Hukum Mengajak Balita ke Masjid

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 6 Desember 2016 20:02
Hukum Mengajak Balita ke Masjid
Banyak kasus anak-anak balita malah kerap bermain dan berlari-lari di dalam masjid. Hal itu wajar, mengingat usia mereka yang masih di tahap tumbuh kembang.

Dream - Masjid adalah tempat suci bagi umat Islam. Karena istimewa, umat Islam menaruh penghormatan begitu tinggi pada masjid.

Karena kedudukannya yang sangat istimewa, maka banyak orang yang mengajak anak-anaknya, terutama para balita pergi ke masjid. Mereka ingin menanamkan kesadaran dan cinta masjid kepada anak-anaknya sejak dini.

Banyak kasus anak-anak balita malah kerap bermain dan berlari-lari di dalam masjid. Hal itu wajar, mengingat usia mereka yang masih di tahap tumbuh kembang.

Karena mereka kerap bermain-main, banyak yang menilai kehadiran para balita justru mengganggu. Lantas, bagaimana hukumnya mengajak balita ke masjid?

Mendekatkan anak kepada masjid tentu hal yang baik. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan masjid. Selain itu, masjid tentu akan menjadi bagian dari diri mereka.

Tetapi, para ulama memberikan peringatan tertentu yang perlu diperhatikan orangtua. Ini dimaksudkan agar nilai-nilai masjid tidak terkurangi.

Terkait hal ini, Syeikh Zakaria Al Anshari memberikan penjelasan dalam kitab Asnal Mathalib Syarhu Raudhatit Thalib.

" Walid An Nasyiri mengeluarkan fatwa bahwa pengajaran anak-anak di masjid adalah hal yang baik. Anak-anak bebas memasuki masjid sejak era Rasulullah SAW hidup hingga kini tanpa dipermasalahkan. Pendapat yang menyatakan makruh atas masuknya anak-anak ke dalam masjid tidak berlaku secara mutlak. Kemakruhan ini berlaku hanya untuk anak-anak yang belum mumayyiz yang belum terbebani ibadah dan hajat terhadapnya. Tetapi pahala pengajaran anak-anak melebihi pengurangan pahala karena hukum makruh anak-anak memasuki masjid."

Dalam penjelasan tersebut, balita tergolong anak-anak belum mumayyiz (dapat membedakan baik dan buruk). Sehingga jika pun diterapkan aturan, mereka tentu belum bisa menaati lantaran belum paham

Ada baiknya masjid menyediakan ruang khusus anak. Ini dimaksudkan agar anak-anak tidak mengganggu jemaah saat sholat.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar