Sering Pakai Pewarna Bibir Berisiko Gagal Ginjal

Reporter : Kusmiyati
Sabtu, 21 Februari 2015 08:02
Sering Pakai Pewarna Bibir Berisiko Gagal Ginjal
Para peneliti mengatakan bahwa wanita yang menggunakan produk lipstik yang mengandung kadar logam berbahaya tinggi dapat menerima sebanyak seperlima risiko penyakit.

Dream - Pewarna bibir atau lipstik menjadi salah satu item wajib penunjang penampilan wajah. Riasan yang dilengkapi lipstik membuat wajah terlihat lebih segar. Namun hati-hati bagi yang gemar sekali menggunakan listik. Pewarna bibir ini bisa berbahaya untuk kesehatan.

Menurut University of California-Berkeley School dalam studi Kesehatan Masyarakat mengatakan lipstik mungkin termasuk jenis kadmium, dilansir Sheknows, Sabtu, 21 Februari 2015. 

Senyawa atau elemen ini sangat beracun dan dikaitkan dengan gagal ginjal. Para ilmuwan menemukan jejak sembilan logam berbahaya di 32 lipstik sampel penelitian. Kadar logam berbahaya yang melebihi standar kesehatan masyarakat dapat menimbulkan ancaman pada kesehatan tubuh.

Para peneliti mengatakan bahwa wanita yang menggunakan produk lipstik yang mengandung kadar logam berbahaya tinggi dapat menerima sebanyak seperlima risiko penyakit.

Hal ini terjadi jika mereka menerapkan produk lebih dari dua kali sehari. Studi ini ditulis dalam Environmental Health Perspectives.

" Jika ini adalah satu-satunya paparan kandungan sesuai dengan standar kesehatan masyarakat itu tidak akan menjadi masalah, tetapi ketika telah ditambahkan eksposur lain itu adalah masalah," kata Ilmuwan lingkungan di UC, S. Katharine Hammond.

Kepala toksikologi untuk Personal Care Products Council, Linda Loretz yang memimpin kelompok perdagangan industri kosmetik mengatakan hal ini perlu perhatian khusus. " Untuk lipstik tertentu yang sesuai dengan standar kesehatan masyarakat, masih ada yang tidak buruk untuk kesehatan," katanya.

Loretz menunjukkan bahwa ada lipstik yang juga mengandung kadar unsur asupan nutrisi untuk manusia, seperti kromium sehingga perlu perhatian khusus. Dia mengatakan bahwa asupan harian rata-rata 100 kali jumlah nutrisi ditemukan dalam lipstik dan lip gloss.

Food and Drug Administration menyetujui Titanium dan aluminium ada dalam lipstik, namun tetap sesuai takaran dan tidak menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan.  

Beri Komentar