Putri Denada Idap Leukimia, Kenali 10 Tandanya Pada Anak

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 17 Juli 2018 15:05
Putri Denada Idap Leukimia, Kenali 10 Tandanya Pada Anak
Kanker pada anak memang cenderung sulit dideteksi.

Dream - Putri penyanyi Denada, Shakira Aurum yang masih berusia 5 tahun dinyatakan mengidap kanker darah atau leukimia. Kini Shakira sedang menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Singapura.

Awalnya, penyanyi berusia 39 tahun ini tidak mengetahui penyakit yang diderita putrinya itu. Hal itu disampaikan oleh sahabat sekaligus produser Denada bernama Risna Ories.

Menurut Risna, Shakira mulai sakit dan dirawat sekitar satu setengah bulan yang lalu. Risna lalu mengatakan tentang kondisi Shakira saat diketahui sakit, dari demam dan badannya lebam.

Kanker pada anak memang cenderung sulit dideteksi. Anak maupun bayi belum bisa menceritakan gejala atau nyeri yang dialaminya.

Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam mengenali tanda-tanda dan gejala kanker pada anak sehingga kemungkinan untuk penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi jauh lebih besar.

Berikut 10 tanda jika anak terkena leukimia;

1 dari 4 halaman

Nafsu Makan Turun, Lalu

1. Mudah memar

Usia anak memang sangat aktif dan sering menghabisakan waktu untuk bermain di luar ruangan. Aktivitas tersebut bisa menyebabkan anak mendapat luka memar.

Namun, jika anak mudah memar dengan benturan lembut atau benda tumpul, maka orangtua harus waspada. Pasalnya hal itu bisa menjadi tanda adanya leukimia.

2. Hidung sering berdarah

Jika anak sering mengalami hidung berdarah tanpa penyebab yang pasti kamu harus waspada.

Pasalnya, pembuluh darah di hidung menjadi lebih lemah dan cenderung mudah pecah saat anak-anak terjangkit penyakit leukimia.

3. Nafsu makan turun

Jika tiba-tiba nafsu anak turun drastis dan tak seperti biasanya, maka itu bisa jadi tanda leukimia.

Ketika anak terkena leukimia, sel-sel mulai menumpuk di perut dan limpa. Hal tersebut menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan pencernaan sehingga mengurangi rasa lapar.

2 dari 4 halaman

Sering Infeksi

4. Sering infeksi

Leukimia mempengaruhi sel darah putih dan mulai menghancurkannya secara perlahan. Sel darah putih sangat penting untuk menemukan penyakit dan penyebab infeksi.

Gejala leukimia ini dapat menurunkan kekebalan tubuh.

5. Sakit Perut

Banyak anak mengalami sakit perut akibat gangguan pencernan dan gas.

Namun, jika sang anak mengeluhkan sakit perut yang hebat tanpa adanya gangguan pencernaan maka bisa jadi sel leukimia yang terakumulasi di perut telah mempengaruhi jaringan perut.

6. Masalah Pernafasan

Jika ada sel kanker dalam darah karena leukimia, maka sel tersebut akan mulai menghancurkan sel-sel paru-paru. Sehingga menyebabkan masalah pernafasan.

3 dari 4 halaman

Mengeluhkan Nyeri

7. Nyeri

Jika anak mengeluhkan nyeri sendi, lutut, siku, punggung, dan bagian tubuh lainnya, maka hal ini merupakan tanda leukimia.

Penumpukan sel kanker dalam darah di sekitar sendi bisa menyebabkan radang dan nyeri.

8. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana sel darah merah dalam tubuh menurun dan menyebabkan kelemahan.

Jika kamu mendapati anak mengalami gejala anemia seperti pusing, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain maka segera lakukan tes darah.

Jika hasil tes darah menunjukkan positif anemia, maka lakukan pemeriksaan leukimia juga.

4 dari 4 halaman

Pembengkakan

9. Pembengkakan

Jika ada pembengkakan pada bagian tubuh anak seperti ketiak, persendian, leher, tulang selangka dan lain-lain, maka ini merupakan tanda-tanda anak terkena leukimia.

Sel kanker dapat mempengaruhi kelenjar getah bening yang terletak di area tubuh ini dan alami pembengkakan.

10. Mudah Sakit

Anak lebih mudah mengalami infeksi yang disebabkan sel darah putih yang menurun.

(Berbagai sumber)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri