Kenapa Harus Cuci Tangan Pakai Sabun? Ini Penjelasannya

Reporter : Irma Suryani
Senin, 22 Agustus 2016 17:16
Kenapa Harus Cuci Tangan Pakai Sabun? Ini Penjelasannya
Ini cara mencuci tangan yang benar untuk menjaga kesehatan

Dream - Banyak yang menganggap kegiatan mencuci tangan merupakan hal yang sepele sehingga sering diabaikan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mencuci tangan untuk kesehatan.

Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang menjadi media masuknya kuman dan mikroba penyebab penyakit ke dalam mulut, hidung dan anggota tubuh lainnya. Selain itu, tangan juga media untuk menyalurkan kuman dari manusia ke manusia lainnya.

Jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang kita ketika tangan terkena bakteri adalah Flu, meningitis, hepatitis A, C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus dan diare.

Maka dari itu, cuci tangan dengan sabun adalah kegiatan yang sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit yang masuk ke tubuh. Lalu, kenapa harus dengan sabun? Karena jika mencuci tangan dengan air, kemungkinan bakteri atau kuman mati hanya sedikit, bahkan masih tertinggal di tangan kamu.

Berikut ini cara mencuci tangan yang benar untuk menjaga kesehatan

1. Cuci tangan dengan air bersih, usahakan penggunaan air yang sedang mengalir.
2. Pakai sabun untuk membersihkan kuman dan mematikan kuman dari tangan kamu, sabun dettol atau lifebouy cocok digunakan karena memiliki formula Skincare pH-Balanced yang aktif melindungi kuman.
3. Gosok telapak tangan, punggung tangan, di bagian sela-sela jari serta kuku dan bilas dengan air yang mengalir.
4. Keringkan dengan handuk.

 

(Ism, Dari berbagai sumber)

Beri Komentar