Intip Kegiatan Jemaah Haji Jelang Wukuf di Arafah, Perbanyak Lantunan Doa dan Dzikir

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 8 Juli 2022 19:07
Intip Kegiatan Jemaah Haji Jelang Wukuf di Arafah, Perbanyak Lantunan Doa dan Dzikir
Para jemaah mengisi waktunya jelang wukuf dengan sholat sunnah dan dzikir.

Dream - Sebagian jemaah haji akan menjalani wukuf di Arafah. Terpantau pada Jumat, 8 Juli 2022 para jemaah mengisi waktunya jelang wukuf dengan sholat sunnah dan zikir. 

Seperti dua jemaah haji asal Gresik, Jawa Timur, yakni Nisa Faqih Hairani (53) dan Ihwani (47) di tenda Maktab 6, Tenda 1, Kloter 21 SUB. Mereka mengatakan aktivitas yang dilakukan seperti jemaah lain yakni melakukan sholat sunah dan dzikir semenjak tiba di Arafah.

Nisa mengaku berdoa meminta diberi keselamatan dunia akhirat. " Untuk negara jangan terpecah belah umat. Rukun, damai, jangan berantem. Doa yang terbaik untuk Indonesia," kata dia.

Untuk persiapan wukuf tersebut, Nisa membawa sejumlah baju ganti, makanan, obat dan master. " Bawa vitamin juga," kata Nisa yang mendaftar haji pada 2011.

1 dari 3 halaman

Demikian yang dilakukan Agus Subagio. Jemaah ini mengisi waktu jelang wukuf Arafah dengan membaca Alquran, dzikir, dan sholat. Dia juga mendoakan yang ditinggal di rumah sakit, sanak keluarga, serta teman handai taulan.

" Ucapan terima kasih mendoakan kita naik haji. Saling mendoakan. Mendoakan diri saya dan keluarga, barokah umur, rezeki, dijauhkan dari segala penyakit Indonesia umumnya," tambah Agus.

Pantauan di sejumlah tenda dan luar tenda, banyak pula yang membaca Alquran, dzikir dan sholat.

wukuf di arafah© (Foto: Liputan6.com/Mevi Linawati)

Sementara itu, penampakan tenda jemaah haji asal Indonesia tampak dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti karpet, kasur busa serta bantal. Masing-masing jemaah juga diberikan selimut. AC yang terpasang di sejumlah sudut tenda membuat udara di dalam terasa sejuk.

Sementara itu berdasarkan data per Kamis, 7 Juli 2022, ada 134 jemaah haji yang akan disafariwukufkan. Sedangkan jemaah yang akan dibadalhajikan ada 56.

Sumber: Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Puncak Haji, Jemaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam 3 Tahap

Dream - Rombongan jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Mekah ke Arafah pada Kamis, 7 Juli 2022. Nantinya pemberangkatan para jemaah haji itu akan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan berangkat pada pukul 07.00 - 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tahap kedua pukul 10.00 - 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 - 17.00.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Mukhammad Khanif mengatakan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah dengan 16 bus yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

" Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor, tapi per maktab. Jadi, maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab. Semua maktab akan memberangkatkan, jadi kita memiliki urutan maktab dari 1-44," katanya.

3 dari 3 halaman

Masing-masing maktab, katanya, akan memberangkatkan jemaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jemaah haji di sektor.

Dengan begitu diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS, seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan dari Mekah ke Arafah.

" InsyaAllah pukul 17.00 jemaah sudah berangkat semua dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jemaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," katanya.

Untuk memastikan semua jemaah diberangkatkan ke Arafah, petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jemaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jemaah telah berangkat ke Arafah.

Setelah dinyatakan tidak ada lagi jemaah di Mekkah, baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah. Khanif berharap jemaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022.

Jemaah juga bisa membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi.

Beri Komentar