Mitos Manusia Salju Yeti Terkuak, Hasilnya Mengejutkan!

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 Desember 2017 13:02
Mitos Manusia Salju Yeti Terkuak, Hasilnya Mengejutkan!
Ternyata, semua sisa-sisa temuan di Himalaya itu adalah...

Dream - Beberapa tahun terakhir ini dunia ilmu pengetahuan digemparkan oleh temuan sisa-sisa Yeti, makhluk legenda dari Gunung Himalaya.

Tetapi, menurut penelitian terbaru, temuan yang disebut sebagai sisa-sisa Yeti itu ternyata palsu. Delapan spesimen, termasuk tulang, gigi, kulit, rambut dan sampel feses Yeti itu sebenarnya berasal dari beruang dan anjing.

Laporan Mirror UK, semua sisa-sisa yang dikumpulkan dari Himalaya dan dataran tinggi Tibet itu diklaim sebagai bukti keberadaan si manusia salju Yeti. 

Hasil tes DNA membuktikan bahwa sisa-sisa tersebut tidak ada hubungannya dengan makhluk mirip manusia berbulu yang tinggal di daerah terpencil di Nepal dan Tibet tersebut.

Dr Charlotte Lindqvist, ilmuwan terkemuka dari University of Buffalo, Amerika Serikat, mengatakan, " Temuan ini membuat kami sangat yakin bahwa ciri-ciri biologis legenda Yeti dapat ditemukan pada beruang lokal. Ini semakin jelas bahwa sebagian besar legenda Yeti itu berkaitan dengan beruang."

Lindqvist mengatakan, penelitian yang ditulis dalam jurnal Proceedings of The Royal Society B itu merupakan 'analisis yang paling terperinci sampai saat ini' tentang makhluk mitos tersebut.

Legenda Yeti selama ini merupakan bagian dari cerita rakyat Nepal yang telah berusia ratusan tahun. Tetapi, kisah manusia salju itu baru pertama kali muncul dalam budaya populer Barat pada abad ke-19.

Sejumlah penampakan dan jejak kaki makhluk itu diduga sengaja dibuat, dengan dukungan foto buram dan rekaman video berkualitas rendah.

Selain membongkar mitos Yeti, penelitian ini telah menemukan informasi tentang sejarah evolusi beruang Asia.

" Beruang di wilayah ini rentan atau terancam punah, namun tidak banyak yang diketahui tentang sejarah masa lalu mereka," kata Lindqvist.

(Sah)

 

Beri Komentar