Menteri Lukman Kaji Peluang Ajukan Gugatan Kasus Tragedi Mekah

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 19 September 2015 13:01
Menteri Lukman Kaji Peluang Ajukan Gugatan Kasus Tragedi Mekah
Sistem hukum Arab Saudi memungkinkan untuk mengajukan gugatan atas tindak kelalaian yang dilakukan perusahaan hingga menyebabkan hilangnya nyawa.

Dream - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tengah mengkaji peluang mengajukan gugatan atas kasus tragedi Mekah kepada pihak pengembang. Dia mendasarkan hal ini pada pernyataan Kerajaan Arab Saudi yang berkenan memfasilitasi gugatan tersebut.

" Terbuka peluang untuk menyampaikan tuntutan hak khusus sesuai dengan hukum yang berlaku di Arab Saudi," ujar Lukman, dikutip Dream dari kemenag.go.id, Sabtu, 19 September 2015.

Lukman menjelaskan sistem hukum di Arab Saudi memungkinan seseorang mengajukan gugatan atas tindakan kelalaian yang berujung pada hilangnya nyawa. Gugatan tersebut masuk kategori tuntutan khusus.

" Jadi di Arab Saudi ada ketentuan bagi perusahaan atau pihak-pihak tertentu yang karena satu dan lain hal melakukan kelalaian yang mengakibatkan jatuhnya korban hilangnya nyawa seseorang itu bisa diajukan tuntutan khusus," ungkap Lukman.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan gugatan tetap bisa diajukan terlepas dari adanya santunan dari Raja Saudi untuk korban. Ini lantaran objek gugatan bukanlah kerajaan, melainkan pelaksana proyek perluasan Masjidil Haram yaitu perusahaan properti Bin Ladin Group.

Atas hal ini, Lukman mengaku masih akan melakukan pengkajian terkait peluang pengajuan gugatan tersebut.

Beri Komentar