Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Kalahkan Dubai

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 6 November 2019 19:00
Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Kalahkan Dubai
Google ingin hadir di ibu kota baru tersebut.

Dream - Jokowi punya mimpi baru. Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini ingin menjadikan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, sebagai kota terbaik di dunia.

" Kita memang mimpinya memang harus tinggi," ujar Jokowi, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 6 November 2019.

Dia mengatakan, ibu kota negara yang baru harus bisa melebihi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA), yang memiliki kota paling bahagia. Dia ingin ibu kota baru tersebut menjadi kota terbaik dan paling inovatif di dunia.

" Jika Dubai punya jargon the happiest city on the earth, ibu kota baru nanti, the best on earth, yang cleanest city, the most innovative city, dan the most yang lainnya," tambah Jokowi.

Ibu kota baru, tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bukan hanya memindahkan istana dan kantor pemerintah saja. Dia ingin, pembangunan kota yang cerdas.

" Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada cluster pemerintahan, ada cluster teknologi dan inovasi seperti Silicon Valley. Ada cluster pendidikan, universitas terbaik ada di sana, cluster layanan kesehatan, dan cluster wisata," kata dia.

1 dari 5 halaman

Jokowwi ingin penghuni ibu kota baru menggunakan moda transportasi yang bebas emisi.

" Bukan hanya kota pemerintahan. Kota baru juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi yang pekerjakan orang kelas dunia," ucap dia.

Jokowi mengklaim, Google Global Talent juga ingin hadir di ibu kota baru tersebut.

" Diaspora kita akan pulang dan menarik orang hebat dunia untuk tinggal di sini. Hal ini akan terjadi jika kota ini sediakan lapangan kerja yang berkelas," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

2 dari 5 halaman

Basuki Hadimulyono Kaget Peserta Sayembara Desain Ibu Kota Baru Membludak

Dream - Basuki Hadimuljono dipastikan kembali membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemerintahan. Dia kemungkinan besar tetap menjadi andalan Jokowi dalam menuntaskan berbagai proyek infrastruktur.

Meski tak menyebutkan posisi menteri yang akan diampunya, Basuki mengatakan telah mendapat perintah dari Jokowi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur.

" Beliau menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang beliau canangkan dalam pidato," ujar Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Basuki juga sempat ditanya tentang perkembangan sayembara desain Ibu Kota baru. Dia menuturkan sayembara sedang berjalan dan telah diikuti ratusan peserta.

" Ada 762 peserta, beliau sangat surprise 'Kok banyak sekali yang ikut?'" kata Basuki.

Dari perkiraan Basuki, para peserta termotivasi mengikuti sayembara bukan karena hadiah yang ditawarkan. Melainkan karena semangat untuk terlibat dalam pembangunan.

" Masuk 10 besar sebagai para ahli menurut mereka sudah membanggakan," kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki menegaskan siap melaksanakan tugas sebagai menteri kembali. Dia akan berusaha semaksimal mungkin bekerja.

" Jabatan buat saya adalah perintah, tidak hanya amanah dari Allah. Jadi kalau sudah perintah, maka saya harus laksanakan," kata dia.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

3 dari 5 halaman

Sesuai Prediksi, Basuki Hadimuljono Dipanggil Jokowi Lagi

Dream - Basuki Hadimuljono juga terlihat hadir di hari kedua pemanggilan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Basuki tampak muncul di Istana Kepresiden pada sekitar pukul 11.20 WIB dan langsung menuju ruang pertemuan.

Basuki sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Kerja Jilid I.

Dia termasuk salah satu menteri dengan latar belakang profesional. Nama Basuki berkali-kali diprediksi bakal kembali masuk ke dalam Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Maruf Amin. 

Sebelum Basuki, Politisi PPP Suharso Monoarfa juga terlihat hadir di Istana. Dia tiba sekitar pukul 11.13 WIB sendirian.

Suharso juga tidak memberikan pernyataan apapun. Dia langsung menuju ruang pertemuan.

Sebelumnya, beberapa nama hadir memenuhi panggilan Jokowi. Mereka berasal dari sejumlah latar belakang, mulai dari eks menteri, politisi, dan profesional.

Sumber: Merdeka.com

4 dari 5 halaman

Sri Mulyani Indrawati Tetap Jabat Menteri Keuangan

Dream - Sri Mulyani Indrawati dipastikan tetap duduk di kursi jajaran menteri kabinet baru. Presiden Joko Widodo meminta mantan direktur Bank Dunia itu untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

" Bapak Presiden meminta saya untuk tetap menjadi Menteri Keuangan," ujar Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

Sri mengatakan perbincangannya dengan presiden terkait sejumlah hal. Beberapa di antaranya mengenai penciptaan lapangan kerja, mendorong perekonomian dan meningkatkan kualitas penciptaan kesempatan kerja serta UKM.

Selain itu, Jokowi memberikan kepercayaan penuh kepada Sri menjalankan wewenang. Terutama dalam mengeluarkan kebijakan fiskal.

" Menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu para menteri-menteri terkait dalam mewujudkan ketahanan ekonomi," kata dia.

Sri menjadi satu-satunya calon menteri yang terbuka mengenai posisi yang akan diembannya. Berbeda dengan calon lainnya yang masih menunggu pengumunan Jokowi.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

5 dari 5 halaman

Agus Gumiwang dan Juliari Batubara Merapat ke Istana

Dream - Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi orang ketiga yang hadir di kompleks Istana Kepresidenan.

Politisi Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.00 WIB di hari kedua penyaringan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 22 Oktober.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Agus tampak berjalan dengan santai. Dia sempat melambaikan tangan namun tidak memberikan keterangan apapun.

Agus Gumiwang dan Juliani Batubara Muncul di Istana, Bakal di Kabinet?© MEN

Agus lalu langsung menuju area pindai keamanan. Untuk kemudian menuju ruang pertemuan dengan Jokowi.

Agus pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di periode pertama pemerintahan Jokowi. Agus menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Beberapa saat setelah kedatangan Agus, politisi PDIP Juliari Batubara juga terlihat di Istana. 

Juliari Batubara© Tangkapan Layar Kompas TV

Dia datang sekitar pukul 10.13 WIB, mengenakan kemeja putih lengan pendek. 

Sebelum Agus dan Juliari, terdapat dua orang yang telah tiba di Istana lebih dulu. Keduanya yaitu Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar