Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Manfaat Kunyit Putih Atasi Beragam Penyakit

9 Manfaat Kunyit Putih Atasi Beragam Penyakit Sakit Pada Sistem Pencernaan (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Kunyit putih adalah salah satu jenis rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai obat. Bahkan hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa kamu gunakan sebagai obat. Mulai akar sampai daunnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Zedoaria (Curcuma Zedoaria) ini adalah tanaman asli dari Indonesia dan India, sehingga bukan hal sulit untuk kamu jumpai di pasar-pasar tradisional.

Tidak hanya di Indonesia dan India saja, karena khasiatnya yang istimewa, beberapa negara lain pun muli membudidayakannya.

Misalnya saja beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Jika kamu lihat secara langsung, sebenarnya kunyit putih memiliki kemiripan dengan jahe. Bedanya, kunyit putih akan memberikan rasa pahit di akhir saat kamu mengonsumsinya.

Tidak jarang kunyit ini menjadi pelengkap masakan seperti halnya hidangan kari. Selain digunakan sebagai bumbu, kunyit putih juga menyimpan beragam khasiat yang manjur untuk mengatasi berbagai penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan, sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

Menghilangkan Rasa Sakit

Ilustrasi Sakit

Kunyit putih mengandung senyawa yang bernama curcumenol yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang ternyata lebih baik dibandingkan dengan aspirin.

Bahkan rempah yang satu ini sudah digunakan secara turun temurun dan sudah terbukti khasiatnya untuk mengatasi radang usus.

Selain itu, kunyit putih juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi asma. Di mana manfaatnya memiliki peran untuk menekan terjadinya peradangan di bagian bronkus yang menjadi penyebab sempitnya saluran udara.

Antimikroba Dan Antibakteri

Selain untuk menghilangkan rasa sakit, kunyit putih juga memiliki sifat yang antimikroba dan antibakteri. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian bahwa kunyit putih ampuh dalam melawan beragam bakteri yang menyebabkan penyakit.

Misalnya saja berupa E.coli yang menimbulkan gangguan pencernaan. Kemudian ada bakteri staphylococcus yang menimbulkan seslulitis, bisul, sepsi dan osteomyelitis.

Lalu ekstrak dari kunyit putih berperan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur aspergillus dan candida.

Kamu juga bisa membersihkan mulut dan mengusir bakteri-bakteri buruk di dalamnya dengan berkumur menggunakan kunyit putih.

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Masalah Jerawat Di Wajah

Jerawat menjadi masalah yang bisa membuat kamu bad mood. Ada berbagai macam produk yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya. Namun, kamu boleh mencoba menggunakan kunyit putih.

Hal ini karena di dalamnya terkandung antioksidan yang mampu untuk menangani masalah jerawat. Bahkan kunyit putih bisa kamu andalkan untuk mengatasi jerawat yang susah untuk dihilangkan.

Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti. Bahkan penyakit ini kerap kali diketahui jika sudah dalam stadium yang tinggi. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan kunyit putih.

Senyawa berupa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, serta flavonoid di dalam kunyit putih dinilai bisa mencegah penyebaran kanker di tubuh. Tidak hanya itu saja, herbal yang satu ini juga bisa untuk menghambat pertumbuhan kista.

Sebagai Penawar Bisa Ular

Ilustrasi Digigit Ulat

Jika suatu waktu kamu atau orang yang sedang bersamamu terkena gigitan ular, maka jangan panik dulu. Kamu bisa memanfaatkan kunyit putih sebagai penawar bisanya. Kunyit putih adalah bentuk pertolongan pertama yang mampu untuk menghambat racun ular di tubuh agar tidak cepat menyebar.

Keberadaan ketombe memang membuat kepala menjadi gatal. Hal ini pun membuat kamu tidak bisa nyaman menjalankan aktivitas karena rasa gatal itu. Solusi untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu menggunakan kunyit putih.

Caranya simpel sekali, yakni dengan menyediakan bubuk kunyit putih dan menaburkannya secara rata sembari diberi pijatan agar bubuk kunyit putih bisa meresap perlahan. Kemudian diamkan sekitar 15 menit dan bilas sampai bersih.

Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Awet Muda

Penuaan dini bisa ditandai dengan munculnya kerutan dan flek hitam di wajah. Jika kamu tidak ingin mengalami masalah penuaan dini, gunakan saja kunyit putih.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa menjadikan kunyit putih sebagai masker. Dengan pemakaian yang rutin, kamu bisa merasakan kulit wajahmu akan tampak awet muda.

Kandungan berupa curcuminoids di dalam kunyit putih memiliki peran sebagai anti alergi. Sehingga bisa mengatasi gejala-gejala dari reaksi alergi di kulit.

Kunyit putih nantinya akan bekerja untuk menghambat protein yang memicu terjadinya peradangan serta mencegah pelepasan histamin. Histamin sendiri adalah zat kimia yang menjadi pendorong reaksi alergi.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi Masalah Pencernaan

Manfaat kunyit putih yang terakhir adalah bisa untuk menjaga kesehatan pencernaan. Orang tua zaman dahulu pun cukup populer dengan pengobatan tradisional ini. Di mana kandungan tepung yang berasal dari akar kunyit putih sangatlah efektif untuk meredakan tingkat keasaman pada cairan lambung.

Dengan begitu, kunyit putih pun bisa untuk mengatasi keluhan tukak lambung. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus kunyit putih bersama air, kemudian kamu minum air rebusannya.

Itulah 9 manfaat kunyit putih yang bisa Sahabat Dream dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Dan yang pasti obat alami ini aman untuk kamu konsumsi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Selain membuat tubuh terasa lebih segar, kopi hitam diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui apa manfaat kopi yang bisa membantu proses tersebut.

Baca Selengkapnya
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya