CONNECT WITH US!

Sahur Benar, Puasa Bugar

Reporter : Dwi Ratih | Senin, 19 Juni 2017 06:30
(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Asupan makanan dalam tubuh memang berkurang dibanding hari biasanya.

Dream - Tantangan fisik selama puasa bukan hanya lapar dan haus tetapi juga lemas dan mengantuk. Asupan makanan dalam tubuh memang berkurang dibanding hari biasanya. Inilah yang membuat aktivitas kita menjadi terganggu.

Namun ternyata lemas saat puasa bukan hanya karena kita tidak makan seharian tetapi lebih pada pilihan makanan yang tak tepat. Menu sahur yang lebih banyak karbohidrat dan lemak dibanding vitamin dan serat akan membuat kita cepat lapar dan lemas.

Vitamin dan serat yang ada pada sayuran dan buah-buahan lama diserap dalam tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Saat di siang hari, kita masih menyimpan cadangan makanan di dalam tubuh.

Mengonsumsi vitamin C sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa. Vitamin ini sebaiknya yang berasal dari buah seperti jeruk, lemon, tomat, bukan dalam bentuk kapsul.

Setelah makan sahur, sebaiknya tidak langsung tidur. Hal ini bisa menyebabkan perut terasa begah dan bangun menjadi tak nyaman. Jika ingin tidur setelah sahur sebaiknya menunggu salat subuh terlebih dahulu.

Minum air putih dianjurkan untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya selama puasa tetap minum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari. Dua gelas setelah berbuka, empat gelas malam hari hingga sebelum tidur, dan tiga gelas saat sahur.

 Shutterstock

Sahabat Dream, untuk menambah kebugaranmu selama berpuasa, minumlah Larutan Penyegar Cap Badak saat imsak atau sebelum subuh. Minuman herbal yang dikemas secara modern ini mengandung ramuan berkhasiat mencegah panas dalam.

Ayo jaga kebugaran selama berpuasa dengan Larutan Penyegar Cap Badak.

 LPCB

Rinaldi Nurpratama, Kakak Raisa yang Sukses di Usia Muda