Olahraga Ringan Dapat Cegah Kanker Payudara

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 1 Agustus 2019 14:48
Olahraga Ringan Dapat Cegah Kanker Payudara
Olahraga yang seperti apa?

Dream - Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit tertinggi yang menyerang para perempuan di Indonesia. Ahli kesehatan masyarakat, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH. menyampaikan kekhawatirannya melihat meningkatnya pasien penderita kanker payudara tahap lanjut di Indonesia.

Menurut Hasbullah, kanker payudara sebetulnya masih bisa diobati jika dapat dideteksi saat stadium awal. 

“ Sangat baik apabila kita bisa meningkatkan pemahaman pentingnya mencegah dan melakukan deteksi dini secara regular,” ujar Hasbullah di acara peluncuran aplikasi Pink Virtual Marathon, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2019.

 Pink Virtual Marathon

Foto: Pink Virtual Marathon/Dream.co.id-Alfi Salima

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara adalag rutin berolahraga, ringan maupun berat, sedikitnya selama tiga jam per minggu.

“ Sebagai organisasi yang ingin membantu menyelamatkan lebih banyak masyarakat Indonesia dari kanker payudara, kami akan menggelar fun walk dan pink virtual marathon bertajuk Indonesia Goes Pink 2019,” ujar Samantha Barbara, Ketua Lovepink, pada kesempatan yang sama.

Sebagai oelahraga ringan, fun walk ini diharapkan dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara bersama kerabat dan sahabat.

Selain itu, Pink Virtual Marathon dapat mendorong sosialisasi sekaligus memberikan dukungan moral bagi pasien penderita kanker payudara.

1 dari 5 halaman

2 Aktivitas Pengganti Olahraga, Cuma Butuh Semenit!

Dream - Jika ingin hidup sehat, tidak ada alasan apapun yang menghalangimu untuk berolahraga setiap hari.

Tapi, terkadang sulit menemukan waktu berolahraga di tengah jadwal yang padat. Belum lagi, membayangkan berapa banyak energi yang diperlukan saat berolahraga.

Walau begitu, olahraga tetap aktivitas penting untuk dilakukan. Beberapa penelitian membuktikan dengan berolahraga rutin, kamu bisa menurunkan berat badan, meredakan stres dan membantumu memperpanjang masa hidup.

Yang perlu dilakukan hanyalah memanfaatkan 45-50 menit waktu olahraga secara efektif.

2 dari 5 halaman

Cuma Butuh Waktu Semenit

Sebenarnya, kamu bisa melakukan olahraga dalam waktu yang lebih singkat dan efektif. Penelitian membuktikan bahwa melakukan Interval Training dalam semenit bisa berdampak besar bagi tubuh.

Dalam semenit, otot perutmu akan lebih kuat seperti berolahraga 45 menit. Jadi, kamu bisa berolahraga efektif meskipun memiliki waktu sangat terbatas.

  shutterstock

Untuk penelitian tersebut, seorang peneliti dari universitas di Kanada meneliti 25 orang yang kelebihan berat badan dan meminta mereka berlari cepat.

Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk berolahraga intens seperti lari cepat dengan waktu istirahat 10 menit dan dilakukan selama 12 minggu.

Sedangkan kelompok lainnya diminta melakukan olahraga dengan intensitas lebih rendah seperti jogging.

3 dari 5 halaman

Hasil Penelitiannya Mengejutkan

Setelah diteliti, kekuatan otot, kesehatan jantung dan kelincahan mereka diperiksa.

Hasilnya membuktikan bahwa tidak ada perbedaan dari orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi maupun rendah. Kondisi tubuh mereka tetap sama.

  shutterstock

Terlepas dari aktivitasnya, cara berolahraga pun berpengaruh pada tubuh. Ketika kamu melakukan olahraga dalam waktu singkat dan dilanjutkan dengan akivitas simpel, tubuhmu akan jauh lebih sehat serta segar.

Jenis olahraga yang bisa memberikan manfaat maksimal tanpa memakan waktu banyak untuk pergi ke gym adalah naik-turun tangga dan lompat tali.

4 dari 5 halaman

Naik-Turun Tangga

Ini merupakan aktivitas yang bisa dilakukan dimana saja, bahkan di dalam rumah. Kamu tidak perlu keluar rumah atau mencari alat tambahan.

Jika tidak berhasil menemukan tangga, kamu bisa menggunakan kursi dan melakukan gerakan naik-turun berulang kali. Selain membuat tubuh sehat, aktivitas ini bisa memperpanjang usia.

Lompat Tali

Kalau punya waktu yang cukup banyak, kamu bisa bermain lompat tali di luar rumah. Lakukan pemanasan singkat, lalu berolahraga lompat tali secepat yang bisa kamu lakukan selama 20 detik. Berhenti sebentar dan ulangi minimal 3 kali.

Sumber: Times of India

5 dari 5 halaman

Bahan Pakaian yang Nyaman Saat Berolahraga

Dream - Selain menyegarkan tubuh, olahraga bikin metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif.

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan energi panas dan menghasilkan keringat yang membasahi kulit badan. Tak jarang, baju yang kita kenakan juga turut kuyup.

Untuk itu, saat berolahraga Sahabat Dream pastikan memilih baju olahraga yang nyaman dan dapat menyerap keringat.

Sebagai merek yang pertama kali merevolusi pasar pakaian olahraga pada 1996, Under Armour kembali hadir dengan inovasi baru bekerja sama dengan Celliant.

RUSH & Recovery merupakan lini pakaian olahraga terbaru yang dirancang untuk meningkatkan performa saat latihan dan membantu proses pemulihan energi.

  RUSH & Recovery

(Foto: RUSH & Recovery/Alfi Salima Puteri)

Koleksinya dirancang menggunakan bahan yang responsif sehingga dapat menyerap energi yang dikeluarkan tubuh, lalu diubah menjadi energi inframerah dan dipancarkan kembali ke tubuh.

“ Partikel di dalamnya membawa kebaikan bagi tubuh, termasuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan energi untuk memberi perfomance yang berbeda”, ungkap Syukri Azman, Product Trainer Under Armour Southeast Asia di Jakarta, kemarin. 

  RUSH & Recovery

Energi daur ulang tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah lokal, performa dan pemulihan energi. Selain itu, RUSH & Recovery sangat mudah dirawat.

" Baju ini setelah dicuci cukup digantung kering. Dia dry fast dan tanpa disetrika bisa langsung lurus tidak kusut," ujar Agham Rinaldi, Brand Manager Under Armour Indonesia.

Koleksi RUSH & Recovery ini tersedia untuk ukuran wanita dan pria, lho! Yuk intip sekarang juga koleksinya (ism, Laporan : Alfi Salima Puteri)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone