2019 10:44
Hati-hati Gejala Penyakit Ini Mirip Flu, Ternyata Kanker
Ada juga gejala hidung tersumbat, mimisan, dan telinga berdenging.

Dream - Kanker nasofaring jadi salah satu kanker yang mungkin belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kanker satu ini merupakan salah satu kanker yang sulit dideteksi dan ganas yang menyerap area nasofaring.

Letak nasofaring sendiri, berada di balik rongga hidung dan di atas rongga mulut. Posisinya yang tersembunyi, sehingga amat sulit untuk dideteksi dini bila terdapat tumor atau kanker ganas.

Menurut dokter spesialis telinga hidung tenggorokan, Marlinda Adham, gejala awal kanker nasofaring sangat mirip dengan keluhan infeksi saluran napas atas. Selain itu, ada juga gejala hidung tersumbat, mimisan, telinga berdenging, atau telinga yang rasanya penuh seperti saat sedang pilek seperti diungkapkan dokter Marlinda.

" Namun, (bila merasa gejala itu) jangan paranoid terlebih dahulu," kata dokter Marlinda seperti dikutip dari Liputan6.com.

Jika sudah 2-3 kali berobat ke dokter tapi keluhan menetap seperti keluhan telinga berdengung masih ada dan mimisan bertambah banyak, baru patut curiga. Lalu jika tidak ada infeksi hidung, harus segera dirujuk ke dokter spesialis telinga hidung tenggorokan untuk kembali dievaluasi.

" Dokter THT akan melihat dengan nasoendoskopi untuk melihat tumor di nasofaring atau tidak," katanya.

Dengan pemeriksaan nasoendoskopi, dokter bisa menegakkan diagnosis apakah terkena kanker nasofaring atau tidak.

Laporan Benekdita Desideria/ Liputan6.com

 

Beri Komentar
[21 Jan 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Geisha