7 Manfaat Pull Up untuk Tubuh, Latihan yang Bisa Menguatkan Otot Punggung, Lengan, dan Bahu

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 4 Agustus 2022 07:12
7 Manfaat Pull Up untuk Tubuh, Latihan yang Bisa Menguatkan Otot Punggung, Lengan, dan Bahu
Selain baik untuk menguatkan otot dan kesehatan fisik, latihan pull up juga baik untuk menjaga kesehatan mental.

Dream – Salah satu olahraga yang bisa dijalankan untuk mendapatkan bentuk otot adalah pull up. Pull up adalah gerakan menggelantung di sebuah mistar maupun rangka besi.

Mungkin sahabat Dream pernah melihat olahraga ini pada tantara yang sedang latihan fisik. Bahkan gerakan pull up juga bisa kamu jumpai di taman bermain yang menyediakan rangka-rangka besi untuk tempat bergelantungan.

Meskipun hanya menggelantung, namun manfaat pull up tidak bisa kamu anggap remeh. Membutuhkan kekuatan tangan yang baik agar tubuh bisa terangkat. Dengan melakukannya secara rutin, maka hal ini mampu membuat otot bagian atas menjadi kuat.

Buat kamu yang penasaran apa saja manfaat pull up bagi tubuh, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui bola.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Pull Up untuk Tubuh

Manfaat Pull Up untuk Tubuh© Freepik.com

Melatih Otot Punggung

Manfaat pull yang pertama adalah bisa melatih otot punggung. Ketika sahabat Dream melakukan latihan pull up, maka otot-otot yang ada di bagian punggung secara langsung akan terlatih. Selain bisa menguatkan, latihan pull up juga bisa membuat tubuh menjadi berbentuk V. Di mana bentuk inilah yang banyak diimpikan oleh sebagian besar orang.

Tentunya untuk mendapatkan otot punggung yang kuat serta bentuk tubuh V, maka sahabat Dream harus rutin melakukannya. Kamu bisa latihan di tempat gym atau bisa juga memasang rangka-rangka besi di rumah agar bisa berlatih di rumah saja.

Meningkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Manfaat pull up berikutnya adalah bisa meningkatkan kekuatan genggaman tangan. Ya, hal ini karena saat melakukan latihan pull up, kamu harus bisa meraih rangka besi di atas dan menggenggam dengan kuat agar tubuhmu tidak cepat jatuh.

Ketika latihan ini dilakukan secara terus-menerus, maka genggaman tangan akan semakin terbiasa dan menjadi kuat. Mengingat bahwa dengan memiliki genggaman tangan yang kuat akan sangat berguna untuk diri sahabat Dream. Misalnya bermanfaat saat sedang membawa barang belanjaan yang cukup banyak atau sedang melakukan olahraga yang membutuhkan genggaman, seperti olahraga bulu tangkis, tenis, golf, dan sebagainya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pull Up untuk Tubuh

Manfaat Pull Up untuk Tubuh© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, sahabat Dream tidak hanya perlu memenuhi asupan makanan yang mengandung kalsium saja. Tetapi juga harus diimbangi dengan olahraga, salah satunya adalah latihan pull up. Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa gerakan-gerakan yang tujuannya adalah melatih kekuatan, seperti pull up sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Untuk mendapatkan hasilnya yang maksimal, sahabat Dream bisa melakukan latihan pull up sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Perlu diingat juga bahwa pelaksanaannya harus dilakukan dengan benar agar kamu tidak terkena cedera.

Menguatkan Otot Lengan dan Bahu

Saat sahabat Dream melakukan latihan pull up, maka bagian tubuh yang sangat diandalkan adalah bagian tangan, lengan, dan bahu. Oleh karena itu, jika latihan ini dilakukan secara rutin, maka mampu untuk membuat otot lengan dan bahu menjadi lebih kuat.

Sedangkan bagi pemula, biasanya belum bisa melakukan latihan tersebut secara maksimal. Namun, janganlah dipaksakan. Asal terus berlatih secara rutin dan disiplin, maka seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih terbiasa. Bahkan intensitas juga semakin bertambah dan akan bisa kamu rasakan hasilnya untuk bagian otot lengan dan bahu.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pull Up untuk Tubuh

Manfaat Pull Up untuk Tubuh© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up yang tak kalah istimewa adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Menyadari bahwa penyakit yang berhubungan dengan jantung sangatlah berbahaya dan bisa mengancam nyawa seseorang. Oleh karena itu, olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat haruslah dijalankan meski dengan durasi dan gerakan yang sederhana saja. Sahabat Dream bisa memilih pull up sebagai latihan yang mampu menyehatkan jantung.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat pull up tidak hanya baik bagi kesehatan fisik dan melatih kekuatan saja, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan mental. Perlu disadari oleh setiap orang bahwa kesehatan mental sangatlah penting. Jika kesehatan mental seseorang terganggu, maka harus segera ditangani agar fisiknya juga tetap terjaga kesehatannya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 lalu menemukan korelasi positif antara latihan kekuatan dengan berbagai masalah mental. Latihan pull up yang dilakukan secara rutin mampu mengurangi gejala kecemasan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi kelelahan, dan mengurangi depresi.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pull up juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Meskipun tidak banyak membakar kalori, tetapu setidaknya latihan pull up bisa membakar sejumlah kalori. Jika sahabat Dream ingin lebih banyak membakar kalori, maka bisa dengan meningkatkan intensitas latihannya, banyak mengulang gerakannya, mempercepat gerakan, dan lebih sedikit untuk istirahat.

Ketika melakukan latihan pull up, maka jantung akan memompa dan meningkatkan metabolisme. Untuk melakukan olahraga diperlukan kalori dan pull up yang nantinya bisa membantu menurunkan berat badan.

Beri Komentar