Kemenag Rombak Sistem Pendidikan Madrasah

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 15 Maret 2018 14:00
Kemenag Rombak Sistem Pendidikan Madrasah
MAN Insan Cendekia merupakan salah satu rintisan madrasah tersukses yang dibuat pemerintah.

Dream - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin berencana merombak sejumlah madrasah. Kamaruddin akan membuat madrasah memiliki daya saing tinggi dan mengawal generasi muslim milineal.

“ Perombakan madrasah menjadi pekerjaan Kementerian Agama secara berkesinambungan dan konsisten dilakukan agar menjangkau lebih banyak sekolah di berbagai pelosok negeri,” kata Kamaruddin, Rabu, 15 Maret 2018.

Perombakan semacam ini sebetulnya telah dilakukan Kemenag dalam beberapa tahun belakang. Tetapi, frekuensi pembenahan itu akan meningkat pada tahun-tahun ini.

 Kemenag Akan Rombak Sistem Pendidikan Sejumlah Madrasah© MEN

Kamaruddin mengatakan sejumlah madrasah telah berhasil dinaikkan levelnya hingga menjadi sekolah favorit di daerahnya.

Dia mencontohkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia yang tersebar di 20 kota di Indonesia, dan sejumlah MAN lain di berbagai kota.

“ Madrasah-madrasah di Indonesia harus meneguhkan jatidirinya sebagai madrasan keagamaan, sains, atau vokasional agar mereka memiliki prioritas yang jelas,” ucap dia.

Kamaruddin menyebut perombakan madrasah itu akan menyasar meningkatkan tata kelola dan layanan, akuntabilitas program pendidikan Islam, peningkatan mutu, dan tata kelola guru serta tenaga kependidikan.

(Sah)

 

Beri Komentar