Hukum Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 4 Desember 2016 18:02
Hukum Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian
Sementara terkait perkara tidak mengenakan pakaian saat tidur, Ibnu Katsir memberikan penjelasan.

Dream - Tidur telah menjadi objek sejumlah penelitian. Kualitas tidur akan mempengaruhi kesehatan seseorang, menurut beberapa penelitian.

Terdapat pula penelitian yang menyarankan tidur dilakukan dengan tanpa menggunakan pakaian. Hal itu diklaim dapat membuat tubuh menjadi lebih segar.

Lantas, bagaimana Islam memandang hal ini?

Dalam Alquran Surat An Nur ayat 58, terdapat tiga waktu bagi seseorang untuk dimintai izin diganggu oleh orang lain.

" Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya’. (Itulah) tiga ‘aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Ayat di atas menandakan tiga waktu seseorang yang tidak boleh diganggu baik oleh anak maupun keluarga lain. Tiga waktu tersebut yaitu saat menjelang subuh, saat berdua dengan istri atau suami, atau setelah isya yang merupakan waktu tidur.

Sementara terkait perkara tidak mengenakan pakaian saat tidur, Ibnu Katsir memberikan penjelasan.

" Di waktu qoilulah (tidur di siang hari) biasa pakaian dilepas karena tidur dengan istrinya."

Penjelasan Ibnu Katsir menunjukkan seseorang dibolehkan tidur tanpa mengenakan pakaian jika berada di kamar tidurnya secara khusus dan selama tidak khawatir orang lain melihat auratnya.

Selengkapnya...

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitarmu atau yang kamu temui ke komunitas@dream.co.id dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Beri Komentar