Tak Perlu Minum Susu Tiap Hari, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 29 Februari 2020 15:02
Tak Perlu Minum Susu Tiap Hari, Ini Alasannya
Sebelumnya, susu dianggap 'penyempurna' gizi harian. Padahal tak selalu demikian.

Dream - Konsep gizi ‘4 sehat 5 sempurna’ sebagai panduan gizi optimal, kini tak berlaku lagi. Sudah digantikan dengan 'Isi Piringku' yang menekankan pada porsi sepiring makanan yang harus dipenuhi dengan karbohidrat, serat, protein dan vitamin.

Sebelumnya, susu dianggap 'penyempurna' gizi harian. Padahal tak selalu demikian. Kita bisa mendapat asupan protein dari sumber lain, seperti ikan, daging, ayam dan kacang-kacangnya.

" Secara nutrisi kita tak bisa pungkiri bahwa susu memang adalah paket komplet karena simpel, sudah ada protein, kalsium dan vitamin mineral juga,” ujar Aldis Ruslialdi, SKM, SNWC, Head and Health Committee Nutrifood, di Jawa Barat beberapa hari lalu.

 

 

1 dari 5 halaman

Tak Masalah Jika Tak Minum Susu

Banyak orang tak suka susu atau mengalami alergi susu. Bila susu dihilangkan dari asupan harian, sebenarnya tak masalah.

 Kurma dan Susu© MEN

" Susu diartikulasikan ke sumber protein dan sumber kalsium mineral yang ada di buah sayur yang ada di lauk pauk nabati dan hewani,” ungkap Aldis.

Susu memang memiliki kandungan yang lengkap. Penting diketahui, nutrisi yang ada pada susu bisa dipenuhi dari menu harian yang kaya protein. Olahan telur, ikan, daging, ayam, bisa jadi pilihan.


Laporan: Shania Suha Marwan

 

 

2 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Dream - Susu merupakan minuman andalan untuk memenuhi nutrisi tubuh. Ada beberapa jenis susu yang beredar di pasaran seperti, susu segar, susu UHT, dan susu bubuk. Diantara ketiga susu tersebut yang mengandung paling banyak nutrisi adalah susu segar.

 © Dream

Susu segar memang mengandung paling banyak nutrisi tapi di samping itu susu ini memiliki waktu konsumsi yang paling sebentar dan paling mudah basi. Lalu bagaimana menyimpan susu segar agar tahan lebih lama?

" Susu fresh milk yang sudah dibuka harus disimpan dikulkas, memang harus suhu rendah supaya tidak cepat basi,” kata dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang pakar nutrisi saat ditemui di Pabrik PT Greenfields, Malang, beberapa waktu lalu.

 

 

3 dari 5 halaman

Tahan 4 hingga 7 Hari

Biasanya susu segar yang berada di kemasan dari pertama kali mereka dikemas hingga mencapai masa kadaluarsa 40 hari setelahnya selama masih belum dibuka. Jika susu segar sudah dibuka dan terkena udara biasanya susu segar dapat bertahan sampai 4-7 hari.

 Lemak Susu Bikin Gemuk?© MEN

Cara penyimpanan yang paling penting adalah susu segar harus selalu berada di suhu rendah biasanya sekitar 1 hingg 4 derajat celcius. lalu susu segar juga harus selalu ditutup secara rapat agar susunya tidak terkena udara. Jika sudah melakukan kedua hal itu seharusnya susu sapi segar dapat bertahan hingga 1 minggu

" Kalau itu ditutup rapat dan dikulkas seharusnya itu tidak cepat basi bisa sampai 4 hari hingga 1 minggu ," kata Dr Matthew.

Laporan: Shania Suha Marwan

4 dari 5 halaman

Alergi Susu Sapi Bisa Serang Segala Usia

Dream - Lactose intolerant atau yang biasa dikenal dengan alergi susu sapi seringkali jadi dilema bagi setiap orang, terutama para ibu.

Biasanya, lactose intolerant mulai dialami di usia dini. Namun ternyata kondisi tersebut juga bisa muncul ketika beranjak dewasa.

 © Dream

Hal ini disebabkan kurangnya kebiasaan minum susu sehingga produksi enzim untuk memecah laktosa pun berkurang seiring bertambahnya usia.

" Di Asia, sekitar 80-100 persen penduduknya mengalami lactose intolerant. Dan sebagian besar adalah lactose intolerant primer yaitu yang enzimnya cukup ketika lahir tapi karena nggak minum susu, tubuh berhenti menghasilkan enzim laktase," ungkap Nutrisionist, Haekal Anshari di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2019.

5 dari 5 halaman

Tak Suka Susu? Ini Gantinya

Jika tidak menyukai susu, kamu bisa menggantinya dengan yogurt. Selain meningkatkan kesehatan pencernaan, bakteri baik yang terkandung pada yogurt mampu menurunkan risiko lactose intolerant.

 shutterstock© shutterstock.com

" Karena bakterinya memecah laktosa, jadi bisa menurunkan risiko lactose intolerant. Selagi tetap mendapatkan manfaat yang sama seperti susu seperti vitamin dan mineral untuk kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan daya tahan tubuh," tutupnya. (ism)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'