Ilmuwan Ternama: Alien Tidak Ada, Manusia Hanya Sendirian

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 29 Oktober 2014 08:45
Ilmuwan Ternama: Alien Tidak Ada, Manusia Hanya Sendirian
Kata dia, manusia adalah makhluk unik. Proses biologis yang menyebabkan terbentuknya kehidupan cerdas di Bumi hanya kebetulan semata dan tidak akan terulang di mana pun di alam semesta.

Dream - Ilmuwan terkemuka asal Inggris, Profesor Brian Cox, mengklaim bahwa manusia adalah satu-satunya makhluk cerdas yang ada di alam semesta. Artinya, kehidupan mahluk luar angkasa atau alien tidak mungkin ada.

Menurut Profesor Cox, manusia adalah makhluk unik. Proses biologis yang menyebabkan terbentuknya kehidupan cerdas di Bumi hanya kebetulan semata dan tidak akan terulang di mana pun di alam semesta.

Dalam sebuah film dokumenter BBC, Human Universe, Profesor Cox mengatakan kurangnya bukti nyata tentang kehidupan alien di planet lain telah menimbulkan kemacetan evolusi.

Bagi Profesor Cox, hanya ada satu peradaban teknologi yang begitu maju di galaksi ini dan itu adalah kita. Dan kita adalah makhluk yang unik.

Terkait asal-usul bentuk kehidupan yang kompleks, Profesor Cox berkata, " Kami masih terus berusaha memahami bagaimana itu bisa terjadi. Benar-benar tidak masuk akal. Kami yakin hal itu hanya terjadi sekali di kehidupan laut Bumi purba."

Beberapa bulan lalu, para ilmuwan mengklaim bahwa cara terbaik menemukan bentuk kehidupan alien adalah dengan meneliti tumbuh-tumbuhan, bukan binatang.

Dua ahli astrofisik Princeton University mengatakan ilmuwan seharusnya mengalihkan perhatian pada jejak klorofil di planet-planet di luar galaksi kita (exoplanet).

Namun mereka mengatakan hal itu hanya bisa dilakukan di masa datang dengan menggunakan teleskop NASA yang khusus meneliti exoplanet.

Timothy Brandt dan David Spiegel mengatakan kita mungkin bisa mendeteksi jejak air, oksigen dan klorofil di planet asing. Bahkan, NASA memprediksi 100 juta planet di galaksi kita dapat dihuni oleh alien.

NASA juga yakin bahwa dalam 20 tahun mendatang, mereka akan menemukan kehidupan alien yang kemungkinan besar berada di luar galaksi kita.

Beri Komentar