Program Beasiswa Santri Berprestasi Dibuka, Buruan Daftar!

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 15 Maret 2018 11:00
Program Beasiswa Santri Berprestasi Dibuka, Buruan Daftar!
Beasiswa yang ditawarkan untuk 290 orang yang lolos.

Dream - Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama (Kemenag) resmi dibuka hari ini, (Kamis, 15 Maret 2018). Masa pendaftaran akan berlangsung sebulan hingga 15 April 2018.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan PBSB merupakan program yang telah bergulir sejak 2005. Program ini hadir sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memperluas akses bagi santri agar bisa kuliah di perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“ PBSB sekaligus menjadi bentuk kehadiran negara dalam mengapresiasi kontribusi pesantren dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi, pesantren sudah menjadi sumber mata air keilmuan sejak abad 14, sebelum Belanda menjajah,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018 kemarin.

Program ini tidak hanya berfokus pada pendidikan keagamaan. Berbagai keilmuan umum semisal sosiologi maupun kedokteran juga ditawarkan agar kiprah alumni pesantren di masa mendatang lebih variatif.

“ Program ini sudah berjalan lebih sepuluh tahun. Faktanya, para santri saat diberi kesempatan, mereka terbukti tidak kalah dengan siswa lain,” ujar dia.

Sejak 2005, kata Kamaruddin, total sudah ada 4.276 santri penerima beasiswa PBSB. Sebanyak 3.428 santri merupakan lulusan sarjana dan mengabdi pada beragam profesi. Sementara 848 santri lainnya masih menjalani kuliah.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan masa pendaftaran calon peserta PBSB tahun ini sebetulnya akan dibuka pada 28 Maret 2018. Rencana itu dimajukan menjadi tanggal 15 Maret 2018 berdasarkan hasil diskusi bersama dengan Perguruan Tinggi Mitra (PTM).

“ Jadi kita menghindari pelaksanaan seleksi mendekati Idul Fitri,” kata Ahmad Zayadi.

Di tahun ini, kata Zayadi, kouta PBSB yang ditetapkan berjumlah 290 orang dan tersebar 14 PTN, yang terdiri dari tujuh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan tujuh perguruan tinggi umum.

" Selain mendapat biaya perkuliahan, para santri yang lolos seleksi PBSB nantinya akan mendapat insentif bulanan serta dana pembinaan," ucap Zayadi.

Untuk info selengkapnya mengenai pendaftaran PBSB ini, kamu dapat mengunduh Petunjuk Teknis PBSB Tahun 2018 pada tautan berikut ini.

Beri Komentar