Sangat Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 17 September 2021 06:48
Sangat Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8
Lihat video latihan pernapasan.

Dream – Tidak semua orang bisa tertidur dengan cepat. Beberapa orang kesulitan untuk tidur sampai mengalami frustasi. Bagi Sahabat Drema yang sangat sulit untuk bisa tidur cepat apalagi sampai pulas, coba teknik 4-7-8.

Dokter Jo seorang dokter terapis fisik, menunjukkan latihan pernapasan sederhana yang ia rekomendasikan kepada pasiennya. Latihan ini diklaim dapat membantu seseorang tertidur dengan baik dan cepat daripada menghabiskan berjam-jam menatap langit-langit atau menghitung domba.

Jo menyebutnya teknik 4-7-8 yang berarti menghirup selama 4 detik, menahan napas selama 7 detik, dan menghembuskannya selama 8 detik.

“ Saat menarik napas, kita hanya akan bernapas dengan lembut dan normal melalui hidung. Lalu, tahan selama 7 detik,” katanya.

 

1 dari 5 halaman

Ia menjelaskan ketika mengembuskan napas, pastikan mengerucutkan bibir dan membuat suara mendesing selama 8 detik meski terkadang tidak mencapai waktu selama itu. Tetapi, semakin sering dilakukan, maka akan semakin terbiasa.

Jo menyarankan berbaring telentang saat melakukan latihan pernapasan ini untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

“ Coba mulai lakukan, mungkin saat baru memulai hanya ingin melakukan 2 hingga 3 pengulangan. Tapi, pada akhirnya ada akan melakukannya hingga mungkin 8 kali,” ujar dr. Jo.

 

2 dari 5 halaman

Lihat video pernapasan 4-7-8

Pada awal percobaan mungkin akan sulit untuk dilakukan, tapi jika dilakukan rutin teknik ini bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Dibutuhkan beberapa kali latihan secara konsisten agar terbiasa. Jangan lupa, pastikan menerapkan teknik 4-7-8 ini dengan aman dan nyaman.

 
Laporan: Elyzabeth Yulivia

3 dari 5 halaman

Viral di TikTok Air Selada Bikin Cepat Tidur, Cari Tahu Faktanya

Dream – Banyak faktor yang membuat orang sulit tidur nyenyak. Bisa karena faktor fisik atau psikologis. Seperti kita tahu tidur adalah kebutuhan dasar.

Saat sulit tidur, keesokan harinya mata akan sangat mengantuk, badan kelelahan dan mood jadi berantakan.

Sahabat Dream juga mungkin pernah mengalaminya. Rupanya viral di TikTok, cara simpel mengatasi sulit tidur, yaitu cukup dengan minum air rebusan daun selada.

Air selada© TikTok

Sebuah video diunggah akun TikTok @shapla_11. Perempuan itu menunjukkan bagaimana membuat air seduhan daun selada. Dia menambahkan teh peppermint karena dia berkata, “ aku takut rasanya tidak enak”. Ia lalu mengungkap kalau drinya merasa ngantuk setelah beberapa saat meminumnya.

 

4 dari 5 halaman

Komentar netizen

Video tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen seperti, “ ibuku biasanya melakukan ini untukku, merebus air dan meninggalkannya di panci selama 5 menit. Selalu berhasil untukku dan itu semua alami”.

“ Jauh lebih murah daripada permen karet melatonin,” ujar yang lain.

Banyak warganet mengatakan, mereka berencana mencoba air selada untuk membantu tidur di malam hari. “ Saya menderita insomnia parah, jadi saya akan coba secepatnya,” tulis salah satu komentar.

 

@shapla_11

if you can’t sleep, try this ##lettucewater ##insomnia ##lifehacks ##fyp

♬ Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod

 

5 dari 5 halaman

Pendapat ahli

Mengingat ini adalah saran dari TikTok, perlu untuk menanyakan pendapat ahli. Apakah ini benar? " Ya dan tidak" , kata Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, dikutip dari Health.

Penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It ini menjelaskan, selada mengandung sesuatu yang disebut lactucarium yang bisa membuat seseorang mengantuk.

“ Daun ini memiliki struktur yang mirip dengan opium dan memiliki beberapa sifat obat penenang,” katanya.

Lalu apakah selada bisa membuat seseorang tertidur? Mungkin saja, sebab selada mengandung lactucarium dan itu bisa membuat rasa mengantuk. Winter mengatakan, rendam selada dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

“ Jumlah lactucarium yang didapatkan dari empat hingga lima daun selada, sepertinya tidak banyak membantu. Tetapi, kehangatan air itu sendiri yang bisa membuat anda mengantuk bersama dengan efek plasebo yang sehat," ujarnya.

Jika menyukai minuman hangat, dr. Winter menyarankan untuk menggunakan teh yang mengandung chamomile atau valerian. “ Minum secangkir teh setiap malam sekitar satu jam sebelum tidur untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur,” ungkapnya.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar