Manfaat Daun Kemangi Buat Kesehatan, Bukan Cuma `Teman` Pecel Ayam

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 20 Agustus 2019 15:48
Manfaat Daun Kemangi Buat Kesehatan, Bukan Cuma `Teman` Pecel Ayam
Salah satu jenis tanaman yang memiliki aroma harum ini ternyata memiliki segudang manfaat. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Dream – Daun Kemangi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi. Kalau kamu membeli pecel ayam atau lele, salah satu sayuran tambahannya biasanya berupa daun kemangi.

Biasa tumbuh liar, daun kemangi memang punya wangi yang khas. Selain enak dimakan, daun ini biasa dijadikan penghilang bau amis di tangan usai menyantap pecel tadi.

 

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam rempah penyegar (tonikum). Daun kemangi masuk satu keluarga dengan daun mint atau daun basil.  Tidak heran, jika ketiga daun tersebut memiliki rupa yang terlihat sama.

Tahukah kalian? Daun kemangi ternyata lebih akan tumbuh subur di negara kawasan beriklim tropis terutama di Indonesia. Selain di Indonesia sendiri, daun kemangi juga kerap digunakan di negara lain selain menjadi bahan masakan juga dijadikan sebagai obat tradisional seperti sepeti China, Filipina, Yunani, Meksiko, Tanzania hingga negara di Amerika Serikat dan Eropa.

Selain sebagai menu pengiring makanan utama, beberapa penelitian menemukan khasiat ampuh daun yang baik bagi tubuh. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi: Mencegah Radikal Bebas

 Kenali Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah mampu untuk mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa kimia yang memiliki sifat tidak stabil serta sangat bereaksi.

Penumpukkan radikal bebas di dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit dalam tubuh manusia. 

Penelitian Harvard School of Public Health, menemukan bahwa reaksi kimia yang berasal dari radikal bebas mampu merusak membran serta jaringan sel di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, efeknya bisa meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit degenerative termasuk kanker.

Salah satu jenis tanaman yang bsia mencegah masuknya senyawa ini adalah daun kemangi. Daun kemangi dikenal memiliki kandungan flavonoid yaitu apigenin yang sangat tinggi. Kandungan itulah yang mampu untuk mencegah radikal bebas.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi: Mengatasi Stres

 Kenali Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah mengatasi stress yang dialami oleh seseorang. Sudah banyak sekali penelitian yang menyatakan jika daun kemangi bisa membantu mengatasi stress baik itu fisik ataupun psikologis serta metabolisme.

Meskipun begitu, penggunaan daun kemangi untuk pengobatan ini harus sesuai dengan anjuran oleh dokter.

Tidak hanya itu saja, daun kemangi juga mampu untuk melindungi jaringan dan organ terhadap stress yang berasal dari bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksudkan disini meliputi logam berat, paparan polusi industri, aktivitas berat hingga adanya tekanan psikologis.

Selain itu, daun kemangi juga mampu untuk membantu mengatasi stress metabolic dengan cara mengengendalikan gula darah, kadar lipid hingga tekanan darah seseorang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi: Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

 Kenali Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products di Purdue University menemukan fakta jika daun kemangi memiliki manfaat yang ampuh untuk mengatasi diare, cacingan, sembelit, flu, sakit kepala hingga penyakit ginjal.

Tidak hanya itu saja, dalam penelitian itu juga telah membuktikan bahwa daun kemangi mampu secara efektif untuk mengobati sakit maag, perut kembung, masuk angin, badan lesu hingga mampu untuk mengatasi kejang.

Tak sampai di situ saja, daun kemangi juga bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya seperti infeksi pada usus hingga radang pada lambung kalian.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi: Mencegah Demam Berdarah

 Kenali Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Kalian tidak percaya? Sebuah penelitian yang menunjukkan jika ekstrak daun kemangi mampu dijadikan sebagai insektisida untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Khasiat daun kemangi ini dimungkinkan karena tumbuhan ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, daun kemangi juga memiliki kandungan seperti tannin, saponin serta minyak atsiri yang tinggi pula. Semua kandungan tersebut telah diketahui memiliki sifat beracun bagi nyamuk.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi: Menfaat Lainnya

 Kenali Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Selain semua manfaat daun kemangi yang telah disebutkan, terdapat beberapa manfaat daun kemangi lagi yang bisa kalian rasakan. Manfaat daun kemangi lainnya meliputi menghilangkan bau badan, bau mulut, menyehatkan kulit, memperlancar pencernaan hingga mampu utnuk meringankan peradangan.

(Sah, Sumber: hellosehat dan doktersehat)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan