5 Misteri Laut yang Masih Belum Terungkap

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 27 Oktober 2014 08:03
5 Misteri Laut yang Masih Belum Terungkap
Kedalaman laut rata-rata adalah 14.000 meter, sehingga meninggalkan banyak ruang bagi misteri, mitos dan segala sesuatu di antaranya.

Dream - Mermaid mungkin tidak ada, tapi lautan masih menyimpan banyak misteri. Laut menjadi tempat berbagai makhluk aneh dan fenomena membingungkan yang jumlahnya tak terbatas.

Kedalaman laut rata-rata adalah 14.000 meter, sehingga meninggalkan banyak ruang bagi misteri, mitos dan segala sesuatu di antaranya.

" 95 Persen laut belum terjamah manusia," kata Fred Gorell, kepala urusan publik di Ocean Exploration and Research, sebuah divisi dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

" Setiap kali kami melakukan eksplorasi bawah laut, kami selalu melihat sesuatu yang baru, atau sesuatu yang diyakini baru."

Bagi Gorell, salah satu contoh paling ikonik dari kedalaman laut berasal dari proyek pemasangan kamera sekitar 2004. Dijuluki Operation Deep Scope, tim penjelajah menempatkan kamera di dasar laut dalam di Teluk Meksiko. Dalam sekejap, muncul penemuan baru.

" Tak sampai satu menit Kamera tersebut merekam video seekor cumi-cumi enam kaki yang belum pernah terlihat sebelumnya. Tidak diketahui keberadaannya di mana pun di planet ini," kata Gorell. " Jadi banyak sekali misteri di laut."

Nah, berikut lima misteri bawah laut yang belum terpecahkan hingga saat ini dikutip Dream.co.id dari Mashable. Cek halaman berikut!

1 dari 5 halaman

1968, Empat Kapal Selam Hilang

Dream - Pada tahun 1968, empat kapal selam dari berbagai negara benar-benar menghilang. Ada USS Scorpion (AS), INS Darak (Israel), Minerve (Perancis) dan K-129 (Uni Soviet).

Teori tentang hilangnya empat kapal selam yang tidak berhubungan tersebut bervariasi. Mulai dari meledaknya torpedo yang sengaja dirahasiakan oleh pemerintah (khususnya untuk Scorpion dan K-129).

Hilangnya keempat kapal selam itu masih menjadi misteri. Mengingat seberapa dalam sisa-sisa kapal selam itu bisa tenggelam, penjelasan logis mungkin tidak pernah ada. (Ism)

2 dari 5 halaman

Hiu Kanibal di Australia

Dream - Mungkin satu-satunya hal menakutkan dari hiu adalah hiu kanibal. Setelah para ilmuwan memasang sebuah tag untuk melacak hiu putih sepanjang sembilan kaki, mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan.

Hiu putih tersebut tiba-tiba menyelam ke kedalaman 1,903 kaki dan suhu pada tag menunjukan kenaikan drastis, dari 46 derajat Fahrenheit menjadi 78 derajat Fahrenheit.

Satu-satunya cara suhu bisa berubah secepat itu adalah jika hiu telah dimakan oleh sesuatu yang lebih besar.

Bukan kebiasaan hiu untuk makan hiu lainnya, meskipun kasus seputar hiu putih ini masih belum jelas. Para peneliti yang terlibat juga terombang-ambing teori paus pembunuh.

Tetapi yang lain mengatakan serangan itu kemungkinan dilakukan hiu putih kolosal kanibal seberat dua ton. (ism)

3 dari 5 halaman

Penemuan `Kota Atlantis` di Jepang

Dream - Kota yang hilang Atlantis telah menjadi favorit bagi dunia misteri. Namun Jepang rupanya punya cerita sendiri soal Atlantis.

Pada 1986, seorang penyelam lokal di dekat pulau Yonaguni Jima, selatan Jepang, menemukan bagian besar dari formasi bekas bangunan di bawah air.

Menurut seorang ahli geologi kelautan di Universitas Ryukyus, Masaaki Kimura, struktur tersebut terlihat seperti reruntuhan kastil, lima candi, sebuah arena dan gapura.

Beberapa percaya bahwa itu adalah reruntuhan kota kuno yang terkubur oleh gempa kuat. Namun profesor Robert Schoch dari Boston University, menyebut struktur tersebut adalah kasus alami dan klasik dari geologi dasar.

Kendati demikian, misteri ini masih belum terungkap kenapa struktur tersebut bisa membentuk seperti bekas istana. (Ism)

4 dari 5 halaman

Fenomena Laut Susu

Dream - Pelaut dahulu kala suka menceritakan kisah ketika mereka tiba-tiba melihat air laut yang berubah warna seperti air susu saat berlayar.

Ternyata, itu bukan hanya kisah seorang nelayan. Pada tahun 1995, sebuah kapal dagang Inggris mencatat bahwa laut tampak berwarna 'putih susu'.

Namun ilmuwan Steve Haddock di Monterey Bay Aquarium Research Institute, telah menemukan penyebab fenomena misterius itu meski itu masih menjadi teori pada 2005.

Menurut Haddock, bakteri bercahaya atau dinoflagellata adalah penyebab air laut bercahaya seperti air susu.

Sebuah studi lanjutan dari Haddock dan tiga ilmuwan lain menyimpulkan bahwa bakteri tersebut bersinar untuk menarik ikan agar mereka bisa hidup dalam tubuh pemangsanya.

Bakteri tersebut jumlahnya triliunan, tetapi para ilmuwan masih belum mengerti apa yang menyebabkan populasi bakteri sedemikian besar.

" Masih jauh lebih banyak pertanyaan daripada jawaban seputar laut susu," kata studi tersebut. " Kami baru menyadari begitu sedikitnya pengetahuan kita tentang tempat yang kita sebut 'Bumi' ini." (Ism)

5 dari 5 halaman

Segitiga Bermuda

Dream - Inilah misteri yang paling banyak dikupas oleh ilmuwan. Setelah menghilangkan beberapa benda yang melintasinya, Segitiga Bermuda berhasil tercatat dalam dunia misteri dan teori konspirasi.

Kejadian misterius dimulai pada 1918, ketika kapal angkatan laut AS USS Cyclops menghilang di bentangan Samudera Atlantik, yang dibatasi oleh Miami, Bermuda dan Puerto Rico.

Tidak ada panggilan darurat yang keluar dari kapal perang yang mengangkut 300 kru tersebut sebelum menghilang.

Pada 1945, lima pesawat pembom angkatan laut AS hilang saat terbang di atas Segitiga Bermuda dan kompas juga tidak bekerja. Mereka akhirnya kehilangan bahan bakar dan harus mendarat di laut.

Ketika sebuah pesawat penyelamat dikirim untuk menemukan mereka, kapal tersebut ikut menghilang bersama dengan orang-orang dalam pesawat pembom.

Teori tentang peristiwa tersebut bermunculan, mulai yang bersifat supranatural, aktivitas alien hingga adanya robekan di ruang waktu.

Namun teori ilmiah terbaru menyebutkan bahwa gas hidrat menciptakan lubang-lubang pembuangan di dekat wilayah tersebut. Namun tetap saja, Segitiga Bermuda masih menyimpan misteri. (Ism)

Beri Komentar