7 Manfaat Daun Kelapa dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Jadi Obat Luka Bakar

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 4 Maret 2022 13:35
7 Manfaat Daun Kelapa dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Jadi Obat Luka Bakar
Semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, termasuk daunnya.

Dream – Pohon kelapa merupakan salah satu tanaman yang dikenal memiliki segudang manfaat mulai dari buah sampai akarnya. Semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, termasuk daunnya.

Manfaat daun kelapa sudah banyak dikenal sebagai pembungkus makanan. Ketupat adalah salah satu makanan khas lebaran hari raya Umat Muslim yang memanfaatkan daun kelapa sebagai pembungkusnya. Tanpa dibungkus daun kelapa yang masih muda atau disebut janur ini, ketupat akan kehilangan rasanya yang khas.

Selain itu masih banyak manfaat daun kelapa yang bisa membantumu menghadapi kesulitan. Lantas apa saja manfaat daun kelapa? Agar kamu lebih tahu, mari simak ulasan selengkapnya tentang manfaat daun kelapa untuk kebutuhan manusia berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelapa: Sapu Lidi dan Tusuk Sate

1. Pembuatan Sapu Lidi

Manfaat daun kelapa yang sudah sering diketahui adalah sebagai bahan pembuatan sapu lidi. Tulan daun kelapa memiliki tekstur yang kuat. Kumpulan tulang daun kelapa ini bisa menjadi sapu lidi yang kokoh. Syaratnya adalah dengan menggunakan daun kelapa yang sudah tua.

Sebab daun kelapa yang sudah tua, biasanya memiliki tulang daun yang kuat, sehingga sangat cocok untuk menyapu. Bahkan kamu bisa membuat sapu lidi sendiri dengan memanfaatkan daun kelapa ini, lho.

2. Membuat Tusuk Sate

Tak hanya sebagai bahan pembuatan sapu lidi, manfaat daun kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai tusuk sate. Tulang daun kelapa yang kuat menjadi alternatif pembuatan tusuk sate. Tusuk sate dari lidi juga terbilang sangat murah dan simpel. Sehingga tidak ada salahnya saat membuat sate, kamu memanfaatkan lidi sebagai tusuknya.

2 dari 4 halaman

Pembungkus Makanan dan Obat Luka Bakar

Ilustrasi© Shutterstock.com

3. Pembungkus Makanan

Siapa sih yang tak kenal ketupat? Makanan khas ketika lebaran ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia. Beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda atau janur ini dijadikan makanan khas umat Muslim yang sedang merayakan hari raya. Makanan ini adalah menu wajib yang tak boleh ketinggalan.

Selain ketupat, masih banyak makanan tradisional yang menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya, seperti lepet dan kue clorot.

4. Pengobatan Luka Bakar

Selain sebagai pembungkus makanan, manfaat daun kelapa juga bisa digunakan sebagai pengobatan luka bakar. Sejak dulu kala, sisik pelepah daun kelapa berperan untuk menyembuhkan luka bakar. Sisik pelepah daun kelapa ini dioleskan pada luka bakar, kemudian dibalut dibalut dengan perban yang bersih.

Namun demikian, luka bakar harus dibersihkan terlebih dahulu dengan antiseptik untuk menghindari infeksi. Jika luka bakar sangat parah, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mengobatinya. Penggunaan manfaat daun kelapa hanya untuk luka bakar yang tidak terlalu parah.

3 dari 4 halaman

Atap Rumah dan Aksesoris

5. Dijadikan Atap Rumah

Rumah-rumah pada zaman dahulu kala, memanfaatkan daun kelapa sebagai atapnya. Daun kelapa digunakan sebagai alternatif penutup kayu atap rumah.

Daun kelapa yang dijadikan atap rumah dipilih yang masih segar agar mudah dianyam dengan rapi. Membutuhkan teknik khusus untuk membuat atap rumah dari daun kelapa. Apalagi kini sudah hampir tidak ada rumah yang menggunakan atap dari daun kelapa.

6. Bahan Pembuatan Aksesoris

Manfaat daun kelapa dalam kehidupan sehari-hari bisa digunakan sebagai bahan pembuatan aksesoris.

Daun kelapa bisa dibuat tas, kalung, dan aksesoris lainnya. Banyak kerajinan tangan yang terbuat dari daun kelapa. Bahkan juga banyak yang sudah dijual di pasaran.

4 dari 4 halaman

7. Sebagai Alat Tradisi

Ilustrasi© Merdeka.com/Cecep Aditya

Manfaat daun kelapa yang tak kalah penting adalah dijadikan sebagai peralatan acara-acara tradisi. Salah satunya adalah upacara pernikahan. Ketika ada hajatan pernikahan, pasti akan kamu lihat janur kuning melengkung yang terbuat dari daun kelapa yang masih muda.

Pemilihan janur kuning dalam upacara adat memiliki makna yang sakral. Janur kuning ini juga dibuat berbagai hiasan dan aksesoris yang berbeda-beda serta memiliki makna yang berbeda-beda pula. Selain sebagai penanda pernikahan, beberapa daerah di Bali juga memanfaatkan janur kuning sebagai acara keagamaan.

Beri Komentar