Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Teori Alternatif Peristiwa Besar dalam Sejara Dunia

8 Teori Alternatif Peristiwa Besar dalam Sejara Dunia (Brightside.me)

Dream - Manusia tidak bisa lepas dari sejarah. Dan di balik sejarah, terdapat banyak sekali teori yang menceritakan peristiwa-peristiwa besar yang membentuknya.

Karena itulah kita kadang bingung menentukan teori sejarah mana yang benar. Karena masing-masing hadir dengan sudut pandang sejarah yang berbeda-beda.

Dilansir oleh BrightSide.me, berikut ini teori alternatif dari peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah terkenal di dunia.

Teori alternatif yang memiliki sudut pandang berbeda dari sebelumnya ini belum tentu benar karena kesahihaannya belum teruji secara resmi.

1. Teori Alternatif Tenggelamnya Titanic

Teori Mengejutkan

Versi 1 menyebut bahwa kapal pesiar pertama terbesar di dunia yang tenggelam pada tahun 1912 adalah Olimpiade. Ini adalah kapal yang identik dengan Titanic. Olimpiade dibangun setahun sebelum Titanic dan ternyata sudah rusak sebelum diluncurkan. Selain itu, Olimpiade juga tidak punya asuransi untuk menutupi biaya pembuatannya. Untuk mengganti biaya kerusakan tersebut, White Star Line punya ide yang menjadi kasus kapal tenggelam terheboh sepanjang abad ini. Secara diam-diam mereka memutuskan untuk menukar kedua kapal tersebut sebelum berlayar.

Teori Mengejutkan

Versi 2 mengklaim bahwa Titanic mengalami kebakaran sebelum berangkat ke perjalanan debutnya. Bukti kuat kejadian tersebut bisa ditemukan pada sebuah foto tua kapal Titanic pada hari keberangkatannya. Pada sisi kapal tempat penyimpanan batubara terlihat bintik hitam besar yang bisa mengindikasikan adanya kebakaran internal. John Dilley, petugas pemadam kebakaran kapal, mengatakan dalam wawancaranya bahwa ada kebakaran sepanjang 5 hari di bunker nomor 6.

Teori Mengejutkan

Ada lagi versi ke tiga yang mengaitkan tenggelamnya kapal Titanic dengan artefak Mesir kuno dari British Museum. Artefak tersebut adalah bagian dari barang bawaan Lord Canterville di Titanic. Artefak itu berupa mumi pembawa sial yang sebenarnya adalah pendeta wanita bernama Amen-Ra.

2. Tahun Pembuatan Piramida Mesir

Teori Mengejutkan

Para ilmuwan masih memperdebatkan tahun pembangunan piramida Mesir yang dianggap struktur monumental tertua di dunia. Meski terdengar lucu, tapi perbedaan tahun pembuatannya selalu berubah dari beberapa abad sampai 1.000 tahun!

Sphinx Agung di Giza misalnya. Sphinx umumnya diyakini telah dibangun pada masa pemerintahan Firaun Khafre pada 25 SM. Namun, pada tahun 1857, Stele of Revealing ditemukan di Giza. Terjemahan teks di Stele mengatakan bahwa Firaun Khafre memerintahkan untuk merestorasi Sphinx Agung, bukan membangun yang baru. Jadi kita berhadapan dengan sebuah monumen yang lebih tua daripada yang dipercaya selama ini.

Teori Mengejutkan

Teori lain menyebutkan bagian perut pada tubuh Sphinx ternyata adalah sisa-sisa erosi air. Tapi cuaca di Mesir belum pernah begitu basah setidaknya selama 8.000 tahun. Hal ini membawa kita pada kesimpulan bahwa Sphinx mungkin berusia lebih dari 8.000 tahun.

Harta Karun Troy dan Perang Dunia II

3. Perburuan Harta Karun di Troy

Teori Mengejutkan

Dipercaya bahwa kota Troy kemungkinan besar terletak di bukit Hisarlik di Turki yang kemudian ditemukan oleh arkeolog Heinrich Schliemann. Namun, rekan-rekannya meragukan penemuannya dan menganggapnya sebagai pemburu harta karun.

Sekarang muncul teori bahwa Schliemann mempromosikan penemuannya sendiri. Dia menemukan reruntuhan kuno yang serupa dan mengubur sebongkah emas di dalamnya. Museum-museum di dunia memiliki keraguan yang signifikan tentang keaslian Treasure Priam yang ditemukan di sana.

4. Serangan Pearl Harbor Diprovokasi Amerika Sendiri

Teori Mengejutkan

Satu teori menunjukkan bahwa Franklin D. Roosevelt mengetahui bahwa satu-satunya cara untuk mempengaruhi sejarah dunia adalah ikut campur dalam Perang Dunia II, walaupun masyarakat Amerika menentangnya.

Teori ini mengklaim bahwa Roosevelt memprovokasi Jepang untuk memulai serangan dengan mengajukan sebuah ultimatum dalam bentuk Catatan Hull. Dia tahu tentang serangan yang direncanakan Jepang karena kapal induk AS sedang menuju pangkalan pada hari serangan tersebut. Bagi sebuah strategi perang, itu adalah langkah yang tepat.

 

Sejarah Mesir dan Kiev

5. Sejarah Mesir yang Kacau

Teori Mengejutkan

Isaac Newton adalah orang pertama yang mengenali kekacauan dalam karya monumentalnya The Chronology of Ancient Kingdoms Amended. Dia menemukan ada banyak ketidakcocokan. Misalnya, ada disambiguasi besar tentang jumlah total Firaun Mesir

Jean-François Champollion, seorang tokoh pendiri di bidang ilmu pengetahuan Mesir, menemukan nama Firaun Shoshenq I di Alkitab dan menandainya untuk memulai kronologi Mesir Kuno. Hal itu membuat kronologi sejarah Firaun menjadi kacau dan bahkan tidak merujuk ke Mesir sama sekali selama 3 abad.

6. Sejarah Kiev yang Hilang

Teori Mengejutkan

Negara Rusia Kuno, Kiev Rus, membingungkan para pakar sejarah. Pada abad ke-6, Kiev adalah permukiman Slavia pertama. Namun 3 abad kemudian, tiba-tiba menjadi ibukota kerajaan besar.

Tidak banyak yang disebutkan dalam kronik tentang Kiev Rus itu. Sehingga muncul pertanyaan ke mana peristiwa sejarah selama 300 tahun berlangsung di negara kuno itu?

Ada teori bahwa Nestor the Chronicler, seorang penulis kronik terkenal tentang Slavia Kuno, menulis buku tentang perintah dari Vladimir II Monomakh. Tujuannya adalah untuk memperkirakan kehebatan kota itu sebelum terjadi penurunan ekonomi.

 

Michael Jackson

7. Dinasti Pendiri Jerman Hanyalah Dongeng

Teori Mengejutkan

Dinasti Carolingian juga penuh misteri. Sejarawan Heribert Illig sangat percaya bahwa kaisar pertama yang diakui, Charles the Great, hanyalah tokoh fiksi. Arkeolog gagal menemukan apa pun tentang sejarah Jerman modern melalui dinasti ini, meski ada banyak penggambaran tentang kastil mereka dalam kronik tentang dinasti pendiri salah satu negara kuat di Eropa itu.

8. Michael Jackson Palsukan Kematian dan Pindah ke Bahrain

Teori Mengejutkan

Orang-orang yang percaya akan teori ini tampaknya lebih banyak daripada mereka yang hanya menghadapi kenyataan bahwa Raja Pop sudah lama pergi. Kematiannya meninggalkan banyak pertanyaan dan tidak memberikan cukup banyak fakta.

- Foto terakhir yang diambil bisa saja dipalsukan (warna kulitnya berbeda, dan gambarnya tidak jelas karena terhalang kaca film jendela mobil).

- Orang yang menelepon 911 sangat tenang dan bahkan tidak menyebutkan nama Jackson.

- Rekaman kamera keamanan menghilang seperti halnya dokter Michael Jackson setelah mengumumkan berita kematiannya.

- Beberapa hari sebelum kematian Jackson terlihat sehat secara fisik.

- Peti matinya ditutup saat pemakaman. Anggota keluarga mungkin tidak benar-benar menangisi kepergiannya.

- Sebuah buku harian ditemukan; pada beberapa halaman, penyanyi tersebut menulis tentang memalsukan kematiannya.

- Beberapa tahun sebelum kematiannya, Jackson suka menghabiskan waktu lama di Bahrain dan mempertimbangkan untuk pindah ke negara tersebut.

Di musim panas 2016, putrinya, Paris Jackson, memasang sebuah gambar di Twitter yang menarik perhatian publik.

Penggemar Paris mengira Jackson berada di kursi belakang mobil putrinya itu (tentu saja, foto tersebut perlu diedit tingkat kecerahannya dengan baik agar terlihat jelas).

(Sumber: Brightside.me)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
: Heboh Munculnya Piramida Baru di Antartika Membuka Ruang Diskusi Teori Konspirasi

: Heboh Munculnya Piramida Baru di Antartika Membuka Ruang Diskusi Teori Konspirasi

Kemunculan piramida di pegunungan di Antartika yang memicu kehebohan hingga memunculkan berbagai teori konspirasi.

Baca Selengkapnya
Kronologi Lengkap dan Fakta-Fakta Pembunuhan Sadis Pedagang Semangka di Kramat Jati: Ungkit Janji Korban Nikahi Istrinya

Kronologi Lengkap dan Fakta-Fakta Pembunuhan Sadis Pedagang Semangka di Kramat Jati: Ungkit Janji Korban Nikahi Istrinya

Diduga motif asmara, membuat pelaku gelap mata melakukan penyiraman air keras dan pembacokan kepada korban.

Baca Selengkapnya
Kronologi Lengkap dan Fakta-Fakta Anak Meninggal Dunia Usai Dibanting Ayah Kandung di Jakarta Utara

Kronologi Lengkap dan Fakta-Fakta Anak Meninggal Dunia Usai Dibanting Ayah Kandung di Jakarta Utara

Anak di Jakut dibanting ayah kandungnya berujung meninggal dunia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kapan Hari Ibu? Catat Tanggal Sambil Belajar Sejarahnya dan Ide Perayaan Sederhana

Kapan Hari Ibu? Catat Tanggal Sambil Belajar Sejarahnya dan Ide Perayaan Sederhana

Sejarah Hari Ibu mengajarkan kita untuk selalu menghargai peran ibu dalam kehidupan.

Baca Selengkapnya
Tak Sabar Kerja sebagai Presiden, Prabowo Sudah Tentukan Kriteria Calon Menteri: Bukan Tukang Teori

Tak Sabar Kerja sebagai Presiden, Prabowo Sudah Tentukan Kriteria Calon Menteri: Bukan Tukang Teori

Prabowo ingin menterinya nanti merupakan orang-orang yang bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dia enggan mengajak orang-orang yang hanya pintar teori

Baca Selengkapnya
Mengenal D915, Jalanan Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Mengenal D915, Jalanan Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Mengenal D915, sebuah jalanan berbahaya yang terletak di pegunungan dengan tikungan tajam dan jalanan berkelok.

Baca Selengkapnya
Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Tanpa disadari, sapi memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai keunikan. Yuk, simak 6 jenis sapi paling unik di dunia!

Baca Selengkapnya