Saktinya Sentuhan Sayang Orangtua untuk Anak, Bisa Menenangkan

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 4 Maret 2022 06:12
Saktinya Sentuhan Sayang Orangtua untuk Anak, Bisa Menenangkan
Yuk ciptakan bonding sesederhana sentuhan.

Dream - Hingga hari ini pandemi virus Covid-19 terus bermutasi dalam berbagai varian. Peningkatan kasus penularan Covid- 19 pun terus meningkat. Hal ini tentu membuat masyarakat khawatir, terutama para ibu yang memiliki bayi atau anak balita.

Rasa cemas akan kesehatan diri sendiri dan si kecil terkadang membuat ibu gelisah berlebih. Padahal perasaan negatif pada ibu bisa terefleksi kepada anak-anak. Itulah mengapa dibutuhkan kegiatan yang bisa mengalihkan kekhawatiran ibu terhadap pandemi agar imun tubuh terus baik dan anak juga merasakan perasaan bahagia.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana bahagia adalah dengan meluangkan waktu berkualitas antara ibu dan anak atau bonding time.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Bonding itu bisa dibentuk sedini mungkin. Dalam menciptakan bonding, yang pertama yaitu kepekaan orangtua terhadap kebutuhan anak. Misal anak dari luar terlihat sedih atau ada air matanya, ada apa. Jadi diperlukan kepekaan sebagai orangtua, kita harus kelola kebutuhan dan kepekaan anak," ujar Vera Itabiliana, Family Psychologist pada konferensi virtual Our in One Cukup Satu untuk Keluarga, Rabu 2 Maret 2022.

 

1 dari 4 halaman

Luangkan Aktivitas Bersama dengan Sentuhan

Di tengah kesibukan orangtua, sebaiknya tetap lakukan bonding dengan aktivitas yang sederhana saja. Tidak perlu istimewa harus pergi ke suatu tempat, bermain di rumah atau memeluk anak juga dapat mempererat ikatan antara orangtua dan anak.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Beberapa aktivitas dianjurkan untuk meningkatkan bonding, misal makan bersama. Jadi ada aktivitas yang berdekatan, bersama dan bersentuhan," ujar Vera.

 

2 dari 4 halaman

Berikan Sentuhan Sayang ke Anak

Terkadang banyak orangtua yang merasa kebingungan ketika anak sedang merasa sedih. Lalu memilih untuk membiarkan anak sendirian di kamarnya. Padahal momen ini adalah waktu yang tepat untuk orangtua menyentuh pundak anak ataupun memeluk anak dan menguatkan mereka.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Dalam situasi dimana kita gak tau mau ngomong apa, bikin dia nyaman aja, kita sentuh pundaknya untuk menenangkannya. Jadi sentuhan ini memang sakti banget, dan anak saya pun baru beberapa kali misal belum pelukan 8 kali sehari dengan durasi 20 detik setiap pelukan," ungkap Vera.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sentuhan

Faktanya sentuhan orangtua ke anak akan memberikan efek yang positif yang membuat anak terasa nyaman, tenang dan terlindungi.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Sentuhan kasih sayang ini mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat anak terasa aman dan nyaman juga merasa dekat dengan ibu. Dan karena merasa terlindungi dia lebih tangguh. Banyak sekali penelitian mengenai sentuhan," ungkap Vera.

4 dari 4 halaman

Bonding Lewat Sentuhan Saat Merawat Kulit dengan Skincare

Sentuhan dengan perawatan skincare bisa ibu berikan di rumah untuk anak-anak. Selain menjadi momen untuk bonding, skincare bisa merawat kulit si kecil. Tentunya skincare si kecil harus dipilih yang berbahan alami ya karena kulitnya lebih sensitif.

Mendukung ibu merawat kulit si kecil dan seluruh anggota keluarga, Our In One Indonesia memperkenalkan Our In One Multi-Purpose Gel Cream, produk skincare keluarga untuk kebutuhan perawatan dan perlindungan harian kulit wajah, tubuh, dan tangan buat seluruh anggota keluarga.

Diformulasikan dari 98% bahan alami, Our In One diklaim aman digunakan untuk semua jenis kulit bahkan bagi kulit sensitif. Juga sudah teruji secara klinis memberikan manfaat yang dibutuhkan kulit, memiliki PH Balance 5.5, hypoallergenic, dan dermatology tested, sehingga aman juga untuk Ibu hamil, dan balita.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami menghadirkan inovasi Our In One Multi-Purpose Gel Cream, yang aman dipakai untuk wajah, tubuh, dan tangan bagi seluruh anggota keluarga. Sekarang cukup satu produk untuk semua kebutuhan perawatan dan perlindungan kulit sehari-hari. Saatnya masing-masing anggota keluarga saling memperhatikan dan menciptakan momen bahagia bersama Our In One,” ujar Brand Manager Our In One, Meicy Laurencia pada kesempatan yang sama. (mut)

Beri Komentar