Lahir di Era Digital, Ini Tips Mendidik Generasi Z

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 1 September 2019 08:40
Lahir di Era Digital, Ini Tips Mendidik Generasi Z
Setiap generasi punya caranya sendiri, yuk simak tips berikut.

Dream - Generasi Z hidup di zaman kreatif dan tumbuh bersama teknologi. Generasi awal yang menikmati segala kemudahan akses internet, permainan, aplikasi dan segala akses lainnya menggunakan gawai dan alat teknologi lainnya.

Untuk bisa mengimbangi perkembangan digital generasi Z, selayaknya para orangtua dan guru di sekolah mengubah cara didiknya. Tak bisa lagi dengan cara-cara usang, tetapi harus lebih kekinian.

Pada seminar bertajuk Gerakan Teknologi Ramah Anak (Getra) di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, beberapa waktu lalu puluhan guru berpartisipasi untuk mengenal karakter generasi Z. Berikut tips mendidik generasi Z di Era Digital:

1. Jangan jauhkan anak dari gadget

Seringkali gadget dianggap sebagai hal negatif bagi anak. Padahal, gadget sama dengan benda lainnya yang memiliki dampak positif dan negatif. Jangan jauhkan anak dari gadget, namun bimbinglah mereka cara menggunakan gadget dan internet secara bijak dan positif. Karena setiap generasi harus dididik sesuai dengan zamannya.

2. Inovasi pembelajaran baru

Generasi Z tidak dapat menggunakan metode belajar konvensional seperti generasi-generasi sebelumnya. Perlu adanya inovasi dalam media pembelajaran yang lebih seru dan dekat dengan " Generasi Digital"

3. Optimalisasi Internet

Psikolog kenamaan, Dr. Reza Indragiri Amriel menjelaskan bahwa internet memberi kemudahan mengakses materi belajar. Tidak hanya itu, internet juga dapat meningkatkan proses belajar, pencerahan isu-isu penting dan komunikasi lintas budaya.

Seminar© Dream.co.id/ Ferdike Yunuri Nadya

Itulah beberapa tips mendidik generasi Z yang berkembang bersama teknologi. Setiap generasi harus dididik sesuai jamannya untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengubah dunia ke arah lebih baik lagi. (mut)

Beri Komentar