7 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesuburan Pria dan Wanita Serta Tips Mengolahnya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 4 Maret 2022 15:12
7 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesuburan Pria dan Wanita Serta Tips Mengolahnya
Rutin mengonsumsi kacang hijau juga dipecaya bisa membantu meningkatkan kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Dream - Kacang hijau tak hanya menjadi sumber makanan mengenyangkan. Manfaat kacang hijau yang banyak diyakini masyarakat adalah sebagai asupan berupa kacang-kacangan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Bahkan tak hanya mengatasi masalah kesuburan, manfaat kacang hijau juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Selain kelezatannya, kacang hijau juga mengandung protein dan serat yang tinggi. Selain itu kacang hijau juga kaya antioksidan dan rendah lemak. Kacang-kacangan yang satu ini juga mengandung folat, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, E dan K.

Bahkan mengonsumsi kacang hijau bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Rutin mengonsumsi kacang hijau juga dipecaya bisa membantu meningkatkan kesuburan. Benarkah manfaat kacang hijau bisa meningkatkan kesuburan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1 dari 5 halaman

1. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Manfaat kacang hijau diklaim bisa membantu menjaga kesehatan reproduksi pada perempuan. Rutin mengonsumsi kacang hijau akan membuat sistem reproduksi perempuan lebih stabil.

Kandungan zat besi dan mineral yang banyak pada kacang hijau juga bisa menjaga kesuburan. Sehingga manfaat kacang hijau pada perempuan bisa menyeimbangkan hormon yang berpengaruh pada kesuburannya.

2. Menstabilkan Hormon Reproduksi

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah bisa menjaga kestabilan hormon reproduksi. Kandungan omega-3 pada kacang hijau bermanfaat meningkatkan hormone reproduksi. Jika hormone reproduksi berjalan baik dan seimbang, maka tingkat kesuburan juga akan terjaga dengan baik. Sehingga seorang perempuan lebih berpeluang untuk hamil.

2 dari 5 halaman

3. Menjaga Kesuburan

Ilustrasi© Pexels.com

Kesuburan perlu dijaga sejak usia muda. Kesuburan akan terjaga dengan baik jika seseorang rajin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan mineral. Kedua nutrisi tersebut salah satunya terdapat pada kandungan kacang hijau. Dengan mengonsumsi kacang hijau, kesuburan akan terjaga dan kekebalan tubuh juga berfungsi maksimal.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah ke Rahim

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah membantu melancarkan sirkulasi darah menuju ke Rahim. Sebab aliran darah yang lancar ke Rahim akan membantu pembentukan dinding-dinding Rahim agar lebih kuat. Tentu saja hal ini sangat berguna ketika masa kehamilan. Kandungan omega-3 pada kacang hijau berperan besar dalam menguatkan dinding Rahim.

3 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Tak hanya bagus untuk menjaga kesuburan perempuan, manfaat kacang hijau juga bagus untuk meningkatkan kesuburan pria. Masalah kesuburan bisa dialami oleh pria maupun wanita. Jika pasangan suami istri ingin memilikii buah hati, maka sudah sepantasnya kedua belah pihak berperan aktif dalam meningkatkan kesuburan.

Mengonsumsi kacang hijau rupanya bisa membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Para peneliti dari Rovira Virgili University di Spanyol menemukan bahwa kacang-kacangan termasuk kacang hijau terbukti bisa meningkatkan kesuburan pria.

Sperma pria yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan akan meningkat 16 persen dan pergerakannya meningkat 6 persen lebih cepat daripada pria yang tikda makan kacang.

4 dari 5 halaman

6. Menurunkan Risiko Kehamilan Bermasalah

Ilustrasi© Unsplash.com

Setiap orang tentu menginginkan janin di dalam kandungannya sehat dan tidak bermasalah. Agar janin tetap sehat, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau. Kandungan asam folat yang tinggi bisa memberikan perlindungan pada janin. Sehingga janin terhindar dari kelahiran prematur, keguguran hingga cacat.

Kebutuhan asam folat yang tercukupi selama masa kehamilan dapat menghindari risiko preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang cukup sering terjadi pada ibu hamil.

7. Meningkatkan Produksi Cairan Serviks

Manfaat kacang hijau memang bagus untuk organ reproduksi, terutama pada wanita. Salah satunya meningkatkan produksi cairan serviks.

Sebenarnya cairan ini diproduksi secara alami oleh jaringan serviks. Tujuannya adalah untuk melindungi vagina dari infeksi bakteri dan membantu sperma bergerak menuju rahim saat persetubuhan.

Meski diproduksi secara alami, seorang wanita perlu membutuhkan booster untuk meningkatkan cairan serviks tersebut. Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam kacang hijau mampu meningkatkan ovulasi dan cairan serviks.

5 dari 5 halaman

Tips Membuat Sari Kacang Hijau untuk Kesuburan

Perlu proses pengolahan yang benar agar kandungan di dalam kacang hijau tetap berfungsi dengan baik, terutama untuk kesuburan. Maka dari itu perlu diperhatikan beberapa tips membuat sari kacang hijau agar tetap terjaga nutrisinya.

  1. Jangan terlalu lama merendam kacang hijau dengan air hangat.
  2. Bersihkan kulit kacang hijau dengan benar agar kotoran yang menempel hilang.
  3. Gunakan api kecil ketika merebus kacang hijau.
  4. Tambahkan daun pandan agar aroma sari kacang hijau lebih menggugah selera.
  5. Ganti gula pasir dengan gula merah atau gula aren agar lebih sehat.
  6. Jangan terlalu lama merebus kacang hijau karena dapat membuatnya lembek dan mudah hancur.
  7. Minum sari kacang hijau selagi hangat.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar