Gejala PMS Sudah Terasa tapi Haid Tak Kunjung Datang? Cari Tahu Sebabnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 29 Juli 2022 11:12
Gejala PMS Sudah Terasa tapi Haid Tak Kunjung Datang? Cari Tahu Sebabnya
Ternyata ada beberapa pemicunya. Hal ini sering tak kamu sadari.

Dream - Setiap bulannya, Sahabat Dream pasti mengalami menstruasi. Sebelum datang bulan tiba, muncul sederet gejala pre menstruasi (PMS) seperti sakit kepala, mood swing, migrain atau nyeri otot.

Kondisi tersebut bisa berlangsung selama 3 hari atau lebih. Pada kondisi tertentu, gejala PMS sudah kamu alami selama berhari-hari tapi haid tak kunjung terjadi. Kondisi ini memang sangat menganggu.

Ternyata ada beberapa pemicunya. Penasaran apa saja penyebabnya?

1. Stres
Perut sakit sudah dirasakan tapi haid tak kunjung datang. Bisa saja hal tersebut terjadi karena kamu sedang banyak pikiran dan tekanan, alias stres.
Perlu diketahui, produktivitas hormon yang mengatur siklus haid dipengaruhi oleh kondisi otak. Jika otak sudah terlalu bekerja keras, maka produksi hormon akan terganggu dan menjadikan siklus haid berantakan.

 

1 dari 5 halaman

2. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Perubahan berat badan yang drastis juga dapat memengaruhi waktu kedatangan menstruasi. Berat badan yang naik maupun turun secara drastis dalam waktu singkat dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi.

Menstruasi© Shutterstock

Kondisi tersebut biasanya berkaitan dengan gangguan makan, seperti anoreksia, bulimia, binge-eating, atau penyebab perubahan berat badan drastis lainnya seperti kanker.

Hilangnya berat badan secara drastis membuat tubuh mencegah proses ovulasi, sehingga wanita tak memiliki cukup estrogen. Pada akhirnya pembentukan lapisan di dinding rahim terganggu, sehingga haid tidak terjadi.

 

2 dari 5 halaman

3. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang dapat berdampak pada siklus haid, di antaranya obat-obatan tiroid, terapi pengganti hormon, kontrasepsi, obat epilepsi, obat antidepresan, hingga ibuprofen.

Jika ada obat-obatan yang harus dikonsumsi secara rutin yang ternyata mengganggu siklus haid, konsultasikan hal tersebut dengan dokter. Jangan menghentikan konsumsi obat atau mengubah dosis obat tanpa berbicara kepada dokter.

4. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
PCOS adalah suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas, yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovarium (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10 persen wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas). Kondisi ini bisa menyebabkan haid tak kunjung datang atau haid menjadi tidak teratur.

Penjelasan selengkapnya baca di KlikDokter.

3 dari 5 halaman

Patut Dicoba, Cara Simpel Atasi Rasa Lemas Saat Menstruasi

Dream - Sebagai perempuan kita pastinya mengalami haid atau menstruasi setiap bulan. Sebagian besar kaum Hawa mengalami banyak keluhan ketika datang bulan. Mulai dari mual, sakit kepala, kram perut/ pinggang hingga tubuh terasa lemas.

Badan yang terasa lemas saat haid merupakan kondisi yang umum. Bahkan, dikutip dari KlikDokter.com penelitian yang dimuat di Pakistan Journal of Medical Sciences pada tahun 2019 melaporkan bahwa kelelahan atau fatigue saat haid dialami hampir 90% wanita.

Kondisi ini tentunya bisa menghambat aktivitas sehari-hari, baik saat kuliah maupun bekerja. Munculnya keluhan tersebut dipengaruhi banyak faktor, terutama hormon.

Faktanya, hormon estrogen dan progesteron berada pada level terendah saat menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan berbagai keluhan, seperti mood swing, nyeri perut, pusing, mual, serta mudah lelah.

Saat itu terjadi, sebaiknya kurangi aktivitas yang terlalu berat. Untuk membuat kondisi tubuh tetap fit dan tidak terlalu lemas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tak ada salahnya dicoba saat datag bulan.

 

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang membantu untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi bisa mengatasi jumlah sel darah yang hilang saat menstruasi.

Menstruasi Bisa Sangat Nyeri, Cari Tahu Sebabnya© MEN

Hal ini bisa membuat keluhan badan lemas sedikit teratasi.Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, sayur bayam, dan hati ayam.

 

5 dari 5 halaman

Minum Cukup Air

Seperti yang dibahas sebelumnya, badan lemas saat menstruasi bisa jadi disebabkan oleh dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, maka kebutuhan air dalam tubuh akan terpenuhi sehingga Anda akan terhindar dari kondisi mudah lelah.

Olahraga dan Tidur yang Cukup
Olahraga dan tidur dapat membantu mengatasi mood yang berubah saat menstruasi serta badan lemas. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit dalam sehari. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum maupun setelah olahraga agar otot-otot lebih kuat.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar