Kenapa Rambut Kepala Lebih Panjang dari Bulu di Badan?

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 27 Juli 2016 08:26
Kenapa Rambut Kepala Lebih Panjang dari Bulu di Badan?
Banyak yang panasaran. Ini jawabannya. Ternyata...

Dream - Rambut di beberapa bagian tubuh, selain di kepala, hanya tumbuh dengan panjang tertentu dan kemudian berhenti. Tetapi jika mencukurnya (bukan mencabutnya), rambut tersebut kembali tumbuh ke ukuran panjang seperti sebelumnya. Mengapa demikian?

Rambut di kepala berbeda dari rambut di beberapa bagian tubuh. Tapi memang rambut di beberapa bagian tubuh hanya tumbuh dengan panjang tertentu. Diperkirakan bahwa ukuran panjang ini sebagian besar ditentukan oleh gen.

Untuk mengetahuinya...

 

1 dari 4 halaman

Darah di Kulit Kepala

Pertama Anda harus mengenal bagaimana rambut tumbuh. Semua rambut dan bulu tumbuh melalui siklus. Siklus pertama disebut fase anagen. Pada fase ini akar protein di folikel rambut mulai mengumpulkan sel-sel yang membentuk menjadi struktur seperti tali yang Anda kenal sebagai rambut.

Darah di kulit kepala kemudian memasok kebutuhan folikel yang memungkinkannya terbelah menjadi lebih banyak sel.

Selama fase anagen berlangsung, rambut akan tumbuh lebih panjang, kecuali jika Anda memotong atau mencabutnya, pada kecepatan sekitar setengah inci atau 1,27 cm setiap bulannya.

Tapi..

2 dari 4 halaman

Berhenti Tumbuh

Fase anagen tidak dapat bertahan selamanya, tidak peduli seberapa mahal produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Fase pertumbuhan ini berlangsung hanya beberapa tahun, dan para ilmuwan berpendapat bahwa pertumbuhan panjang rambut ini - yang bervariasi dari orang ke orang - mungkin karena faktor genetik.

" Panjang rambut terutama ditentukan oleh lamanya fase anagen," kata Shari Lipner, seorang dokter kulit di Klinik Weill Cornell dan Rumah Sakit Presbyterian, New York. " Semakin lama fase anagen, semakin panjang rambut akan tumbuh."

Lamanya dapat berlangsung dari dua sampai enam tahun. Inilah mengapa sebagian dari kita tumbuh rambut sangat panjang sementara yang lain tumbuh lebih cepat.

Sehelai rambut yang tumbuh selama dua tahun sebelum berhenti tumbuh akan memiliki panjang sekitar 30 cm. Tapi yang bisa mengalami pertumbuhan hingga enam tahun bisa tiga kali lipat panjangnya.

3 dari 4 halaman

Memiliki Tujuan Biologis

Rambut pada tubuh, yang disebut rambut androgenik, lebih pendek dari rambut di kepala. Berbeda dengan rambut di kepala, rambut di lengan dan bagian lain tubuh memiliki siklus pertumbuhan yang berlangsung selama mingguan, bukan tahunan.

Ini mungkin karena rambut di kepala sebagian besar memiliki tujuan biologis. Sebagai contoh, ketika berjalan tegak, rambut akan melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung. Rambut di kepala juga dapat melindungi kita dari keringat dan hujan agar tidak menetes ke mata, dan masih banyak guna rambut lainnya.

Tapi fase anagen tidak akan berlangsung selamanya. Setelah tubuh mengirim sinyal ke folikel rambut bahwa untaian sel-sel yang dia kerjakan telah selesai, folikel secara perlahan akan menjadi lemah dan berhenti memberi pasokan untuk membuat sel-sel rambut baru.

Proses tersebut disebut fase catagen. Rambut akan didorong ke atas untuk beberapa waktu, sehingga terlihat sedikit panjang. Tapi rambut tersebut tidak benar-benar tumbuh.

4 dari 4 halaman

Tak Peduli Berapa pun Usia Anda

Begitu fase catagen selesai, dan folikel rambut mulai memperbarui diri, Anda memasuki fase telogen, atau fase istirahat. Inilah fase ketika folikel ini tidak aktif selama beberapa minggu atau bulan. Akhirnya, helai rambut yang mati akan rontok atau didorong keluar dengan yang baru karena fase anagen baru telah dimulai.

Adalah hal yang normal jika kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari, tidak peduli berapa pun usia Anda. Terkait rambut rontok karena faktor usia tidak berarti siklus pertumbuhan rambut Anda telah melambat. Tapi beberapa folikel berhenti bekerja atau hanya menghasilkan rambut yang lebih tipis.

Jadi ketika Anda memangkas rambut, maka rambut akan tumbuh dengan panjang maksimum yang sama seperti sebelum dipangkas. Itu karena folikel Anda hanya mampu menumbuhkan rambut dengan panjang tertentu. Shampoo mahal mungkin membuat rambut Anda benar-benar mencapai panjang maksimum - dan tetap terlihat mengkilap - tetapi Anda tidak bisa menipu kode genetik Anda. (Sah)

(Sumber: washingtonpost.com)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah