MUFFEST 2020 Siapkan Kejutan Baru

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 28 Januari 2020 06:13
MUFFEST 2020 Siapkan Kejutan Baru
Mengusung konsep produk yang mendukung teknik upcycling, recycling, redesign dan zero waste.

Dream - Gelaran Muslim Fashion Festival 2020 (MUFFEST) akan kembali digelar pada 20-23 Februari mendatang di Jakarta Convention Center. Berbagai karya fashion ditampilkan dengan mengedepankan kaidah Islam dan kelestarian lingkungan.

Perhelatan busana ini mengajak para partisipan untuk peduli atas keberlangsungan kehidupan dan keselarasan lingkungan melalui berbagai upaya.

Salah satunya dengan mengusung konsep produk yang mendukung teknik upcycling, recycling, redesign dan zero waste.

Beberapa desainer yang akan menampilkan karya mereka antara lain Ria Miranda, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Sofie, Barli Asmara, Ayu Dyah Andari, ETU, KAMI, Deden Siswanto, Ivan Gunawan, Rani Hatta, Irna Mutiara, Wignyo Rahadi, Lisa Fitria, Raegitazoro, Hannie Hananto dan Itang Yunasz.

 MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

MUFFEST 2020 juga menggandeng para pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi pendukung industri mode melalui berbagai produk turunan fashion yang mereka hasilkan.

“ Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita seharusnya bisa menjadi pemain penting di industri pakaian muslim dunia. Kita memiliki potensi baik dari segi kualitas, kuantitas, inovasi, teknologi, tren dan lain-lain,"  ujar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber di Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

 MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

Melalui MUFFEST, diberharapkan semua pemangku kepentingan industri fashion muslim bisa mendukung tujuan ini dan menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dan pameran fashion muslim dunia. 

MUFFEST 2020 akan hadir Main Lobby, Plenary Hall dan Cendrawasih Hall JCC. Ada beberapa kejutan yang bakal menanti Sahabat Dream.

1 dari 3 halaman

Hijabers Luar Negeri dan Karya Ikonik

Selain fashion show, MUFFEST 2020 juga akan diramaikan dengan kegiatan talkshow, seminar dan area untuk exhibition retail (B2C). Program talkshow di gelaran tahun ini juga menghadirkan Summer Albarcha, fashion influencer dari New York.

 MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

Selain itu ada juga Modest Young Designer Competition (MYDC), kompetisi desainer muda di bidang fashion muslim serta Wardah NEXT FACE MUFFEST 2020, ajang muslimah inspiratif dan Wardah Make Up & Hijab Do Competition 2020 untuk para makeup enthusiast dan hijab stylist.

 MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

Beberapa desainer juga berkolaborasi dengan brand fashion muslim, seperti Deden Siswanto dan brand sarung Gajah Duduk yang sangat ikonik. " Kolaborasi dengan mereka ada 8 outfit yang menggunakan bahan sarung dan motifnya khas Gajah Duduk. Busana pria untuk beribadah akan kita angkat ke panggung runway," kata Deden.

2 dari 3 halaman

MUFFEST 2020 Hadirkan Sustainable Fashion

Dream - Peluang pasar fashion muslim semakin besar. Khususnya Indonesia dengan konsumsi fashion muslim yang meningkat senilai US$ 20 miliar dan laju pertumbuhan 18,2% per tahun.

Momentum ini menjadi peluang bagi para desainer muslim yang gencar menunjukkan potensinya di panggung lokal dan mancanegara.

Melihat perkembangan dan potensi fashion muslim Indonesia, Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo akan kembali menggelar MUFFEST pada 20 – 23 Februari 2020 di Jakarta Convention Center.

  MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

“ MUFFEST diarahkan sebagai muara dari perkembangan industri fashion muslim Indonesia meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun tren," tutur Ali Charisma, National Chairman IFC di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Menurut Ali, perhelatan ini sebagai upaya memperluas akses dan meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia. Tujuannya, agar dapat menguasai pasar lokal sekaligus bersaing di pasar global.

 

 

3 dari 3 halaman

Ramai Desainer Top

agelaran ke-5 ini kembali menghadirkan pameran dagang dan fashion show dari desainer Tanah Air seperti Deden Siswanto, ETU, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Lisa Fitria, Nuniek Mawardi, Rosie Rahmadi dan lainnya.

Mengusung tema 'Sustainable Fashion', para desainer dituntut menyajikan produk mode berkelanjutan yang sesuai dengan etika lingkungan.

" Kita berusaha mengurangi limbah fashion, namun tetap meningkatkan kesejahteraan pelaku mode dan menyelesaikan masalah masyarakat," ujarnya.

  MUFFEST 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Foto: Deki Prayoga/Dream.co.id

Selain itu, akan ada beberapa kegiatan interaktif seperti talkshow, fashion presentation, kompetisi Next Face MUFFEST dan Modest Young Designer Competition (MYDC).

Sahabat Dream juga bisa berbelanja di area MUFFEST Market yang menjajakan produk fashion, aksesori, makanan dan produk halal produksi UKM Tanah Air. (ism)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup