Mengejutkan, Begini Hasil Survei Perilaku Digital Emak-Emak Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 28 November 2019 11:48
Mengejutkan, Begini Hasil Survei Perilaku Digital Emak-Emak Indonesia
Siap ambil keputusan secara mandiri dan tergantung dengan internet.

Dream - Sebuah survei kepada ibu rumah tangga dilakukan oleh Platform dan komunitas parenting, TheAsianParent. Penelitian ini berusaha membaca tren kebiasaan dan perilaku digital ibu rumah tangga di Indonesia.

Penelitian bertajuk Indonesia Digital Mums Survey 2029 itu melibatkan 1.281 ibu rumah tangga dari area Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, medan, dan Bandung.

" Survei ini dijalanin di dalam aplikasi kita, ditanya ke ibu-ibu di aplikasi dan sosial media, apa sih yang menjadi perhatian dia dalam mengambil keputusan keuangan," ujar AP Content Marketing Manager TheAsianParent Indonesia, Amanda Tabrani, di Jakarta, Rabu 27 November 2019.

Hasil survei itu menunjukkan gambaran mengenai cara ibu rumah tangga dalam mengambil keputusan. Ibu rumah tangga di Indonesia ternyata sudah tidak lagi bergantung pada suami dalam mengambil keputusan.

1 dari 2 halaman

Tergantung dengan Internet

AP Content Marketing Manager TheAsianParent Indonesia, Amanda Tabrani

AP Content Marketing Manager TheAsianParent Indonesia, Amanda Tabrani

Berdasarkan penelitian, sebanyak 91 persen ibu di Indonesia saat ini menganggap dirinya sebagai kepala rumah tangga di era modern dan pengambil keputusan utama dalam pembelian kebutuhan rumah tangga.

Data lain yang muncul yaitu ketergantungan emak-emak terhadap internet. Sebanyak 39 persen ibu rumah tangga tergantung dunia daring.

Emak-emak tersebut menggunakan internet untuk bermedia sosial, berbelanja melalui aplikasi daring, maupun mencari informasi tentang parenting.

2 dari 2 halaman

Cardless Society

Informasi tentang keluarga memang sudah banyak tersebar di internet tapi para ibu rumah tangga di Indonesia saat ini lebih suka menggunakan aplikasi.

Dalam memilih aplikasi membina keluarga ada tiga pertimbangan utama yaitu, kemudahan sebesar 72 persen, konten terkait tentang anak-anak sebesar 59 persen, dan konten kehamilan sebesar 51 persen.

Bagaimana tanggapan emak-emak ini soal tren belanja tanpa uang tunai atau cardless?

Dari survei yang digelar, sebanyak 64 persen emak-emak di Indonesia beralih ke uang elektronik atau dompet digital dan menggunakannya beberapa kali dalam sepekan. Sisanya, 34 persen, menggunakan uang elektronik hampir setiap hari.

Laporan: Shania Suha Marwan

Beri Komentar