CONNECT WITH US!

41 Orang Meninggal Akibat Terjangan Siklon Cempaka

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an | Selasa, 5 Desember 2017 18:00
Kepala Pusat Data Informasi Dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Dream/Muhammad Ilman Nafi'an)
Siklon Cempaka juga mengakibatkan intensitas hujan meninggi.

Dream - Banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh siklon tropis Cempaka di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, mengakibatkan 41 orang meninggal dunia.  Sebanyak 28.190 warga harus mengungsi.

" Jadi yang paling parah Wonogiri, Kulon Progo, Gunung Kidul, Bantul, Klaten dan Pacitan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Wilayah yang paling parah terdampak yakni Pacitan. Di salah satu kabupaten di Jawa Timur itu, 25 orang meninggal dunia, 1 orang belum ditemukan. Di Wonosobo, Jawa Tengah, 1 orang meninggal dunia, Purworejo 1 orang meninggal dunia, dan di Yogyakarta 10 orang meninggal dunia.

Sutopo menjelaskan, siklon tropis Cempaka memengaruhi peningkatan curah hujan dan mengakibatkan aliran sungai di Pacitan meluap. " Apalagi pada saat bersamaan laut yang ada di Teluk Pacitan mengalami gelombang tinggi atau pasang, sehingga menyebabkan banjir dan longsor bagian hulunya," ujar dia.

Punya asam lambung? Hindari 10 makanan & minuman ini