Cara Menjaga Kualitas Kebaya

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 18 Desember 2014 13:30
Cara Menjaga Kualitas Kebaya
Untuk kebaya, yang perlu diperhatikan adalah cara penyimpanannya. Kebaya yang biasanya berbahan brokat atau tile, tidak diperbolehkan untuk digantung karena akan membuat kebaya melar pada bagian bahu.

Dream - Tidak sedikit orang yang menjadikan kebaya sebagai ciri khas nusantara. Namun tak banyak yang tahu bagaimana cara merawatnya.

Muhamad Fahmi, seorang ahli tekstil yang juga dosen Insitut Kesenian Jakarta (IKJ), berbagi tips agara kebaya tetap terjaga.

Untuk kebaya, yang perlu diperhatikan adalah cara penyimpanannya. Kebaya yang biasanya berbahan brokat atau tile, tidak diperbolehkan untuk digantung. Ini karena akan membuat kebaya melar pada bagian bahu tangan dan badan.

" Kebaya itu dilipat. Melipatnya juga sebaiknya dengan cara khusus. Digelar dulu, diberi alas dengan kertas koran atau kertas lebar, baru dilipat beserta koran-korannya semuanya," kata Fahmi dalam acara Philips Hadirkan Rumah Inovasi, Solusi Kebutuhan Rumah untuk Ibu, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 18 Desember 2014.

Kertas itu, kata Fahmi, berfungsi agar bahan-bahan dan payet yang terdapat di kebaya tidak saling tersangkut. Juga tidak merusak bahan dan payet pada kebaya. Kain dan busana tradisional ini, juga perlu perhatian khusus ketika ingin menyetrikanya.

" Saat ini kita sangat diuntungkan oleh teknologi setrika yang mengimbangi perkembangan produk perawatan tekstil berkualitas tinggi, seperti kain dan busana tradisional. Yakni dengan hadirnya setrika kering dan uap serta garment steamer," tuturnya.

Garmen steamer itu sendiri bisa digunakan untuk menyetrika kain dan busana tradisional, agar tidak merusak tekstur, bentuk dan warna kain dan busana tradisional.

Beri Komentar