Kebakaran di Kejaksaan, Mahfud MD Pastikan Dokumen Perkara Aman

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 23 Agustus 2020 09:25
Kebakaran di Kejaksaan, Mahfud MD Pastikan Dokumen Perkara Aman
Api yang sangat besar melalap salah satu gedung di Komplek Kejaksaan.

Dream - Kebakaran hebat terjadi di gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan pada Sabtu, 22 Agustus 2020 malam. Insiden ini memunculkan spekulasi banyak berkas perkara, terutama bukti, bakal hilang.

Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengungkap dokumen perkara tetap aman. Hal ini disampaikan Mahfud di akun Twitternya.

" Terkait kebakaran di gedung Kejagung, dapat diinfokan bahwa dokumen perkara aman. Sehingga kelanjutan penanganan perkara takkan terlalu terganggu," kata Mahfud.

Ia juga menegaskan sudah berkomunikasi dengan pihak Kejagung. Rupanya yang terbakar adalah ruang intelijen dan SDM (sumber Daya Manusia).

" Yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM. Saya sudah bicara langsung dengan Jaksa Agung Pak ST Burhanuddin dan Jampidum Pak Fadhil Zumhana," ungkap Mahfud.

Dia mengaku terkejut dengan kabar gedung Kejagung terbakar. Apalagi beredar video besarnya api di gedung Kejagung.

" Iya gede sekali kalau listrik mungkin agak terbatas. Saya awan di kebakaran tapi menurut saya ini kok seperti luar biasa sampai sekian lantai dan besar sekali," ujar Mahfud.

 

1 dari 4 halaman

Kebakaran di Lantai 6

Kebakaran menghanguskan bagian gedung di lantai 6 Kompleks Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Sabtu malam. Polisi turun tangan membantu pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Kapolsek Kebayoran Baru, AKBP Jimmy Christian Samma menjelaskan, kebakaran gedung Kejaksaan Agung diduga berawal dari lantai 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

" Api diduga dari antai 6 sampai sekarang api masih besar. Kami bersama-sama dengan pemadam ini untuk berusaha menguasai api," ujar Jimmy, dikutip dari Liputan6.com

Jimmy mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung. Namun, hal itu usai api berhasil dipadamkan.

" Ya tetap prosedural setelah selesai baru kita bicara tentang prosesnya karena ini lagi berupaya menguasai api dulu sampai sekarang api masih ada," ujar dia.

Laporan: Liza Egeham/ Sumber: Liputan6.com

2 dari 4 halaman

Video Gedung Kejaksaan Agung Terbakar, Api Mengamuk Dahsyat

Dream - Gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, terbakar, Sabtu 22 Agustus 2020. Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menakhlukkan si jago merah.

" Lagi proses pemadaman. Sudah 17 unit (mobil pemadam) yang kami kerahkan," ujar Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sugeng, dikutip dari Liputan6.com.

Sugeng mengaku mendapat laporan kebakaran sekitar pukul 19.10 WIB. Hingga kini petugas pemadam terus berjuang menjinakkan api yang berkobar.

3 dari 4 halaman

Video kebakaran ini pun beredar luas di media sosial. Rekaman berdurasi 22 detik menampilkan kobaran api melalap lantai atas gedung tersebut. Seorang perekam juga menarasikan bahwa kebakaran terjadi di Kejaksaan Agung.

" Hey abang-abang tanggal 22 Agustus jam 7 malam terjadi kebakaran di Gedung Kejaksaan Blok M. Untuk yang melintas untuk mencari jalur lain dulu ya, karena pasti akan terjadi penutupan jalan di sini. Untuk sementara ini blanwir belum sampai di lokasi, sementara di amankan oleh petugas setempat untuk clear area," kata pria yang merekam video tersebut.

4 dari 4 halaman

Beri Komentar