Semakin Tegang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempur AS Vs Korut

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 27 September 2017 14:00
Semakin Tegang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempur AS Vs Korut
Korea Utara punya kapal selam yang lebih banyak ketimbang Amerika Serikat.

Dream - Perang mulut antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan pemimpin tertinggi Korea, Utara Kim Jong-un, terus memanas.

Trump sempat mengejek Kim sebagai 'Bocah Rudal'. Sementara itu, Kim membalas Trump dengan sebutan Dotard atau 'Orang Tua yang Pikun'.

Ejekan Trump kepada Jong-un mendapat reaksi keras dari Korut. Mereka menganggap ejekan Trump sebagai tantangan perang. Lantas, bila perang itu benar-benar terjadi, seberapa kuat militer dua negara ini?

Amerika Serikat sebagai negara adidaya dikenal kerap menyerang negara-negara yang dianggap 'mengancam'. Vietnam, Jepang, Suriah, Afghanistan, hingga Iraq pernah merasakan serangan negeri Paman Sam.

Menurut laman Global Fire Power (GFP), teknologi armada negara adi daya itu sangat modern. Dengan armada tempur dan pasukan yang berjumlah banyak, GFP menempatkan AS di posisi pertama negara dengan kekuatan armada dan pasukan perang terkuat.

Sementara itu, Korut ditempatkan di posisi ke-23. Tetapi, Korut sebagai negara militeristik tak bisa dianggap sembarangan. Mereka memiliki total pasukan militer siap perang yang jauh lebih banyak ketimbang AS. Korut memiliki 6.445.000 pasukan dan Amerika Serikat memiliki 2.363.675 pasukan.

Tetapi, patut dilihat, dari data ini sebetulnya AS memiliki pasukan aktif ketimbang Korut. Amerika Serikat punya 1.373.650 pasukan militer dan Korut punya 945.000 pasukan.

Jumlah pasukan Korea Utara siap perang menjadi lima kali lipat karena warga siap perang yang berjumlah 5.500.000 orang.

Beralih ke armada tempur. AS dikenal memiliki pesawat tempur muthakir. Jumlahnya 13.762 unit. Sedangkan Korut memiliki 944 unit pesawat tempur.

Yang cukup bisa diimbangi Korut ialah ketersediaan armada tempur darat. Tank yang dimiliki Korut berjumlah 5.025 unit, sementara AS memiliki 5.884 unit.

Untuk artileri dan peluncur roket Korut unggul dari AS. Peluncur roket Korea Utara punya 2.400 unit dan Amerika Serikat 1.331 unit.

Beralih ke kekuatan armada laut. Dari data yang disajikan GFP, secara mengejutkan, Korut memiliki armada perang laut yang terbilang kuat. Jumlahnya 976 unit. Meski tak memiliki kapal induk, Korut punya 76 kapal selam, sedangkan AS 70 unit.

Tentu saja, perbandingan ini tidak termasuk senjata rahasia yang dikembangkan kedua negara. Senjata rahasia yang dimaksud ialah bom nuklir.

Melihat eskalasi konflik kedua negara, Mantan Duta Besar AS untuk China era Presiden Barack Obama, Max Baucus, mengatakan perlunya kehati-hatian bagi AS. Menurut The Independent, Max mengatakan jika sampai AS menyerang rudal ke Korut maka konsekuensi mengerikan akan terjadi.

" Karena satu saja serangan rudal AS ke Korut akan menimbulkan bencana yang sangat besar," kata Max, Rabu 27 September 2017.

Max memiliki keyakinan Pentagon dan departemen negara lainnya cukup bijak untuk menghindari inisiasi serangan rudal ke Korea Utara.

Semoga saja perang itu tak terjadi.

Beri Komentar