Kulit Tetap Glowing Meski Sedang Berpuasa, Begini Caranya

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 4 Mei 2021 19:30
Kulit Tetap Glowing Meski Sedang Berpuasa, Begini Caranya
Tubuh kurang nutrisi saat berpuasa, dampaknya kulit kering.

Dream - Saat puasa, tubuh kita tak mendapatkan nutrisi selama lebih dari 13 jam. Kurang minum air putih memicu potensi dehidrasi yang salah satu dampaknya adalah kulit kering.

Kondisi kulit memang bergantung pada asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan berminyak dan banyak lemak dapat menyebabkan jerawat.

Kurang air dan makanan rendah gizi dapat memicu kulit kering dan bisa menimbulkan keriput. Karena itulah, kita butuh makanan yang tepat untuk memberikan dampak baik bagi kesehatan kulit.

Meski puasa, kita masih dapat menjaga kondisi kulit agar terlihat glowing. Caranya sebagai berikut.

 

1 dari 3 halaman

Banyak minum air

Meski puasa, konsumsi air minum harus tetap dua liter atau setara delapan gelas. Pembagiannya, lima gelas saat berbuka puasa hingga tidur dan tiga gelas saat bangun sahur hingga sebelum subuh.

Kebutuhan cairan ini hendaknya berasal dari air putih. Jadi, minuman takjil pembuka puasa seperti es teh manis, kolak pisang, dan minuman perasa lainnya tidak termasuk.

Hijab minum air putih© Shutterstock.com

 

2 dari 3 halaman

Banyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Serat mempermudah pencernaan sehingga makanan yang berlemak dapat segera dibuang.

Sementara vitamin dalam buah seperti vitamin C dan vitamin E membantu kulit lebih glowing. Vitamin C mencegah radikal bebas yang membuat kulit mudah keriput dan mempunyai flek hitam.

Sayuran Penahan Lapar, Cocok untuk Menu Sahur© MEN

Sementara vitamin E merangsang regenerasi kulit dan memperbaiki produksi kolagen sehingga kulit lebih halus.

Jadi, ganti minuman manismu dengan aneka buah segar yang menyehatkan. Misalnya seperti jeruk, jambu biji, apel, papaya, dan aneka buah lain.

 

3 dari 3 halaman

Pelembap dan tabir surya

Pelembap mencegah kulit kering dan memperbaiki kondisi kulit. Pakai pelembap wajah dan tubuh setelah mandi serta ulangi setelah berwudhu.

Pemilik kulit berminyak sebaiknya tetap menggunakan pelembap tapi pilih yang berbahan dasar air. Sedangkan tabir surya tetap digunakan meski berada dalam rumah.

Alasan Pentingnya Memakai Tabir Surya Setiap Hari© MEN

Tabir surya mencegah radikal bebas dari sinar matahari. Radikal bebas akibat sinar matahari menyebabkan kulit mempunyai flek hitam dan berpotensi terbakar.

Jadi, jangan khawatir kulitmu kehilangan nutrisi asal tepat memilih makanan dan skincare sesuai kebutuhan.

Beri Komentar