Manfaat Air Beras Untuk Wajah, Rambut, Kesehatan Hingga Tanaman

Reporter : Sugiono
Jumat, 5 Oktober 2018 07:16
Manfaat Air Beras Untuk Wajah, Rambut, Kesehatan Hingga Tanaman
Berbagai manfaat air beras atau air cucian beras untuk wajah, rambut, kesehatan, kulit hingga tanaman. Manfaat air beras juga bisa untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Dream - Setiap hari kita pasti memasak nasi di mana air untuk mencuci beras biasanya akan dibuang begitu saja.

Padahal, manfaat air bekas cucian beras ternyata cukup banyak. Eendapan air cucian beras ataupun air dari beras yang dimasak ternyata mengandung banyak nutrisi.

Manfaat air beras tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Lalu, apa saja manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan?

Ternyata kulit wajah, tubuh, dan rambut bisa dirawat menggunakan bahan alami yang mudah didapat ini. Manfaat air beras juga bisa untuk bayi dan tanaman.

Dirangkum dari berbagai sumber, Dream akan mengulas berbagai manfaat air beras atau air cucian beras untuk wajah, rambut, hingga tanaman.

Manfaat air cucian beras untuk wajah

Apa saja manfaat endapan air cucian beras untuk kulit wajah? Ternyata air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit wajah maupun tubuh.

Berikut Dream tampilkan aneka manfaat endapan air cucian beras untuk wajah.

  1. Meningkatkan pertumbuhan sel kulit
  2. Menyehatkan kulit dengan memperlancar peredaran darah
  3. Mengecilkan pori-pori
  4. Meredakan iritasi dan menenangkan kulit berjerawat
  5. Penangkal radikal bebas
  6. Mencegah pigmentasi atau mencerahkan kulit
  7. Memudarkan flek hitam
  8. Memperbaiki tekstur kulit
  9. Meringankan peradangan kulit
  10. Menyamarkan garis halus dan kerutan dini
  11. Memudarkan bekas luka
  12. Mengatasi kelebihan minyak

1 dari 6 halaman

Manfaat air beras untuk peremajaan kulit

Dilansir The Epoch Times, beras termasuk bahan alami dengan vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel. Ini diperlukan untuk meremajakan kulit.

Berikut adalah manfaat air beras untuk peremajaan kulit:

1. Menyehatkan kulit dengan memperlancar peredaran darah

Inositol juga berguna untuk merangsang peredaran darah di area kulit. Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu syarat kulit sehat. Jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan ke seluruh bagian sel.

2. Mengecilkan pori-pori

Kandungan dalam air beras juga bisa membantu mengecilkan pori-pori yang lebar.

3. Meredakan iritasi dan menenangkan kulit berjerawat

Manfaat air beras yang berikutnya adalah menenangkan kulit yang berjerawat dan iritasi. Semua itu karena kandungan allantoin di dalamnya.

4. Menangkal radikal bebas

Dilansir Allure, ferulic acid adalah antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti beras. Ferulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

5. Mencegah pigmentasi atau memutihkan kulit

Air beras mengandung oryzanol, kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi atau dengan kata lain manfaat air beras adalah untuk memutihkan kulit.

6. Memudarkan flek hitam

Manfaat air beras yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat.

7. Memperbaiki tekstur kulit

Jika difermentasi, air beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya dapat menjadikan kulit bening bercahaya.

8. Meringankan peradangan kulit

Allantoin dan pitera juga bisa membantu meringankan peradangan pada kulit. Jadi baik digunakan sebagai air bilasan, toner, atau pendingin wajah.

9. Menyamarkan garis halus dan kerutan dini

Inositol dan ferulic acid dalam air beras akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan yang muncul secara dini.

10. Memudarkan bekas luka

Air cucian beras juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Ini karena kandungan oryzanol dan pitera di dalamnya.

11. Mengatasi kelebihan minyak

Manfaat air beras yang terakhir adalah membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Mencuci muka dengan air beras akan membantu mengatasi minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajah.

2 dari 6 halaman

Manfaat air cucian beras untuk wajah berjerawat

Air beras mengandung allantoin. Ini adalah senyawa antibakteri yang ampuh untuk menenangkan kulit berjerawat. Peradangan yang biasa terjadi saat berjerawat juga bisa diredakan dengan bilasan air beras.

Sementara bagi yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat juga bisa mendapatkan manfaat air beras karena sifatnya yang mengontrol minyak dan memperkuat pertahanan kulit terhadap radikal bebas.

Manfaat air cucian beras sebagai masker

Air cucian beras biasanya dimanfaatkan sebagai air mencuci muka atau toner. Tetapi manfaat air cucian beras sebagai masker juga tak kalah hebatnya. Kamu bisa mengganti air suling atau air mawar dalam cara membuat masker tradisional dengan air beras yang higienis.

Manfaat air beras yang sudah dicampurkan dengan bahan-bahan masker seperti minyak zaitun, alpukat, dan teh hijau adalah sebagai astringent atau penyejuk kulit. Selain itu juga membantu mencerahkan, mengatasi kulit berminyak, dan menyehatkan kulit.

3 dari 6 halaman

Manfaat air cucian beras untuk rambut

Tak hanya untuk kulit dan tubuh, manfaat air beras juga bisa diambil untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Sebab nutrisi di dalam air beras memang baik untuk keduanya.

Apa saja manfaat air beras untuk kecantikan rambut? Berikut ini kami paparkan aneka manfaat air beras untuk rambut dan kulit kepala, dilansir dari Boldsky.

Menyuburkan rambut

Manfaat air beras yang pertama adalah meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

Menjadikan rambut bercahaya

Ingin rambut bercahaya? Buat campuran air beras dan air mawar. Gunakan untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut.

Mengatasi ketombe

Kulit dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Membilas kulit kepala dengan air beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit.

Menghilangkan kutu

Manfaat air beras yang tidak banyak banyak diketahui adalah membunuh kutu rambut berikut larvanya. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas rambut.

Mengatasi rambut bercabang

Manfaat air beras yang terakhir adalah mengatasi rambut bercabang. Celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

Itulah manfaat air beras untuk perawatan rambut dan kulit kepala, kesehatan, dan kecantikan kulit.

4 dari 6 halaman

Manfaat minum air beras

Sejak dulu, air beras dipercaya sebagai sumber gizi terbaik. Pemberian air rebusan beras yang ditanak merupakan bagian dari tradisi di China, Jepang, India, dan Indonesia.

Konon bahkan bisa membantu menaikkan bobot pada penderita gizi buruk. Namun benarkah manfaat air beras memang sebesar itu?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami tampilkan manfaat air beras dari kukusan nasi untuk kesehatan tubuh, dilansir dari The Health Site.

Sebagai sumber energi

Di Jepang air dari beras yang ditanak disebut kanji. Manfaat air beras jenis ini adalah sebagai pelengkap kebutuhan energi, terutama kebutuhan karbohidrat.

Mencegah sembelit

Air rebusan beras kaya akan serat larut yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat ini juga membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang penting bagi pencernaan.

Mencegah dehidrasi

Manfaat air beras dari kukusan nasi adalah membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat cuaca panas. Dengan begitu tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.

Sebagai nutrisi untuk pemulihan setelah sakit

Manfaat air beras dari tanakan nasi atau tajin yang lain adalah membantu menggantikan nutrisi untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, terutama sakit demam.

Meringankan diare

Manfaat air beras tajin yang terakhir adalah sebagai obat rumahan untuk diare bagi orang dewasa dan anak-anak.

Itulah berbagai manfaat air beras untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat air beras yang ditanak, pastikan untuk menggunakan beras organik yang bebas pemutih dan pewangi.

5 dari 6 halaman

Manfaat air rebusan beras untuk bayi

Air yang diambil dari proses memasak nasi biasanya disebut tajin. Air beras dalam bentuk tajin ini dipercaya oleh orang zaman dulu sebagai pengganti asi dan sumber segala gizi. Benarkah demikian?

Agar tak salah kaprah, berikut ini kami tampilkan manfaat air beras rebusan untuk kesehatan bayi, dilansir dari CureJoy.

Untuk inisiasi makanan padat

Tajin tidak bisa menggantikan ASI, karena nutrisinya masih kurang lengkap. Namun manfaat air beras seperti ini adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan makanan padat pada bayi di atas usia 6 bulan.

Sumber vitamin B

Air beras merupakan sumber vitamin B, antara lain thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6. Ketiganya berfungsi membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi dan melancarkan fungsi beberapa organ tubuh, misalnya penglihatan, otak, sistem saraf, dan pencernaan.

Menenangkan kulit penderita eksim

Kadang anak-anak menderita penyakit kulit berupa eksim. Manfaat air beras di sini adalah mendinginkan kulit dan meredakan rasa gatal. Penelitian menemukan bukti bahwa mandi dengan air beras 15 menit setiap hari bisa meningkatkan kecepatan pemulihan iritasi kulit hingga 20 persen.

Mengendalikan diare

Sebuah penelitian menemukan bukti bahwa air beras lebih efektif dalam mengendalikan diare serta mengurangi volume dan frekuensi diare pada bayi.

Demikian manfaat air beras yang ditanak untuk bayi dan anak-anak. Harap diingat, air beras tanak atau tajin hanya berfungsi sebagai pelengkap gizi, bukan pengganti makanan.

6 dari 6 halaman

Manfaat air cucian beras untuk tanaman

Sudah banyak yang mengaplikasikan dan membuktikan manfaat air cucian beras untuk tanaman. Limbah organik ini sering kita buang begitu saja, karena dianggap kotoran yang tidak bermanfaat.

Padahal, air cucian beras sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman dan kesuburan tanah di sekitarnya. Selain nutrisi, air cucian beras atau air leri juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman.

Mengapa air cucian beras bagus untuk tanaman? Komposisi air beras selain 90% karbohidrat yang berupa pati, juga mengandung vitamin, mineral dan protein. 80% protein beras disebut protein glutein.

Kualitas protein glutein cenderung berupa zat lisin, yang merupakan asam amino essensial pembatas. Adapun penjelasan air beras di beberapa literatur hanya mengandung karbohidrat dan pati.

Tapi kalau menjabarkan 100% karbohidrat dalam jumlah tinggi akan membentuk proses terbentuknya hormon pertumbuhan berupa auksin, gibbereline, dan alanin.

Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang.

Sementara dari struktur mikrobiologi, air cucian beras juga punya keanekaragaman bakteri antagonis, artinya bisa melawan bakteri jahat/patogen. Bakteri antagonis ini juga dapat menginvasi sel telur hama kutu-kutuan menjadi pecah sebelum waktunya.

Maka tidak heran jika manfaat air cucian beras untuk tanaman benar-benar nyata. Daun yang selalu disiram dengan air cucian beras sebagai pupuk cair hayati cenderung sehat dan subur.

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari bahan alami ini, gunakan beras organik yang tidak ditambahkan bahan-bahan lain. Semoga bermanfaat.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah