INFOGRAFIS: 4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Sekolah Tatap Muka Dibuka

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 30 November 2020 19:33
INFOGRAFIS: 4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Sekolah Tatap Muka Dibuka
2021 sekolah tatap muka akan dibuka kembali.

Dream - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengumumkan sekolah tatap muka akan diizinkan pada semester II atau sekitar Januari pada 2021 mendatang. Kamu sudah rindu sekolah dan bertemu teman-teman?

Eits, tahan sebentar. Meski sudah diizinkan, sekolah tatap muka hanya boleh berjalan jika pengelola sekolah bisa menjamin terlaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, menekankan penerapan protokol kesehatan wajib jadi standar dan dilakukan dengan disiplin.

Lalu protokol seperti apa saja yang wajib dijalankan sekolah yang akan menjalankan proses belaja mengajar tatap muka?

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Savina Mariska

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Pandemi Covid-19 Bikin Olahraga Jadi Rutinitas Wajib

Dream - Olahraga di masa pandemik Covid-19 harus jadi aktivitas rutin seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan sekaligus imunitas tubuh.

Kegiatan ini penting dilakukan karena virus Covid-19 bisa dibuat tak berdaya jika imunitas tubuh korbannya sangat kuat.

Tak heran jika banyak alat olahraga ramai dibeli secara online untuk menunjang aktivitas mengolah tubuh. Data internal Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi.

Di kategori olahraga menjadi hampir tiga kali lipat pada Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Lalu apa saja olahraga yang tengah digemari masyarakat kala pandemi saat ini?

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Savina Mariska

Kalau Sahabat Dream lagi gemar olahraga yang mana?

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 4 halaman

Cara Aman Konsumsi Jamu Setiap Hari untuk Imunitas Tubuh

Dream - Indonesia sejak dulu dikenal sebagai negeri penghasil rempah dan tanaman herbal. Tak heran jika meminum jamu sudah menjadi kebiasaan masyarakat.

Berbagai resep dan khasiat jamu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Namun sayangnya, konsumsi jamu yang tidak tepat akan mengurangi efektifitas ramuan tersebut.

" Contohnya jamu gendong, itu memang bagus namun ada hal yang perlu diperhatikan. Di sana tidak ada proses pemurnian, semua bahan mentah digodok, tidak diekstraksi sehingga kandungan di tiap gelas bisa berbeda-beda," ujar dr. Hendra Gunawan, MBA, Managing Director PT Tunggal Group di Jakarta, Kamis 26 November 2020.

Selain dosis yang tidak terstandar, konsumsi jamu sembarangan juga sangat tidak disarankan. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan dapat memberi dampak buruk bagi tubuh.

3 dari 4 halaman

Efek Samping Jamu

Jamu secara umum sangat aman dikonsumsi bagi setiap orang. Namun orang dengan riwayat penyakit tertentu harus lebih berhati-hati dalam meminum jamu.

" Misalnya ada jamu yang punya sifat pengencer darah, akan berbahaya jika orang mengalami pendarahan. Jamu juga sebaiknya tidak diminum bersama obat, berikan jarak sekitar 1-2 jam," kata dr. Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

Press Conference Herbatia© Foto: Webinar Herbatia

Konsumsi jamu berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping. Salah satu yang paling umum terjadi adalah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah.

" Setelah itu ada efek jangka menengah yaitu gangguan fungsi liver. Kalau kita mengonsumsi sesuatu secara berlebihan, liver akan bekerja lebih berat," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Dosis Tepat Jamu

Penggunaan jamu dengan dosis tepat dan teratur dapat memberi khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat akan jamu yang terstandar, PT Tunggal Idaman Abdi atau TIA Pharma meluncurkan produk herbal modern Herbatia Sari Imuno dan Herbatia Sari Oxyfit.

Dikemas dalam kemasan kapsul, Herbatia Sari Imuno terbuat dari ekstrak kunyit, temulawak dan jahe merah yang telah diformulasikan khusus sebagai imunostimulan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sedangkan Herbatia Oxyfit adalah antioksidan alami yang mengandung ekstrak kulit manggis, ekstrak kulit delima dan ekstrak temu kunci yang bekerja sinergistik mampu menangkal radikal bebas.

" Keduanya telah melalui proses produksi sesuai standard CPOTB dan sertifikasi BPOM RI, melalui proses ekstraksi dan purifikasi melalui teknologi terkini untuk memperoleh sari pati herbal dengan kemurnian tinggi dari setiap bahan herbal yang digunakan," tutur dr. Maria Fatimah Deasy Gelu, Head of Sales & Marketing PT Tunggal Idaman Abdi.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar