Memilukan, Ini Kata Pencarian Terbanyak Warga Suriah di Google

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 2 Oktober 2015 13:02
Memilukan, Ini Kata Pencarian Terbanyak Warga Suriah di Google
Kata kunci Google ini mungkin menjadi jawaban bagi warga Suriah menyelamatkan hidupnya.

Dream - Netizen di Indonesia biasanya berpaling ke situs Google untuk mencari informasi yang tengah menjadi tren. Kemarin, kata-kata seperti `Amel Alvi` dan `1 Oktober` menjadi trending search di mesin pencari raksasa tersebut.

Namun jika Anda sesaat menengok netizen Suriah, negeri yang tengah dilanda konflik sipil, kata-kata  terpopuler pencarian Google mungkin akan membuat hati Anda hancur. Mereka memakai kata-kata pencarian untuk menemukan jawaban yang mungkin bisa menyelematkan hidup mereka.

Dalam empat tahun terakhir, perang sipil di negara yang kini porak poranda itu telah membuat 4,1 juta orang mengungsi. Lari ke berbagai negara di Timur Tengah dan kini menyebur Eropa.

Laman Time mengutip al-Jazeera menemukan dua kata terpopuler yang sampai kini banyak dipakai warga Suriah di Google adalah 'Imigrasi ke Jerman' dan 'Suaka di Jerman'.

Sebagian lagi banyak memakai kata pencarian 'Peta Eropa dalam Bahasa Arab'.

Warga Suriah yang tak berusaha keluar dari negaranya juga mencari jawaban lewat Google. Tujuannya untuk membuat mereka aman saat tinggal di rumah.

Yang menyedihkan, lebih dari dua pekan, para penduduk yang terkurung ini banyak menggunakan pencarian Google untuk mencari lokasi rumah sakit terdekat. Sisanya mencari jawaban bagaimana cara merawat luka, proses penyembuhan trauma.

Kalimat pencarian seperti 'Palang Merah Suriah' dan Bantuan Penanganan Trauma di Rumah' juga mengisi daftar teratas warga Suriah.

Namun tetap saja, banyak warga Suriah yang memilih untuk meninggalkan negaranya daripada menyelamatkan diri di dalam negerinya.

Menurut al-Jazeera, kata pencairan rute perjalanan ke Turki dan Yunani juga populer dicari penduduk yang mengungsi dari daerah konflik.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik