Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kijang Innova Zenix Made In Karawang Resmi Meluncur, Ada Varian Hybrid

Kijang Innova Zenix Made In Karawang Resmi Meluncur, Ada Varian Hybrid Kijang Innova Generasi 7 Zenix. Foto: Alfi Salima Puteri

Dream - Sebelumnya, Toyota telah memperkenalkan model BEV Toyota bZ4X, pada hari ini, Senin, 21 November 2022, Toyota Indonesia resmi meluncurkan Kijang Innova Generasi 7 Zenix. Mobil ini diproduksi langsung oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengungkapkan produksi mobil Kijang generasi ke 7 ini menelan investasi sebesar Rp4,2 triliun. Kijang Innova ini menghadirkan pilihan kendaraan elektrifikasi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dengan baterai yang dirakit lokal.

"Produksi lokal Kijang Innova Zenix mencerminkan posisinya yang tumbuh berkembang bersama industri otomotif dan konsumen Indonesia selama 45 tahun hingga kini masuk ke era elektrifikasi," tutur Warih dalam acara konferensi pers, Senin, 21 November 2022.

Warih menjelaskan, keseluruhan Kijang Innova baru ini direncanakan akan diekspor ke lebih dari 40 negara.

"Pada tahun pertama akan disebar ke Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah dengan rencana volume sebesar 8.500 unit per tahun," jelas Warih.

Kijang Innova Zenix, Warih menambahkan, baik tipe konvensional maupun hybrid, memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi untuk mendukung target pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.

"Toyota menyediakan beragam pilihan kendaraan yang hemat bahan bakar, kendaraan dengan bahan bakar terbarukan, dan kendaraan berteknologi elektrifikasi yaitu HEV, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV) hingga hydrogen sehingga semakin banyak masyarakat pengguna kendaraan beroda empat yang dapat turut berkontribusi menurunkan emisi karbon," jelasnya.

Kijang Innova Zenix yang menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja baru, dikembangkan oleh tim global bersama dengan para engineer Indonesia yang secara aktif dan integral memberikan kontribusi dalam setiap tahap pengembangan, termasuk di lini produksi.

"Hal ini sesuai dengan filosofi Toyota Indonesia yaitu "We Make People Before We Make Product" yang menjadi dasar dari pembangunan berkelanjutan sumber daya manusia di Toyota Indonesia dan di pemasok lokal Toyota Indonesia," ucap Warih.

Kijang Innova Generasi 7 Zenix ini dibekali dengan platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) yang memberikan kenyamanan dan kesenangan berkendara serta didukung oleh teknologi keselamatan terkini TSS3 yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam menerangkan dalam pengembangan Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia menggandeng lebih dari 100 rantai pasok lokal lapis pertama selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga dalam pengembangannya.

Sejumlah 8 pemasok lokal juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova HEV di pabrik Karawang TMMIN.

“Kijang Innova Zenix menjadi bukti peningkatan kemampuan dan kualitas rantai pasok lokal memasuki era elektrifikasi, tanpa harus meninggalkan industri otomotif nasional yang selama ini telah mendukung perekonomian dan neraca dagang Indonesia,” ujar Bob.

Dalam produksinya, Toyota Indonesia membangun kemitraan dengan pemasok lokal, termasuk dengan industri kecil dan menengah (IKM), agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi perkembangan industri otomotif dan kebutuhan pelanggan.

Produksi perdana ini disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Duta Besar Jepang untuk RI Kanasugi Kenji, dan Toyota Motor Corporation (TMC) CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien, yang didampingi oleh manajemen Toyota Indonesia diantaranya Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Nandi Julyanto, Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, serta jajaran Direksi PT TMMIN dan PT TAM.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jualan Moncer, Bersiap XForce Hybrid

Jualan Moncer, Bersiap XForce Hybrid

Mitsubishi Motors berencana menghadirkan versi hybrid dari mobil berkapasitas lima orang tersebut.

Baca Selengkapnya
Toyota Siapkan Mobil Baru Listrik dan Hybrid Ramaikan Pasar Indonesia

Toyota Siapkan Mobil Baru Listrik dan Hybrid Ramaikan Pasar Indonesia

Dalam dua tahun ke depan, Toyota akan hadirkan mobil listrik dan hybrid di Indonesia.

Baca Selengkapnya
MG Luncurkan 2 Mobil Listrik Baru Made in Cikarang, Harga Rp400 Jutaan

MG Luncurkan 2 Mobil Listrik Baru Made in Cikarang, Harga Rp400 Jutaan

Harga mobil listrik terbaru MG4 EV dan MG ZS EV, di bawah Rp500 juta.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.