Ini Peta Jam Puasa Terlama dan Terpendek

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 2 Juni 2015 12:04
Ini Peta Jam Puasa Terlama dan Terpendek
Belahan Bumi utara akan menjalani tidak hanya jam puasa terpanjang tetapi juga yang paling panas dalam setidaknya 33 tahun selama bulan Ramadhan tahun ini.

Dream - Lamanya jam puasa selama bulan suci Ramadhan bervariasi dari satu negara ke negara lain, sesuai dengan letaknya di lintang dan bujur.

Muslim di Denmark akan menjalani masa puasa terpanjang di dunia tahun ini, yakni 21 jam, menurut peta negara dengan jam puasa terlama di seluruh dunia. Dan jam puasa terpendek akan dijalani oleh Muslim di Argentina dengan jumlah jam puasa hanya 9 jam dan 30 menit.

Sementara itu, warga Uni Emirat Arab rata-rata akan berpuasa selama sekitar 14 jam dan 51 menit.

Menurut pengamatan astrolog, belahan Bumi utara akan menjalani tidak hanya jam puasa terpanjang tetapi juga yang paling panas dalam setidaknya 33 tahun selama bulan Ramadhan tahun ini.

Hal ini karena Matahari melewati Tropic of Cancer di belahan Bumi utara, yang menyebabkan terjadinya puncak musim panas di wilayah itu dan musim dingin di belahan Bumi selatan.

Berdasarkan peta jam puasa dunia, negara-negara yang mengalami jam puasa lama di antaranya adalah Islandia, Swedia, dan Norwegia. Warga Muslim di negara-negara tersebut akan menjalankan ibadah puasa selama 20 jam.

Sementara warga Muslim di Belanda dan Belgia akan berpuasa selama 18 jam dan 30 menit, disusul 17 jam dan 30 menit untuk mereka yang tinggal di Spanyol. Sedangkan lama jam puasa warga Inggris dan Jerman adalah 16 jam dan 30 menit.

Untuk warga Muslim di Amerika Serikat, Prancis dan Italia, jam puasa mereka berlangsung selama 16 jam.

Lama jam puasa menengah akan dialami oleh sebagian besar warga Teluk dan Timur Tengah. Mereka yang tinggal di Mesir akan berpuasa selama 16 jam dan 30 menit. Sedangkan warga Bahrain, Arab Saudi, Tunisia dan Palestina akan menjalani puasa selama 15 jam.

Di Yaman, puasa akan berlangsung selama 14 jam dan 50 menit. Di Qatar orang-orang berpuasa selama 14 jam dan 40 menit. Sementara warga di Kuwait, Irak, Yordania, Suriah, Aljazair, Maroko, Libiya, dan Sudan akan berpuasa selama 14 jam.

Negara dengan jam puasa yang pendek di antarnya adalah Australia dengan 10 jam, Afrika Selatan dengan 10 jam dan 30 menit, Brasil dengan 11 jam, Meksiko dengan 13 jam dan 20 menit.

Para ulama di Teluk dan Timur Tengah menghimbau warga di sana, terutama yang tinggal di gedung pencakar langit, untuk tidak berbuka puasa sebelum Matahari benar-benar tenggelam.

Mereka mengatakan warga sebaiknya tidak mengandalkan suara azan di radio, televisi, atau masjid, tapi melihat Matahari benar-benar tenggelam untuk berbuka puasa.

(Ism, Sumber: Emirates 24/7)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo