8 Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 2 Maret 2022 18:12
8 Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Manfaat makan apukat setiap hari juga akan membuat badanmu bebas dari penyakit.

Dream - Buah alpukat dipercaya memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sering diolah menjadi jus atau campuran es buah, alpukat sangat digemari banyak orang. Selain rasa dan teksturnya lembut, manfaat buah alpukat buat kesehatan juga membuat buah ini jadi incaran.

Dalam satu buah alpukat terkandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, lho. Mengutip dari boldsky.com, alpukat mengandung vitamin K, vitamin B6, viramin E, potasium, vitamin C, asam pantotenat, tembaga dan zat besi yang memiliki segudang manfaat sehat buat tubuh.

Manfaat makan alpukat setipa hari dengan porsi yang tepat akan membuat tubuh segar dan awet muda. Selain itu, manfaat makan apukat setiap hari juga akan membuat badanmu bebas dari penyakit.

Kandungan lemak dalam buah alpukat juga tidak akan membuat kamu obesitas. Lantas apa sebenarnya apa saja manfaat makan alpukat setiap hari?

Agar kita semua sama-sama tahu, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari

Ilustrasi© Pexels.com

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat makan alpukat setiap hari yang pertama adalah bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan nutrisi pada buah ini diklaim sangat baik untuk menyehatkan jantung.

Buah alpukat mengandung potasium, lutein dan antioksidan yang mampu menurunkan risiko serangan jantung dan menangkal risiko penyakit organ lainnya.

2. Mencegah Obesitas

Manfaat makan alpukat setiap hari juga bisa mencegah obesitas. Meski mengandung lemak yang banyak, namun makan alpukat tidak akan membuat kamu gemuk, Sahabat Dream. Sebab lemak pada alpukat termasuk lemak sehat. Bahkan rutin mengonsumsi alpukat akan membantumu mendapatkan berat badan ideal.

2 dari 4 halaman

3. Nafas Lebih Segar

Manfaat makan alpukat setiap hari akan membuat nafasmu lebih segar. Buah alpukat termasuk buah yang bisa menyegarkan mulut secara alami. Sifat antibakteri yang tinggi di dalamnya mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Bahkan alpukat berperan membersihkan mulut kita dari kuman dan sisa kotoran.

4. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat makan alpukat setiap hari juga bisa menjadi cara yang alami untuk mencegah risiko diabetes. Penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja, terutama yang sering mengonsumsi gula berlebihan.

Untuk mencegahnya, kamu perlu melakukan pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula dan mengonsumsi makanan yang memiliki rasa manis alami, seperti buah alpukat.

Rutin mengonsumsi alpukat akan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bagus untuk penderita diabetes.

3 dari 4 halaman

Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari

5. Menurunkan Risiko Kolesterol

Rajin makan alpukat setiap hari juga diklaim bisa menurunkan risiko kolesterol. Kolesterol tinggi disebabkan karena sering mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung lemak jahat. Sementara nutrisi yang terkandung di dalam alpukat mampu mengurangi kadar kolesterol LDL yang berbahaya dan mengubahnya menjadi kolesterol HDL yang lebih sehat.

6. Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat makan alpukat setiap hari yang tak kalah penting adalah bisa menguatkan tulang dan gigi. Kandungan potasium dan zat besi di dalamnya sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Vitamin K, tembaga dan juga folat pada alpukat sangat bermanfaat menguatkan tulang.

4 dari 4 halaman

7. Menyehatkan Mata

Manfaat makan alpukat setiap hari akan membantu meningkatkan ketajaman penglihatan. Hal ini lantaran buah alpukat bisa meningkatkan kadar karotenoid dalam tubuh. Karotenoid berfungsi sebagai agen antioksidan dan antiradang yang bagus untuk kesehatan mata.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat makan alpukat setiap hari juga bagus bagi para penderita hipertensi. Sebab makan alpukat setiap hari selama setidaknya 30 hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara ini bisa menjadi pengobatan alami bagi penderita hipertensi. Selain itu kandungan kalium dan luteinnya yang tinggi bisa meningkatkan lipid dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat makan alpukat setiap hari yang bisa kamu dapatkan, Sahabat Dream. Buah alpukat memang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka tak ada salahnya mulai sekarang rutinlah mengonsumsi buah yang satu ini. Tentu saja dengan porsi yang tepat ya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More