12 Manfaat Purwoceng untuk Pria, Dipercaya Sebagai Obat Kuat Herbal Mujarab

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 2 Maret 2022 12:35
12 Manfaat Purwoceng untuk Pria, Dipercaya Sebagai Obat Kuat Herbal Mujarab
Manfaat purwoceng dipercaya memiliki khasiat mujarab untuk meningkatkan vitalitas pria.

Dream - Purwoceng alias Pimpinella pruatjan molk merupakan sejenis tanaman belukar yang tumbuh menutupi tanah dengan tinggi hanya sekitar 25 cm. Mungkin sedikit orang yang mengetahui manfaat purwoceng terutama untuk kesehatan pria. 

Ciri-ciri tanaman yang tumbuh di dataran tinggi ini adalah memiliki daun berbentuk hati dengan tepi bergerigi, berujung tumpul, dan pangkal bertoreh.

Sementara buahnya berbentuk lonjong kecil berwarna hijau. Bijinya berwarna coklat. Bagian tanaman purwoceng yang paling diincar adalah akarnya yang merupakan akar tunggang berwarna putih kotor.

Manfaat purwoceng dipercaya memiliki khasiat mujarab untuk meningkatkan vitalitas pria. Lantas benarkah klaim tersebut dan Apa saja manfaat purwoceng untuk kesehatan?

Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Ilustrasi© healthline.com

Manfaat purwoceng untuk pria yang banyak dicari adalah kemampuannya meningkatkan vitalitas. Tanaman ini dipercaya sebagai tanaman afrodisiak dan dilabeli sebagai viagra tradisional.

Manfaat purwoceng bisa dijadikan obat kuat herbal karena bisa meningkatkan gairah seks dan meningkatkan produksi hormon testosteron dan meningkatkan jumlah spermatozoa. Sementara itu Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Institut Pertanian Bogor juga membenarkan anggapan tersebut. Akar purwoceng memiliki sifat diuretika dan kerap digunakan sebagai afrosidiak yang dapat menambah stamina.

Kandungan senyawa pada akar purwoceng berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah, termasuk ke area penis. Namun khasiat tersebut tidak instan, melainkan harus diminum secara rutin selama 7 hingga 15 hari untuk mendapatkan manfaatnya.

2 dari 4 halaman

2. Mengatasi Inflamasi

Ilustrasi© greeners.com

Manfaat purwoceng yang selanjutnya adalah bisa mengatasi peradangan di dalam tubuh. Peradangan tubuh biasanya bisa menimbulkan gejala seperti nyeri dan bengkak. Zat-zat dan senyawa yang terkandung di dalam daun purwoceng memiliki sifat anti radang yang bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Sebagai Antibakteri

Manfaat purwoceng juga bisa digunakan sebagai obat infeksi. Tanaman ini mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang dapat membantu mengatasi infeksi. Terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, Salmonella typhi, dan Staphylococcus aureus. Kedua senyawa di atas merupakan senyawa yang memiliki sifat antibakteri.

3 dari 4 halaman

4. Menangkal Radikal Bebas

Selain bersifat antibakteri, manfaat purwoceng lainnya adalah untuk melawan radikal bebas. Tak hanya mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi, senyawa-senyawa pada daun purwoceng juga bersifat antioksidan.

Sifat ini terbukti secara ilmiah bisa menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya sel-sel tubuh.

Radikal bebas juga menjadi biang kelai munculnya berbagai penyakit kronis lainnya. Dengan adanya antioksidan ini, maka tubuh bisa melindungi dirinya dari serangan penyakit.

5. Bagus untuk Pencernaan

Manfaat purwoceng yang tak kalah penting adalah bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Ekstrak tanaman purwoceng dipercaya bisa melancarkan pencernaan. Akan tetapi manfaat purwoceng yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

6. Mencegah Kanker

Manfaat purwoceng yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuannya mencegah kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi setidaknya mampu meminimalisir risiko penyakit kanker. Namun lagi-lagi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Manfaat Purwoceng Lainnya

Tak hanya keenam manfaat di atas, purwoceng juga masih menyimpan manfaat lain yang tak kalah luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat lain dari tanaman yang tumbuh di dataran tinggi ini adalah:

  1. Bisa menghangatkan tubuh, saraf, dan otot.
  2. Mengobati masuk angin dan pegal linu.
  3. Melancarkan buang air kecil.
  4. Bersifat analgesik sehingga bisa menghilangkan rasa sakit.
  5. Meredakan demam.
  6. Membasmi cacing di dalam tubuh.
Beri Komentar